Oleh: arantan | Maret 19, 2012

Nissan Juke, aman kok

Marak di berbagai media ketika sebuah Nissan Juke dikendarai Olivia Dewi, model sekaligus runner up Gadis Sampul yang masih berumur 17 tahun menabrak tiang reklame depan gedung Wisma Nugra Santana Sudirman. Olivia tewas menabrak dan terbakar mengendarai Nissan Juke. Yang mengerikannya tampak berbagai foto yang menunjukkan Nissan Juke tersebut terbakar habis, orang jadi bertanya-tanya ada apa dengan Juke?

Jangan percaya saya kalau saya bilang aman, walaupun saya sempat mencoba Nissan Juke selama 5 hari, tentunya, untungnya selama 5 hari tersebut si Juke tidak pernah menabrak atau menyerempet apapun.

Nissan Juke bukan mobil murah, harga untuk tipe terendahnya saja yaitu 1.5 CVT sudah 243 juta tipe yang diatasnya 1.5 CVT RX sudah 253 juta info dari pricelist Nissan.co.id. Untuk mobil semahal ini wajar kalau sudah dilengkapi dengan berbagai safety features:

  1. Mulai dari yang simple seperti pengingat sabuk pengaman saat mobil mobil mulai berjalan
  2. 2 biji SRS airbag
  3. BA, braking assist, kalo pengereman mendadak nginjeknya dibantuin
  4. EBS, electronic brake force distribution. Yang menghitung efektifitas pengereman berdasarkan pembebanan kendaraan
  5.  ABS, jadi ngerem tanpa skid

5 diatas adalah fitur pengamanan dan pencegahan supaya tidak menbarak, lalu gimana kalau nabrak? Saya rasa cukup aman, jangan percaya saya, lagi-lagi karena saya tidak menabrakan si Juke. Percayalah pada berbagai crash test luar negeri yang linknya saya berikan di bawah:

USA, Top safety pick for Nissan Juke: http://208.77.248.174/cars-trucks/Nissan_Juke/Safety/

The Insurance Institute for Highway Safety named the 2012 Juke a Top Safety Pick for its top scores of “Good” in all IIHS tests.

In tests with the federal government, the 2012 Juke earned an overall score of four out of five stars. In composite tests, it received three stars in front crash tests, five stars in side crash tests and four stars for rollover risk.

MSN auto di sini

EURO NCAP

http://www.euroncap.com/results/nissan/juke/2011/423.aspx

Rated 5 stars from 5 stars

Se aman-amannya Nissan Juke, pasti tetap beresiko. Ya tentunya walau tim Nissan Jepang juga turut meneliti kecelakaan ini belum keluar hasilnya bagaimana. Ada yang bilang di tempat kejadian tidak ada bekas pengereman dan konon saat itu Juke melaju di atas 100 kpj. Tapi tetap, setelah kejadian apakah airbagnya tidak berfungsi? Mengapa si penumpang bisa dikeluarkan walau dalam keadaan tidak sadar,  sedangkan Olivia tidak? Padahal Olivia saat itu diketahui tidak dalam pengaruh obat-obatan maupun minuman keras.


Responses

  1. coba ditabrakin ke tiang beton bro…kebakar gak tuh juke nya..

    • Coba elu aja pakai mobil lu gimana? Aman nggak mobil lu?

    • lha kan elu bilang aman..
      tapi ortunya korban laka lantas yg naik juke belum tentu setuju…he he he..

      btw ane kaga punya mobil euy..

      • o oooh.
        Ini bukan ke Benny saja lho

        Saya bilang “Aman” TENTUNYA bukan berarti si Juke undestructible lho! Orang SANGAT BISA celaka, mati dan lain-lain pakai si Juke.

      • plus sangat bisa terjebak dan terpanggang sampai hangus di dalam juke…he he he…:mrgreen:

      • EDITED… maap2x, saya edit supaya ke content ya bro,

        Coba naik mobil crash!! DASYAT bs kebakar/kejepit! Makanya coba beli mobil.

    • EDITED… maap2x, saya edit supaya ke content ya bro,
      kasus tabrakan mah cuma 2 kalau ga kebakar ya kejepit!!!

  2. loh, kan udah ada recall disana gara2 tangki yg mudah meledak.. padahal kan sudah diuji tentunya, segudang fitur juga ga menjamin, krn buktinya ya itu, sdh lewat tes juga masih kena recall..

    nissan indo bilangnya tipe juke olivia dewi beda dgn yg di recall, tapi dgn kasus terbakar itu, apakah aman juga?? kan tetep hrs audit forensik juga,,

    • Denger dari mana tentang tanki mudah meledak? Ada sumber realnya kah? Kalau ada tolong di share linknya. Perlu diketahui juga kalau hampir semua mobil ya mau Toyota sampai Mercedez pun di US pernah kena recall.

      Saya coba search dengan nisan juke fuel tank, juga nggak ketemu tentang recall.

      Yang saya tahu yang di recall baru-baru ini tentang komponen turbo nya. Versi turbonya memang nggak masuk sini. http://www.motorauthority.com/news/1070715_2011-nissan-juke-recalled-due-to-faulty-turbo-component

      • ane cuman baca berita di detik dsb, maklum bk pemerhati mobil.. cuman biasa nyemplak r2.. contoh beritanya ini di paragraf 2..

        http://oto.detik.com/read/2012/03/10/143142/1863445/1207/juke-terbakar-terkait-recall

      • TQ mas, dari link yang diberikan sudah cukup clear:
        Itu terjadi di Nissan Juke Turbo versi 1.6 direct injection, yang kedua problemnya bukan di tanki bahan bakar. Kita tunggu penjelasan saja. Kalau saya baca di luarnya <- note karena media Indonesia pun suka salah mengkutip, yang saya baca ada problem di fuel sensor.

    • kan udah ane bilang…jangan bilang aman sebelum itu juke ditabrakin ke tiang beton…he he he..:mrgreen:

      • Gini … sekali lagi “aman” sesuai syarat dan kondisi berlaku BUKAN undestructible. Nggak ada yang bener-bener 100% aman di dunia ini apalagi soal berkendara. Dalam arti di tempat tidur pun orang bisa mati.

        Cuman “aman” disini contextnya adalah si Juke “aman” untuk dikendarai, terbukti dari crash test dan kelengkapannya gitu.

      • EDITED… maap2x, saya edit supaya ke content ya bro,

      • wah rame yaaa komentator di sini..
        giliran diminta turun ke darat pada mingkemmm…hihihii

  3. kmrn ane baru ngobrol ama sales nissan ktnya ditemukan korek api didalam juke tersebut dan air bagnya tidak menyala karena tabrakannya pas di tengah kap mesin juke & saat itu dalam kecepatan tinggi sehingga sensor airbag telat aktif.tp yg bikin saya bingung harus nya jika terjadi tabrakan dari depan,airbag harusnya langsung aktif meskipun ditabrak bagian tengah,kiri/kanan sekalipun tp justru ini aneh tidak aktif

    • Setahu saya sih juga begitu, harusnya nabrak dari depan manapun tetap ngembang airbag nya.

      Jangan percaya sales dulu, he he he, tunggu kabar dari polisi dan keterangan dari Nisan

    • airbag tidak akan aktif kalau ada sensor yang tidak terpicu.. selain itu airbag juga ga akan meletus kalau seatbelt tidak terpasang.. kemungkinan sih seatbeltnya tidak terpasang, tapi gatau juga ya..

      jadi kalau tabrakan dengan gaya sekuat apapun dan meskipun tabrakannya tepat di depan kap mesin, tetapi seatbelt tidak terpasang maka airbag tidak akan meletus..

      airbag sendiri kan SRS (Supplemental Restrain System) atau sistem keamanan tambahan, dimana sistem keamanan utamanya adalah seatbelt.. karena kalo orang ga pake seatbelt tapi airbag meletus kemungkinan orang tersebut dapat mati karena momen saat airbag itu meletus dapat mencederai orang tersebut, dalam banyak kasus dapat menyebabkan leher patah..

      intinya, drive safely and don’t forget to use your seatbelt!

  4. xenia-avanza kayaknya aman.
    1. nabrak belasan orang dan halte di tugu tani ampe mobilnya guling2, drivernya gpp.
    2. nabrak pembatas tol dan guling2 di tol cipularang drivernya lecetpun enggak.
    ajaib

    • ngakak.pol…!!
      :mrgreen::mrgreen::mrgreen::mrgreen::mrgreen::mrgreen::mrgreen::mrgreen::mrgreen::mrgreen::mrgreen::mrgreen::mrgreen::mrgreen::mrgreen::mrgreen::mrgreen::mrgreen::mrgreen::mrgreen::mrgreen::mrgreen::mrgreen::mrgreen:

      • Iya, ini jadi joke sadis juga…

        Jadi mendingan naik Xenia-Avanza, walau udah mabok, nabrak di 100 kpj , keguling masih nggak kenapa2x. Si driver malah bisa keluar, sadar penuh, ber handphonean lagih.

        He he he, ya nabraknya gimana juga. Yang bikin mati orang adalah hantamannya.

    • iya hahahahahahaha

    • ngakak guling2 dipasir

    • wakakaka, iya bener.. ternyata bodi kaleng lebih safety, yg penting sabuk pengaman berfungsi, drpd airbag belom ditiup..😀

      • :lol::lol: bener juga… dari banyak kasus driver xenia-avanza tetep slamat (hantaman dari depan)…

        sekali lagi aku😆

    • Wkwkwkwkwkwkwk asli ngakak…
      اَسْتَغْفِرُ اَللّهَ maaf aq ngetawain commentnya ya bukan kecelakaannya…

  5. […] dari posting sebelumnya yang di comment Benny, supaya jelas saya sebutkan “mudah” dan “aman” dalam […]

  6. untung blm bisa nyetir😀

  7. wekekek…intinya Juke kalah aman dari xenia maut?😆

  8. Maaf, mas Arantan saya kok kurang setuju jika Juke aman…. gpp kan, ini negara demokrasi..

    Avanza dan Xenia jauh lebih aman dari Juke. Berarti Juke rongsok, paling tidak biar perancang mobil Juke sadar….

    200 juta kok nabrak tiang aja meledak (kata saksi tidak terbakar saja lho mas, tapi MELEDAK, pantes saja korban tidak sempat keluar), bukan masalah kenceng atau tidak, lha avanza yang nabrak halte kan beton juga, kenceng juga, pake terguling 3 kali pula, gpp, driver ga lecet..

    Mending naik mobil esemka…

  9. maaf maksud saya Xenia yang nabrak halte bukan avanza

  10. wah baru tau mobil bisa meledak karena kecelakaan…. kasus baru neeh…
    sory ane gak terlalu ngikutin…. tapi setau ane dari berbagai test kecelakaan… mobil terbakar karena kecelakaan itu wajar …. tetapi mobil nabrak dan meledak blum pernah terjadi didunia ini…. kecuali di film2 hollywood… atau mobilnya ditaru bom…. hehehee… kalu begitu nyatanya serem juga yah juke…. imho

    • Bnr bngt, kl di luar, kasus aneh ajaib ky gn lngsung m’dpt tanggapan serius dr pihak kepolisian krn mnyangkut nyawa org, mdh2an result dr pak pocis cpt kluar ya & mdh2an jg hslnya ga cm ‘fatal human error’

  11. mendesign sesuatu pasti banyak lah considerationnyaengineering hour nya juga ga mungkin main2.
    perhitungannya pun juga bukan perhitungan main2
    tarik ulur antar departemen design sangat mungkin terjadi
    (biasanya sih bagian cost center vs engineer)
    makanya kadang kala automotive testing pun belum tentu bisa mewakili habit calon pemakai nya dan miss calculation. yang ujungnya kalo masih peduli konsumennya ya di recall, kalau ga peduli konsumen ya didiemin aj sampe ada yang komplain
    jadi masalah safe atau ngga, tergantung yang make juga. bilik F1 yang carbon fiber reinforced pun masih bisa hancur, apa lagi cuma steel plate tipis.
    kalo mau yang agak sedikit indestructible ya belilah tank sekelas panther atau chalenger atau abrams

  12. gau mau kawin lagi, tar gua beliin bini gua nisan joke aaaah😀

  13. […] dari posting sebelumnya yang di comment Benny, supaya jelas saya sebutkan “mudah” dan “aman” dalam context si […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: