Oleh: arantan | April 1, 2012

Maunya naikkan BBM, tapi DPR dan Pemerintah ngeper juga

Alasan kenapa harga BBM harus dinaikkan sendiri mbulet

  • Subsidi yang tidak tepat <- lha ya dibikin tepat dong? Nggak bisa manage namanya. Jadi harga dinaikkan karena si pemerintahnya nggak mampu kasih subsidi yang tepat? Alesan banget sih…
  • Anggaran yang hampir nombok <- ya angka-angkanya apakah pernah dibikin transparan? Kita selama ini juga tidak pernah tahu modal mereka berapa, pendapatan berapa, belanja berapa dan yang pentingnya juga untuk apa saja belanjanya??? Angka yang gelondongan cuman tahunya dari report-report yang angka-angkanya pun di buat oleh pemerintah juga, siapa lagi? Apa pernah ada audit?


Kalau sekarang rakyatnya diminta untuk rela atau malah diajak bersimpati untuk lebih ngasih ke pemerintah???… Pastinya sulit men!

Anyway dari partai-partai yang semula betul-betul yakin untuk menaikkan… karena di demo terus-terusan sampai gerbang gedung ambruk, partai-partai itu ngeper juga! Berubah haluan! Akhirnya DPR sepakat untuk menunda kenaikkan, tapi keputusan kapannya digantung…. DPR sudah memberikan ijin untuk menaikkan asal kondisinya mengharuskan demikian, merujuk ke harga ICP.

Pakai jurus selamatkan pantat masing-masing, cuci tangan aja dan tai chi mengembalikan bola saja ke pemerintah.

KESEJAHTERAAN SOSIAL

Pasal 33

(1) Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas azas kekeluargaan.

(2) Cabang-cabang produksi yang penting bagi Negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh Negara

(3) Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

http://news.detik.com/read/2012/03/27/100423/1877280/10/januari-lalu-dukung-kenaikan-bbm-kini-megawati-menolak
Mengutip pemberitaan tempo.co pada tanggal yang sama, Megawati berpendapat ketegangan antara Iran dan Amerika Serikat di Selat Hormuz bisa berdampak pada harga BBM di Indonesia. Realitas internasional itu harus benar-benar diperhatikan.

“Menaikkan harga BBM paling realistis,” ucap Mega.

Bahkan Ketum PD Anas Urbaningrum mengingatkan kalimat Mega yang mensinyalir persetujuan kenaikan BBM itu. “Kita membaca di media massa pada tanggal 10 Januari 2012, Ibu Megawati Soekarnoputri, mantan presiden kita, juga menyampaikan bahwa pilihan yang realistis adalah menaikkan harga BBM,” kata Anas seperti dimuat detiknews.

…Hal tersebut dikatakan Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Widjajono Partowidagdo. Menurutnya, seperti yang diputuskan pada rapat paripurna DPR, jika harga ICP rata-rata lebih atau kurang 15% dari penetapan ICP US$ 105 per barel dalam kurun waktu 6 bulan, pemerintah bisa menyesuaikan harga BBM.

“Nah, kalau April nanti tidak mungkin harga BBM naik, karena belum mencapai 15%. Tetapi kalau bulan Mei nanti harga minyak melonjak dan ICP April nanti US$ 130 per barel maka pemerintah bisa menaikan harga BBM, tapi itu kalau jebluk ya harga minyak dunianya,” kata Widjajono, Sabtu (31/3/2012).

Menurut Widjajono, perhitungan 6 bulan bukan sejak pada saat APBN-P disahkan. “Hitungan bisa mundur, jadi tidak dimulai dari Januari 2012 atau April 2012, tapi bisa dihitung Oktober 2011,” ujarnya kepada detikFinance, Sabtu (31/3/2012).

Pastinya kata Wamen, dengan gagalnya pemerintah menaikan harga BBM bersubsidi yang direncanakan Rp 6.000 per liter, anggaran dipastikan membengkak.

“Pasti akan bengkak, untuk menutupinya pemerintah harus potong anggaran kementerian dan non kementerian, yang pasti semakin tinggi harga minyak maka semakin banyak pula anggaran yang dipotong, tapi seberapa besar yang dipotong, kita masih akan merapatkannya lagi,” tandasnya.


Responses

  1. daripada uangnya buat dibakar mending buat pembangunan di Indonesia.

    Makasih para buruh dan mahasiswa telah demo di bawah terik matahari, terkena gebuk dan gas air mata untuk menyuarakan suara rakyat kecil seperti saya ini…terima kasih karena saya masih bisa berhemat ratusan ribu seminggu, selama fortuner ’10 dan crv’09 saya masih sanggup negak premium kenapa nggak…hahahahaha

    • yup. klo urusan mobil berbangga2 klo bisa beli mahal. tp klo bensin ikut pke premium. bahkan mobil mahal jg diakalin utk bisa ttp pke premium. klo ga salah pernah ada iklan mobil yg dgn terang2an menyebut klo produknya cukup pke premium.

      spanduk berbunyi bbm subsidi hanya utk yg tidak mampu ga bisa menyentuh hati pemilik mobil mewah.

      sama dengan papan bertuliskan jangan ngebut banyak anak2 max 5 km/jam ga bisa merubah pengendara tolol utk ngebut di jalan2 lingkungan.

    • iye bro, daripada duitnya dikorupsi sama pejabat2 kite di dpr sono, renov toilet aja sampe 2 M…
      mending kembalian dari beli premium ditabung, toh beli pertamax aja siapa tau oplosan premium…

      keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, baik itu kaya-miskin, ganteng-jelek, tinggi-pendek semua harua adil dan pelihara negara…

      • keadilan itu untuk semuanya, tapi keadilan bukan berarti sama rata, kl sama rata maka masuknya bukan paham kiri atau sosialis (seperti china, rusia, korea utara dan soviet dl)

  2. negara kita ini terlalu menghambur2kan BBM mas,cc motor dan mobil harusnya dibatasi bukan malah pada dinaikkan
    eropa saja motor 50cc masih banyak
    ingat minyak bumi adalah energi yang tidak bisa diperbaharui
    satu2nya cara adalah menghemat

  3. Pasal 33 itu penerapannya luas, lsg subsidi atau dananya di alokasikan untuk pembangunan bagi kemakmuran rakyat yg lain. Belum kl asal bensinya impor sdh ga masuk ke pasal 33 lg.

    Indonesia lebih cocok di dekatkan ke india, rakyat banyak negara miskin/berkembang tp GDP/ekonomi besar. Dan brp bensin dsana? 11rban.

    Saran ane bikin subsidi bensin mengambang, misal 3-4rb dibawah pertamax. Jd harga bensin naik turun. Pertamax 10rb premium 6-7rb pertamax 9rb premium jd 5-6rb, pertamax 8rb 4-5rb.

    Beras kebutuhan rakyat banyak (bahkan keb. premier), harga naik turun tp rakyat sdh tbiasa, ga ada demo haega beras naik. Kita terbiasa dg hg bbm tetap, jd mau naik ribut, rapat sana sini, demo, pencitraan, rusuh. brp banyak energi yg dihabiskan?

    • -harga bbm IND-MLY-BRUN-THAI=4500-5000-4200-8500(termurrh memng lalu bndigkn dgn pndptn/kapita(world bank) ind4,380-mly14,603-brun42,200-thai8,643

      -tahukah anda bahwa “Subsidi”itu tidak pernh ada,pmerintah bhkn mngmbil untung dari minyak yang sebenarnya milik anda sendiri,penjelasan dari kwik kian gie dibwah
      http://kwikkiangie.com/v1/2012/03/kontroversi-kenaikan-harga-bbm/#comment-652

      • sori. bukannya yg ttd LOI dgn IMF thn 2000 utk menghapus subsidi itu diawali oleh kwik sendiri? bahkan dgb terang2an disebut di point 81 LOI itu.

        menaikkan bbm itu menyengsarakan rakyat
        menurunkan bbm itu pencitraan

        kpn bisa maju

      • yg ane bandingin GDP (gross domestic product) bukan PP dalam membahas ekonomi. jadi lebih tepat ke india daripada ke malaysia, indonesia lebih bear apbn gdp dan ekonominya dibandingkan negara tetangga, ibarat keluarga besar terdiri dari 20 org dengan sebuah keluarga yg hanya 2 org yg 20 orang penghasilan 1 jt yg 2 org penghasilan 200rb mana yg leboh kaya? jelas yg 2 org lebih bisa nraktir dibandingkan yg 20 org.

        tahukah anda kl pemerintah adalah organisasi NIRLABA (tidak mencari keuntungan) dan kita menganut apbn berimbang, jadi jangan memiliki pola pikir kl pemerintah ga subsidi berarti sisa uangnya dimakan sendiri atau pemerintah untung atau langsung masuk kantong SBY, tetapi dialokasikan ke pos yg lain.

        pola pikir “pemerintah ga subsidi berarti pemerintah untung” inilah yg bikin demo dimana-mana. ini pola pikir yg dagkal bin sempit.

        dan setau ane APBN terbuka untuk umum baik di lembaran negara kl dulu di koran jg ada, tp ane ingetnya cm jaman pak harto. skr males baca.

  4. Lagipula dlm pasal 33 yg dimaksud rakyat yg mana?
    Yg kaya?
    Yg miskin?
    Semuanya?
    Semuanya termasuk generasi masa depan?
    Dg model sekarang rakyat yg disubsidi adl semua rakyat sekarang, semakin kaya semakin besar subsidinya (berbeda dg air dan listrik yg sdh nengenal golongan).
    Org miskin : ga punya kendaraan ga dpt subsidi lsg
    Org biasa : punya roda 2 subsidi pemakaian 20rb seminggu (perkiraan ane hg premium dunia sekitar 9rb) jd subsidi 10rb seminggu atau 40rb sbulan.
    Org menengah : roda 2 atau 4 100rb smg subsidi 50rb jd sebulan 200rb
    Org kaya : roda 4 cc besar boros shr 10liter lebih (blm klgnya) 45rb sehari sebulan 1,350rb dpt subsidi dr pemerintah,
    adil kah?
    Blm jika Kita jg berpikir utk generasi ms dpn, hg bbm rndah konsumsi tinggi, ms depan suram.
    BBM tinggi konsumsi rendah masa depan lebih baik.

  5. sama aja, harga2 udah pada naek malah..😥

    ijin nitip dongengan yah http://willykk.wordpress.com/2012/03/26/bbm-naik-30/😆

  6. indoneia itu 92% minyak dikuasai asing pertmina cuma dikasih 8%
    slah siapa coba???pmerintah khn!!!

    ,sekrg klo hrga minyak dunia naik hrusnya pmerintah senang donk,lha kita khn importir minyak juga

    klo dibilg ind khbisan minyak,,,,bullshit,buktinya negara asing masih ngejar2 indnesia buat nyedot minyaknya……

    • data dari mana itu.. ? linknya dong.. jangan asal kasih angka

    • siapa yg bilang Indonesia “sekarang” kehabisan minyak, yang kita katakan adalah minyak akan habis (kl diperkiraan yg dl indonesia mulai kekurangan minyak thn2020 ga tau kl sdh ketemu banyak sumur baru) karena minyak adalah SDA yg tidak dapat diperbaharui. kecuali situ percaya kl minyak bisa diperbaharui dan bukan bahan bakar fosil seperti segelintir ilmuwan rusia, yg kemungkinan penelitiannya pesanan industri minyak jg ada.(seperti imuwan indonesia yg mengatakan penebangan hutan ga ada hubungannya dg banjir dan longsor, ketauan banget pesanan perusahaan HPH).

      trus apa hubungannya kl impor harga naik untung dimana2 impor (beli) untung kl arga turun bukan naik. kecuali situ ga ngerti dagang. pernytaan ini aja dan membuat pernyataan situ ga kredibel.

  7. http://www.imf.org/external/np/loi/2000/idn/01/

    cek point 81

    awalnya dari sini kisruh bbm utk setiap presiden dimulai. mo siapa pun presidennya.

  8. masih ada yang inget premium pernah sampai 6 rebu..?😀

    • Pernah om
      Terus diturunin biar bisa iklan pertama dalam sejarah, presiden sby menurunkan harga bbm sebanyak 3 kali.

      • Gdubrags!

  9. Gampang ini. Tinggal isi premium di pom bensin yg gak punya pertamax…

    Sip…

    ( di luar jawa, fyi, di luar ibukota propinsi gak ada spbu yg jualan pertamax)

    Jadi kalo tinggal di kota kabupaten…aman lah itu..

    Fortuner, landcruiser, sama pajeronya bupati, semua diisi bensin harga 4500…

    Subsidi?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: