Oleh: arantan | Maret 14, 2012

ECU skutik harusnya juga bisa menampilkan error code dari dashboard

Baca tulisannya Mas Tri di sini, saya jadi ingat cerita  Leo Performa ketika menservice GSX. Kata Leo, service GSX itu enak, nggak usah colok notebook, cukup menjumperkan kabel, maka kondisi mesin serta kelistrikan langsung ketahuan, kalau ada error, maka muncul error code nya, ya mirip seperti kamera digital saja.

Memang untuk mengartikan error code tersebut butuh tabel lagi, tapi dari error code itu banyak kondisi mesin bisa ketahuan.

Foto dari website Steve’s GSXR, dealer mode di dashboard: C00 yang artinya no error

Jumper

Si GSX ini tadinya masuk ke bengkel resmi karena keluhan pemiliknya, mbrebet seperti mati-mati di RPM tertentu, oleh bengkel resmi dianjurkan untuk kalibrasi ulang injectornya, untung si pemiliknya cari second opinion. Ternyata lho, setelah masuk ke dokter Leo dan di jumper maka ketahuan… walah, ini sih cuman busi nya aja ada yang mati satu!

Sudah ternyata cukup ganti busi saja, selesai!

Links:

http://wotid.com/gsxr/content/view/27/35/

Tabel error code, yang saya singkat. Kode ini adalah untuk GSX 1000.

MALFUNCTION CODE

DETECTED ITEM

DETECTED FAILURE CONDITION

CHECK FOR
c00 NO FAULT

———————-

c11 Camshaft position sensor or circuit malfunction The signal does not reach to ECM for more than 4 sec. after receiving the starter signal.
The CMP sensor wiring and mechanical parts. (CMP sensor, intake cam pin, wiring/coupler connection)
c12 Crankshaft position sensor or circuit malfunction The signal does not reach to ECM for more than 4 sec. after receiving the starter signal.
The CKP sensor wiring and mechanical parts.(CKP sensor, wiring/coupler connection)
c13 Intake air pressure sensor malfunction The sensor produces following voltage. (0.5 V < or = sensor voltage < 4.85 V) Without the above range, c13 is indicated.
Intake air pressure sensor, lead wire/coupler connection Low pressure – high vacuum – Low voltage (or IAP sensor circuit shorted to ground)
Intake air pressure sensor circuit high input High pressure – Low vacuum – high voltage (or IAP sensor circuit open)
IAP sensor, wiring/coupler connection.
c14 Throttle position sensor malfunction The sensor produces following voltage. (0.2 V < or = sensor voltage < 4.8 V) Without the above range, c14 is indicated.
Throttle position circuit Low input Low voltage (or TP sensor circuit shorted to ground)
Throttle position circuit high input High voltage (or TP sensor circuit open)
TP sensor, wiring/coupler connection.
c15 Engine coolant temp. sensor malfunction The sensor voltage should be the following. (0.15 V < or = sensor voltage < 4.85 V) Without the above range, c15 is indicated.
Engine coolant temp. circuit Low input High temperature – Low voltage (or ECT sensor circuit shorted to ground)
Engine coolant temp. circuit high input Low temperature – high voltage (or ECT sensor circuit open)
ECT sensor, wiring/coupler connection.

Responses

  1. bahhh disini udah ada yg menerapkan loh, tuh yamaha vixion error code ny dari kedipan lampu engine check…
    *ane bener2 gak salah pilih beli vixion waktu harga nya masih dibawah 20 juta pula, dapat motor yg bener-bener ber-value lebih

    • bukan vixion aja kaleeee…:mrgreen:
      Supra 125 PGMFI juga pake indikator lampu di dashboard..kan kalo injeksi emang gitu oom…lebay bgt dah om virus:mrgreen:

      • hahahaha indra ane jg punya kaleee supra 125 pgmfi, tuh indikator lampu dashboard cuma pajangan wong gak bs detect kerusakan waktu tuh motor brebet dijalan wkwkwkwkwkwkwkwk…soo simpulkan sendiri bagusan vixion atau supra 125 pgmfi ???

    • Maaf, Oom. Baru taunya motor sendiri yg ber Fuel Injection. Taunya bebek pun ada yg ber Fi. Padahal di luar sono, sekelas TVS Apache pun sudah ber Fuel Injection. Cuma disini aja yg teknologinya banyak pertimbangan. Jadi inget, Scoopy juga sebenarnya Fuel Injection saat pertama di Thailand.

      • ane emg tau kok, kan kita bicara ny motor dalam negeri yg indikator nya bener-bener berfungsi bukan hanya pajangan xixixixixixi…

  2. mantap

  3. Gsxr emg top, jadi kangen ma gix biru di rumah..sebulan lg papi plg..wkwkwkwk

  4. walah, busi mati satu bikin pusing @_@ untung gak ampe di kalibrasi tuh injector, selamett…

  5. gara2 busiiii😀
    http://asmarantaka.wordpress.com/2012/03/14/ketika-aparat-naek-motor-masuk-jalan-tol-pakai-seragam-dan-motor-dinas-boleh-ya/

  6. nitip ya

    http://analisamotorindonesia.wordpress.com/2012/03/14/analisa-honda-vs-yamaha-perang-harga-diri-gengsi-konsumen/

  7. Wah om leo ma performa nya makin grenggg aja
    moge smua skrg customernya
    itu mtr yg diservis di performa ya om?
    Btw gsr nya leo jgn2 dah ganti lg neh

    http://www.dk8000.co.nr

    • GSR udah nggak da, Leo mau balik ke Honda

      • Brarti cbr600rr dunk
        wah kna racum om elson di bali tuh wakakaka

  8. AFAIK di supra injeksi udah ada kode kedipan oom🙂

  9. saat ini yg udah injeksi udah ad code2 nya.. mkin mudah..

  10. berarti bengkel resminya gak paham atau malah … ???


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: