Oleh: arantan | Maret 27, 2012

Kenapa blognya TMC lebih laku dari Edo Rusyanto?

Saya nggak suka sindir menyindir, jadi direct aja yaaah, isinya tidak bermaksud untuk bakar-bakaran, dua-duanya temen kok, baik online maupun offline. TMC yang saya maksud berumah di tmcblog.com dan Kang Edo berumah di edorusyanto.wordpress.com.

Saya hari ini lagi ikut training kantor yang trainernya yaitu seleb dunia maya ini mencoba mengkategorikan 8 pola marketing/sebaran informasi yang umum dilakukan. Secara berurutan yang paling HOT cara marketingnya adalah:

  1. Taboo <- sesuatu yang seharusnya tidak boleh di sebarkan tapi di sebarkan
  2. Undisclosed
  3. Contrarian
  4. Anxieties <- menyebarkan ketakutan, biasa digunakan untuk iklan asuransi, obat-obatan
  5. Inspiring <- cerita yang bisa memberikan inspirasi yang sifatnya positif
  6. David vs Goliath <- biasa digunakan untuk brand minoritas
  7. Undisclosed
  8. Undisclosed


Maaf saya undisclosedkan karena nggak enak juga sama trainer dan sesi program yang sudah dibuat sulit-sulit, kalau saya share gratis semua ya nggak bener dong.

Ok balik tentang TMC dan Edo

Postingan yang sering di dibuat oleh TMC sebetulnya bisa digolongkan taboo. Sesuatu yang tidak boleh dikeluarkan seperti spyshoot, TPT scoop, teralis, gambar remang-remang tebak gambar dan lain-lain🙂 Secara teori komunikasi si traininer topic seperti ini memang akan selalu teratas.

Sedangkan kang Edo umumnya mengambil topik dengan golongan inspiring, which is di tingkat ke 5 yang berarti ada 4 tingkat di bawah taboo. Sekali-sekali kang Edo menulis dengan cara anxieties yaitu dengan mempotretkan sesuatu kecelakaan atau tingkat kecelakaan yang terjadi.

Kedua teman saya ini menulis dengan cukup rajin dan konsisten, tiap hari keluar posting kok. Tapi kemudian kenapa posting spyshoot lebih mendatangkan traffic dari tingkat kecelakaan? Bawaan lahir… that is what we are…


Responses

  1. ga tau jawabnya kang😀

  2. Ane kagak ngerti malah an…

  3. ;p karena manusia lebih ingin tau tentang hal2 yang belum diketahui *contoh extreme ya seperti circle crop, alien, penemuan2 jaman dulu dll

    sedangkan tulisan inspiring seringkali terasa offensive bagi beberapa kalangan (kasarnya si kesinggung lah).. dan mengkomentari sebuah fakta yang udah jadi ‘rahasia umum’ dan ‘dosa bersama’ tentu bukan hal yg mudah.. :p

    kurang lbh gt kali ya.. klo menurut authornya gmna nih?

  4. punya mbah edo biasanya berkutat dg angka” …

  5. sampe ada yang ngiri berat..

  6. klo triatmono itu gimana?

    • bro sbnernya saudara triatmono itu blognya dah senior dan bagus,,,cmn kadang bahasanya berlebihan seolah2 membela produk yang sedang dibahas padahal yah mang gtu cara penyampaiannya….kalo ngikutin blognya dari 2008 yah mang gtu….

  7. tema-nya pun berbeda sama sekali..

  8. mungkin karena sifap manusia yang rata2 ingin mengetahui informasi terkini tentang sesuatu. dan hal tersebut tersedia di tmcblog.

  9. kao TMC blog lebih enak dibaca n mengena di otak w sih bro… hehe

  10. yang diposting di TMCblog kebanyakan bakal laku agar bisa eksis di dunia pergaulan …..

    “eh lu tau gak…. bentar lagi honda bakal ngeluarin model baru…….. ”

    “wuihhh keren… lu dah liat calon penggantinya motor x? lu pasti bukan yang pertama tau deh, tapi gue”:mrgreen:

    sementara kalo di blog Pak Edo yang tersaji di sana terasa formal dan menjaga jarak.

  11. Biasaa, orang lebih suka yang berbau baru

  12. Yayaya… paham juga saya,

    kenapa yang taboo atau seperti spyshot lebih menarik ??
    mungkin jawabannya : ibarat liat cewek cantik nan seksi, pakai rok panjang, tapi ada belahan sampai pangkal paha dan sedikit tersingkap, rasanya lebih bikin degdegan daripada melototin cewek yang pakai bikini.
    lebih bikin penasaran… dan membuat imajinasi semangkin liar

    kaleee….

  13. Ternyata gitu toh.. emang bener sih, urutan pertama jelas lebih memikat dan bikin pensaran

  14. Tapi blognya TMC ama mbah Edo masih jauh lebih baik dibanding blog yang doyannya copy paste ilmu2 marketing dari buku(tanpa mencantumkan sumbernya), tapi giliran coba2 implementasi di lapangan malah banyak errornya. Remember : “Marketing is an art, not a mere science”. NB : Ini asli nyindir:mrgreen:

    • mank ada ya bro?

      • banyak banget postingan dari blogger indomotoblog jadi korban

  15. klo saya kenapa saya lebih sering ke TMCBlog dari pada ke Mnbah Edo karena kang taufik tingginya sama sama saya jadi klo ada motor yang dicoba sama kang taufik berarti bisa juga di pake sama saya xixixixxi🙂

    • Wkwk kocak

    • bro udah beli er6 ya??:mrgreen:

  16. kembali ke pada pembaca…rata2 yg dicari oleh pembaca saat buka blog otomotif adalah MOTOR BARU…dan info2nya..soal septy riding??…misih dikit om..miris sih..tapi emang kenyataannya😀
    http://asmarantaka.wordpress.com/2012/03/27/yamaha-thailand-launching-ttx115i/

  17. biar begitu kang TMC hormat ke eyang edo karena ilmunya😀

  18. menyimak

  19. pertama kali sy kenal dunia blog otomotif ya dr blog nya kang topiq..
    alasannya karna sy selalu ingin tau info terbaru d dunia R2.
    simpel toh

  20. Blog ini ketara banget FBY nya…beritanya jomplang dan berat sebelah…

    • kaos Wiwikwae udah kelar blon?🙂

  21. tmc n pak edo sama2 bagus dan santun dlm penulisan, cuma bedanya tmc ibarat musik pop sedang pak edo musik jazz. Btw sedikit kritik utk pak edo, walo beliau aktif mengajak safety riding tp kurang safety diluar riding soalnya masih suka merokok. Andai tdk merokok tentu jd bagus sekali

  22. komenya kebanyakan, bikin gandeng artikel ah !!!

    • iihhhhhhhh ada simbah,,, nih bloger yang aye demen nih, bikin ngiri bloger lain kalau lihat koleksi nya, mbah kira2 ada helm arai seken nya yang udah ngak kepakai ngak

  23. BLOGNYA BANG HAJI LEBIH MEMBUMI

  24. nih yang nulis ciri2 provokator sejati,,, hati2 lo nanti direkrut ama partai yang anti pemerintah ntuk menghasut orang agar berdemo bbm

  25. […] ini terkait dengan postingan bro Arantan – Indomotoblog : disini klik. Dimana bro Arantan membahas mengenai perbedaan Pola Marketing yang ada pada kedua blog tersebut. […]

  26. menyimak saja😀

  27. informasi/artikel sekarang bener-bener menjadi kebutuhan, maka hukum ekonomi berlaku disini (mbah dukun mode on)

    http://www.sejutaumat.com/2012/03/28/google-akan-meresmikan-kantornya-di-jakarta-30-maret/

  28. yah..masing2 blogger harus punya karakter sendiri

    http://silvervaio.wordpress.com/2012/03/28/mimpi-transportasi-massal-yang-ngga-neko-neko/

  29. ohhh
    gitu ya😀

    http://rexraider.wordpress.com/2012/03/27/pulsar-n200ns-nongol-akhir-tahunkeburu-lumutan-kali/

  30. mantep mang gtu…….keliatan kelas nya…lagian ane demen ke mbah edo walau jarang komentar…banyak bngt ilmu nyah…..

  31. masyarakat cenderung lebih suka diajak tebak2an drpd mikir.. IMHO..:D

    http://boerhunt.wordpress.com/2012/03/27/tinjauan-lain-seputar-salah-kaprah-penggunaan-lampu-hazard/

  32. Sudah nasib:mrgreen:

    Bisa dilihat di tv, gosip sm berita lbh laku mana? Lebih mahal mana pricerate iklannya

  33. Ikut menyimak aja mas

    http://www.dk8000.co.nr

  34. mangstabs analisanya kang, masing2 blogger idealis lewat karakter masing2, jadi makin lengkap pengalaman pembacanya, bygkan jika semua blogger bergaya tmc semua, bisa2 spyshoot produk sejenis dibahas hampir disemua blogs..kyk akhir2 ini……..seru tapi gak nambah ilmu.

    btw blog ini special juga….

  35. mantab, dapat tambahan ilmu marketing🙂

  36. […] ini terkait deng&#97&#110&#32postingan bro Arantan – Indomotoblog : disini kl&#105&#107&#46 Dimana bro Arantan membahas mengenai perbedaan Po&#108&#97&#32Marketing yang ada pada kedua […]

  37. […] ini terkait deng&#97&#110&#32postingan bro Arantan – Indomotoblog : disini kl&#105&#107&#46 Dimana bro Arantan membahas mengenai perbedaan Po&#108&#97&#32Marketing yang ada pada kedua […]

  38. aku pernah mau bikin tulisan semacam ini, cuma entah harus mulai dari mana, hmmm begitulah kenyataannya, tulisan mengenai keselamatan berkendara, kecelakaan, dan semua urusan ttg lalu lintas sedikit pembacanya, tapi klo tulisan mengenai info motor2, teknologi pasti banyak pembacanya, la wong obrolan di milis2 klub motor kebanyakan ttg mesin dan teknologi, ya pastilah mereka para pecinta otomotif pilih artikel spt artikel TMC

    nyatanya, banyak pengendara motor khususnya tau cara bawa motor doang, sekalinya terjun di jalan raya, berbagai rambu dilanggar, keselamatan berkendara diacuhkan

    ckckckckck

  39. pola penulisan di TMC lebih sistematis, low profile, menggunakan EYD bahasa Indonesia, dan yang penting santun….mungkin sesuai kepribadian masing2 ya

    itu pendapat subyektif saya…

  40. indahnya keberagaman….saling melengkapi

    http://karisnsz.wordpress.com/2012/03/29/mau-cerdas-nge-blog-saja/

  41. wow,,panjangggggg
    http://pertamax7.wordpress.com/2012/03/30/jangan-berniat-membuatku-jatuh-cinta-jika-kau-tak-berniat-mencintaiku/

  42. Paling males klo blogger udah mulai ngejelek-jelekin blogger lain, terutama jika blog-nya terlihat dekat ama pabrikan (blogger ternak lah, paling demen rating, paling suka klo dapat pinjaman dari pabrikan) doooh…Mbok biarlah pembaca yang menilai. Di dunia media, mana ada sih media yang menjelek-jelekin media lain di medianya sendiri ? Blog aing sebodo aing katanya…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: