Baca tulisannya Mas Tri di sini, saya jadi ingat cerita Leo Performa ketika menservice GSX. Kata Leo, service GSX itu enak, nggak usah colok notebook, cukup menjumperkan kabel, maka kondisi mesin serta kelistrikan langsung ketahuan, kalau ada error, maka muncul error code nya, ya mirip seperti kamera digital saja.
Memang untuk mengartikan error code tersebut butuh tabel lagi, tapi dari error code itu banyak kondisi mesin bisa ketahuan.
Foto dari website Steve’s GSXR, dealer mode di dashboard: C00 yang artinya no error
Jumper
Si GSX ini tadinya masuk ke bengkel resmi karena keluhan pemiliknya, mbrebet seperti mati-mati di RPM tertentu, oleh bengkel resmi dianjurkan untuk kalibrasi ulang injectornya, untung si pemiliknya cari second opinion. Ternyata lho, setelah masuk ke dokter Leo dan di jumper maka ketahuan… walah, ini sih cuman busi nya aja ada yang mati satu!
Sudah ternyata cukup ganti busi saja, selesai!
Links:
http://wotid.com/gsxr/content/view/27/35/
Tabel error code, yang saya singkat. Kode ini adalah untuk GSX 1000.
MALFUNCTION CODE |
DETECTED ITEM |
DETECTED FAILURE CONDITION |
CHECK FOR | ||
c00 | NO FAULT |
———————- |
c11 | Camshaft position sensor or circuit malfunction | The signal does not reach to ECM for more than 4 sec. after receiving the starter signal. |
The CMP sensor wiring and mechanical parts. (CMP sensor, intake cam pin, wiring/coupler connection) | ||
c12 | Crankshaft position sensor or circuit malfunction | The signal does not reach to ECM for more than 4 sec. after receiving the starter signal. |
The CKP sensor wiring and mechanical parts.(CKP sensor, wiring/coupler connection) | ||
c13 | Intake air pressure sensor malfunction | The sensor produces following voltage. (0.5 V < or = sensor voltage < 4.85 V) Without the above range, c13 is indicated. |
Intake air pressure sensor, lead wire/coupler connection | Low pressure – high vacuum – Low voltage (or IAP sensor circuit shorted to ground) | |
Intake air pressure sensor circuit high input | High pressure – Low vacuum – high voltage (or IAP sensor circuit open) | |
IAP sensor, wiring/coupler connection. | ||
c14 | Throttle position sensor malfunction | The sensor produces following voltage. (0.2 V < or = sensor voltage < 4.8 V) Without the above range, c14 is indicated. |
Throttle position circuit Low input | Low voltage (or TP sensor circuit shorted to ground) | |
Throttle position circuit high input | High voltage (or TP sensor circuit open) | |
TP sensor, wiring/coupler connection. | ||
c15 | Engine coolant temp. sensor malfunction | The sensor voltage should be the following. (0.15 V < or = sensor voltage < 4.85 V) Without the above range, c15 is indicated. |
Engine coolant temp. circuit Low input | High temperature – Low voltage (or ECT sensor circuit shorted to ground) | |
Engine coolant temp. circuit high input | Low temperature – high voltage (or ECT sensor circuit open) | |
ECT sensor, wiring/coupler connection. |
bahhh disini udah ada yg menerapkan loh, tuh yamaha vixion error code ny dari kedipan lampu engine check…
*ane bener2 gak salah pilih beli vixion waktu harga nya masih dibawah 20 juta pula, dapat motor yg bener-bener ber-value lebih
bukan vixion aja kaleeee…

Supra 125 PGMFI juga pake indikator lampu di dashboard..kan kalo injeksi emang gitu oom…lebay bgt dah om virus
hahahaha indra ane jg punya kaleee supra 125 pgmfi, tuh indikator lampu dashboard cuma pajangan wong gak bs detect kerusakan waktu tuh motor brebet dijalan wkwkwkwkwkwkwkwk…soo simpulkan sendiri bagusan vixion atau supra 125 pgmfi ???
Maaf, Oom. Baru taunya motor sendiri yg ber Fuel Injection. Taunya bebek pun ada yg ber Fi. Padahal di luar sono, sekelas TVS Apache pun sudah ber Fuel Injection. Cuma disini aja yg teknologinya banyak pertimbangan. Jadi inget, Scoopy juga sebenarnya Fuel Injection saat pertama di Thailand.
ane emg tau kok, kan kita bicara ny motor dalam negeri yg indikator nya bener-bener berfungsi bukan hanya pajangan xixixixixixi…
mantap
Gsxr emg top, jadi kangen ma gix biru di rumah..sebulan lg papi plg..wkwkwkwk
walah, busi mati satu bikin pusing @_@ untung gak ampe di kalibrasi tuh injector, selamett…
gara2 busiiii 😀
http://asmarantaka.wordpress.com/2012/03/14/ketika-aparat-naek-motor-masuk-jalan-tol-pakai-seragam-dan-motor-dinas-boleh-ya/
nitip ya
http://analisamotorindonesia.wordpress.com/2012/03/14/analisa-honda-vs-yamaha-perang-harga-diri-gengsi-konsumen/
Wah om leo ma performa nya makin grenggg aja
moge smua skrg customernya
itu mtr yg diservis di performa ya om?
Btw gsr nya leo jgn2 dah ganti lg neh
—
http://www.dk8000.co.nr
GSR udah nggak da, Leo mau balik ke Honda
Brarti cbr600rr dunk
wah kna racum om elson di bali tuh wakakaka
AFAIK di supra injeksi udah ada kode kedipan oom 🙂
saat ini yg udah injeksi udah ad code2 nya.. mkin mudah..
berarti bengkel resminya gak paham atau malah … ???