Oleh: arantan | Maret 20, 2012

Rebutan space trotoir, alasan kenapa pejalan kaki lebih benci motor daripada pedagang kaki lima

Foto di depan Mal Ambasador, space trotoir yang tinggal 3 meteran akibat pembangunan jalan layang masih dimakan lagi oleh gerobak pedagang kaki lima

Mari lihat kelakuan 2 pihak yang sering menyerobot trotoir yang seharusnya diperuntukkan bagi pejalan kaki dan kenapa bagi pejalan kaki, koruptor bermotor itu lebih dibenci daripada pedagang kaki lima.

Yang pertama motor itu bergerak di trotoir

Ssedang pedagang hanya diam, alias mangkal. Resiko bagi pejalan kaki tentunya jauh lebih besar tertabrak motor kan? Apa mungkin di tabrak gerobak? Ya mungkin saja namanya resiko, tapi tentunya lebih kecil kemungkinannya.

Yang kedua, soal space yang diambil

Sudah motor itu bergerak, motor pun sama-sama mengambil space untuk berjalan kaki. Dalam arti, motor dan pejalan kaki berjalan di sisa ruang yang sebelumnya sudah dihabiskan pedagang kaki lima. Dalam arti si pedagang kaki lima sebetulnya salah juga, tapi mereka duluan “ada” di trotoir, sehingga pejalan kakilah yang menghindari dan mengambil space sisanya.

Yang ketiga, koruptor bermotor adalah orang napsuan

Dalam arti si pemotor akan selalu memaksakan ruang geraknya pada pejalan kaki, mau cepat-cepat! Macet bro!!! Sementara pedagang ya nyantai ajalah…

Yang keempat, pejalan kaki bisa ngemil ke pedagang kaki lima

Ada simbiosis mutualisma, alias lu jual gw beli antara pejalan kaki lima dan pedagang kaki lima. Pejalan kaki bisa beli gorengan, nasi goreng, roti dan lain-lain. Sedangkan pejalan kaki sama sekali tidak diuntungkan oleh koruptor bermotor…


Responses

  1. Setuju2..

  2. 3 meter? itu cuma 4 ubin = 4 x 30cm.

    • 3 meter setelah kemakan gerobak kaki lima tinggal 4 ubin untuk motor, pejalan kakinya dimana?? naik di atas motor yg lewat diatas trotoar aja…hehehe

  3. Hah? ternyata korupsi memang budaya orang2 perkotaan, artinya orang2 perkotaan sudah tak berbudaya

  4. berarti pkl disuruh mangkal di trotoar aja, mepet ke jalan gitu biar motor gak bisa naik ke trotoar..

  5. bagusnya PKL jadi benteng para pejalan kaki.. Jadi mepetnya kearah jalan…
    Pejalan kaki jadi lebih aman, trus pemotor yg nekat bisa gampang dijaring trus diomelin

  6. Hehehe….gue demen banget istilahnya : KORUPTOR BERMOTOR. Mantabs😀

  7. kalo saya yg jalan,, ogah minggir kalo ada motor lewat, kalo berani silahkan tabrak, berani nabrak berarti berani cari masalah……
    n kalo pas naek motor selalu menghindari naek trotoar, sadar klo pas jdi pejalan kaki

  8. jalan kaki sambil wisata kuliner..

  9. ini bacaan yang sangat bagus. ada satu lagi yang kurang.
    mengambil hak orang lain itu termasuk dosa. apapun itu bentuknya.
    jangankan mengambil jalan orang, menghalangi sinar matahari aja ga boleh.
    makanya klo mo bangun rumah, terutama membangun rumah tingkat, harus izin dulu dengan tetangga sebelah, jangan sampe tetangga sebelah murka karena jemurannya ga kering-kering.
    selain trotoar adalah hak pejalan kaki, zebracross juga hak mereka.
    HARAM HUKUM-nya di serobot motor atau kenaraan bermotor lainnya.
    udah banyak cerita bagaimana matinya orang yang suka nyerobot hak orang lain. minimal klo biker jumpalit di trotoar dijamin bukan di tolongin malah di sorakin (yudibatang says: Mooodaaarrr)

  10. meski saya nyemplak mtr tiap hari, tp kalao sedang jadi pejalan kaki sangat benci pada oknum biker yg melaju di trotoar. dalam hati dah siap2 kalo sampe ada yg nyenggol ah… lumayan pelampiasan akumulasi kekecewaan dan kekesalan ahahhahahahaha….

  11. kenapa harus di pinggir jalan..

    mampir sodara-sodara
    http://nakawara.wordpress.com/2012/03/20/bajaj-dilema-besarr/


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: