Oleh: arantan | Januari 25, 2012

Kapan saat tepat launching motor? Bukan kwartal 1 aja kok!

Honda Scoopy launch sekitar September

Mas Tri dalam postingnya di sini berpendapat kalau waktu yang tepat untuk meluncurkan motor adalah kwartal 1, jadi saat tutup tahun jumlah unit yang terjual berkesan tinggi…

Maaf, saya tidak sependapat

Setahu saya perhitungan hasil akhir penjualan dalam unit tidaklah begitu penting bagi ATPM, yang lebih penting bagi para ATPM ketika melaunching motor baru adalah menyesuaikan dengan keadaan dan perkembangan pasar, kemampuan internal dan strategi peluncuran mereka, kemampuan daya beli masyarakat dan juga apa yang dilakukan kompetitor.

Lagipula target penjualan ATPM juga tentunya disesuaikan dengan bulan peluncuran, ya kalau keluar akhir tahun dengan yang awal tahun target dari principal pasti beda, mereka orang-orang pinter lho.

Begitu semua siap, motor langsung bisa launch! Jangan tunggu sampai buka tahun baru baru launch… buat apa tunggu? Begitu siap, kondisi pasar mendukung langsung jebret! Opportunity jangan disia-siakan.

Ada beberapa faktor yang umum dijadikan pertimbangan peluncuran.

Perhitungan daya beli konsumen

Ada beberapa momen hari-hari baik yang biasa digunakan para ATPM untuk menggenjot penjualan. Tidak saja hanya di penjualan motor, tapi hampir semua barang kok.

  1. Awal tahun, bonus kantoran biasa keluar
  2. Pertengahan tahun ajaran sekolah, bisa menguntungkan bisa merugikan… tergantung
    Menguntungkan penjualan kalau, anak sekolahnya butuh kendaraan. Merugikan kalau duit para orang tua tersedot untuk biaya sekolah anak.
  3. Saat memasuki lebaran, kaarena motor atau mobil seringkali dibuat untuk kendaraan mudik.

Strategi peluncuran dan kemampuan internal

Piaggio Indonesia direncanakan akan banyak meluncurkan tipe-tipe baru nanti saat PRJ 2012, mereka pun masuk ke Indonesia saat PRJ 2011. PCX pun saya ingat juga diluncurkan saat PRJ. Ini kemungkinan motor-motor agak premium yang di beli bukan berdasarkan kebutuhan saja, sasarannya pun para konsumen yang cenderung punya duit untuk beli motor sepanjang tahun… tidak perlu menunggu THR, bonus … beli kapan pun bisa saja.

Apakah ada banyak duit tidak terpakai saat PRJ? hmmm… yang jelas karena PRJ sudah merupakan event reguler mungkin para konsumen juga sudah terbiasa menunggu-nunggu event tersebut. Kalau di Eropa? ada EICMA…

Faktor lain apalagi?

Strategi peluncuran juga disesuaikan dengan kemampuan ATPM itu sendiri dan penyerapan teknologinya. Bisa panjang lagi kalau dibahas. CBR 150R atau 250R duluan? Hmmm, Vespa LX atau Vespa S duluan? Bisa-bisa saja salah satunya, tapi kenapa yang dipilih CBR 250R duluan, dan kenapa Vespa LX duluan? nggak sembarangan lho… Kenapa Vietnam dulu baru yang Italy? hmmm, kenapa nggak bareng?

Kadangkala ATPM sengaja mengatur… jeda launching, seperti yang sering dilakukan AHM, tiap bulan ada saja yang di launching… Weh, dengan begini ritmenya terjaga, juga kemampuan resource internalnya bisa lebih di manage. Terus menerus secara konsisten ada yang baru dari pabrikan, ada news terus! Ya coba bayangkan saja kalau semua produk AHM dikeluarkan semuanya pada waktu bersamaan… abis itu kosong. Cuman pertimbangannya motor apa pantasnya keluar bulan apa?

Kompetitor ngapain?

Sayangnya atau untungnya meluncurkan motor tidak bisa cepat. Contoh, walau new Kawasaki Ninja 250 laku keras, butuh setidaknya waktu sekitar 3 tahun lagi bagi Honda untuk akhirnya meluncurkan produk setanding yaitu CBR 250R ke pasar.

Apakah bisa sodok-sodokan? Bisa… dulu seringkali sebelum pabrikan mau keluar motor hebat, si saingan hembus gosip kalau merekapun akan mengeluarkan motor sejenis setanding dengan specs sedikit lebih tinggi… tujuannya untuk paling tidak mengganggu pasar sambil menyiapkan produk sejenis.

Mau keluar sebagai nomor satu atau nomor dua?

First mover advantage selalu penting… cuman first mover juga beresiko tinggi. Ya lihat saja, matic pertama bukan Yamaha apalagi Honda, matic pertama di Indonesia ya Vespa Corsa atau PK, setelah itu Kymco, yang nyatanya nggak begitu sukses. Baru kemudian begitu sukses setelah Mio dan diikuti Honda…

Malah kalau hitungannya cuman Yamaha – Honda, AHM sebagai yang kedua pun akhirnya bisa melawan Yamaha!

So… pointnya adalah…

ATPM melaunching produk bukan semata mengejar total penjualan di akhir tahun kok, yang penting menyesuaikan momen dan memanage launching mereka…


Responses

  1. baca dulu..

  2. setuju bgt, atpm bukan di isi org2 bodoh kok

  3. Nah, ini baru namanya artikel cerdas! Dasar argumentasinya kuat

  4. ini mah spesialisasinya bang arantan!!😀

  5. warung sebelah kayaknya sudah mulai mumet kalau menganalisa

  6. nice article masbro… imho, mungkin cuma org luar yg pusing dgn adu banyak angka penjualan. APM-nya sendiri punya strategi sendiri sesuai kapasitas masing2, cmiiw maklum nubi.

    #msh pusing abis baca artikel kebanyakan tanda tanya dan tanda seru @_@

  7. setuju om, apa konsumen yang beli selalu memperhatikan market share saat akan membeli motor/mobil baru?? Saya rasa tidak, mereka ga akan melihat siapa yang juara n siapa yang nomor dua

  8. ane lebih setuju yang ini nih lebih cerdas daripada warung sebelah… he.. he.. mantaf gan 2 thumbs up. lanjutt..

  9. Setuju mas bro…

  10. Setuju klo pas tahun ajaran, biasanya lebih menguntungkan. Coz orang tua umumnya udah ngitung klo anaknya mau sekolah di sekolah A butuh kendaraan (biasanya SMA). Klo lebaran orang cenderung beli kendaraan bekas / kendaraan baru tapi yang udah lama beredar. Klo produk itu spesies baru, bukan udah lama beredar atau facelift, biasanya orang akan cenderung lebih berhati2, terutama klo purposesnya buat mudik. Kekhawatiran akan ketersediaan sparepart biasanya jadi faktor pertimbangan, apalagi tau tuh kendaraan mau dibawa jalan jauh & ke daerah. Anyway nice article om!:mrgreen:

  11. semakin seneng baca blog ini… cerdas…

  12. yang penting adalah market share yg sifatnya continue/berkesinambungan selama produk tsb ada. kalau mengejar target hanya 1 thn aza ya maybe yes maybe no.

  13. Sekali lagi…
    Ini adalah Pemikiran yg cerdas
    Masa harus awal tahun?? Jadi inget sama pemikiran klo skutik bakal sukses klo ground clearancenya rendah!
    Ngakak aja..emg parameter keberhasilan penjualan dari handling doang?? Wkwkwkwk

    Hasilnya malah mio makin menurun meskipun mnguasai pasar tapi kompetitor malah makin mengancam dan secara beregu akhirnya tumbang dah mio

    Artikel sebelah itu seakan brain storm buat masyarakat bahwa pabrikan Y lebih jeli dan produknya patut dibeli
    Padahal nyatanya strategi pemasaran jauh lbh kompleks dan sanyangnya para analis di hondut sangat menguasai pemikiran jauh ke depan

    Apakah penjualan harus dihitung dari awal januari mpe akhir desember?
    Toh apa bedanya ama klo dihitung mulai akhir juni mpe awal juli tahun depan??

    Apakah karena pabrikan yamaha lagi trend neluarin produk2nya diawal tahun bakal memastikan yamaha lebih banyak menjual tahun ini?
    Terlalu prematur untuk dinilai sebagai marketing idea yg briliant…so childish

  14. Mantap analisanya

  15. S7 banget!
    Lebih rasional dan gak membabi buta

  16. something wrong??

  17. Kelihatan kan siapa yg pinter & yg sok pinter…

  18. tp penting juga lho utk utk menentukan total penjualan tiap tahun. Contoh ne.. Misalnya kawasaki cm 2 produk ninja 150r yg 1 tahunya total penjualan 20 rb unit, kemudian datang ninja 250r bl agustus dan ampe akhir tahun bs ngejual 10 rb jd total 30rb unit/th, seandainya ninja 250r dijual saat awal tahun kan bs terjual 20rb unit jd totalnya bs 40 rb unit, skrang besar mana keuntungan ngejual 30rb dg 40rb, keuntungan tahun ini kan sebagai rapb utk tahun berikutnya supaya perusahaan cepat berkembang. bagi marketing jg penting kl ngejual lbh bny kan bonusnya jg besar. Intinya kl launching paduk baru itu msh lbih menguntungkan di awal tahun drpd pertengahan, kl dah siap di awal tahun ngapain mesti nggu pertengahan.

  19. nice article bro

    http://www.dk8000.co.nr


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: