Suzuki Skywave saya masih mati-mati terus

Setelah service dan penggantian beberapa parts hari Minggu 23 Oktober yaitu kopling CVT, roller, mangkuk variator depan, disc cakram dan lain-lain, memang decit dan slipnya Skywave jadi hilang. Seperti yang saya ceritakan di sini, Skywave saya sudah nggak bergetar lagi.

Cuman masih ada masalah yang mengganggu… mesin masih mati-mati terus.

Ini sebenernya masalah lama di Skywave saya, selain dari bengkel resmi Meril Skywave ini saya, dan beberapa bengkel sudah pernah mencoba setting dan belum ketemu, aneh? Ketika Skywave keluar dari bengkel memang settingnya terasa OK, tapi begitu besok paginya ketika mesin dalam keadaan dingin dinyalakan pasti mati-mati. Mati-mati tersebut belum hilang sebelum Skywave di ajak jalan sekitar 30 menitan. Selama 30 menitan awal itu, choke mesti saya putar hingga sampai setengahnya, karena kalau tidak di putar, ketika si Skywave bertemu macet… pasti putaran mesin perlahan mengecil kemudian mati.

Saya pernah juga memutar baut idle sehingga putaran mesin jadi besar, tapi jadi besar terus alias ketika mesin sudah panas, suara mesin jadi terlalu besar, malah kadangkala sangat terlalu besar hingga ketika gas ditutup pun Skywave terasa maju-maju sendiri walau perlahan, ngerem pun jadi susah karena ketika gas ditutup, motor masih mau maju.

Intinya… banyak yang mencoba, tapi sampai sekarang belum ketemu settingannya.

Saya sudah pesan karburatornya Hayate yang sampai sekarang di order belum datang-datang, karena kemungkinan motornya masih baru. Walaupun saya lihat tipe karburatornya sama yaitu BS 26, tapi katanya parst dalamnya beda. Hmmm, spuyernya? Atau memang idlenya saya yang sudah dol? Ya semoga aja nanti setelah parts datang problemnya hilang…

Sudah merasa nyaman atau mungkin malah terlalu nyaman dengan Skywave!

42 Comments Add yours

    1. wim berkata:

      setelah ku baca semua komentar dari atas sampe bawah ternyata semua masalahnya sama spin 125 ku suka mati2 sendiri. bengkel resmi suzi atau bengkel umum sdh pernah aku coba, tp paling lama satu bulan paling cepet satu minggu udah gitu lagi. padahal sdh dicek tidak ada kebocoran udara pada intake manifol akhirnya bengkel umum langgananku menyarankan untuk ganti bahan bakar dari premium ke pertamax soalnya kualitas premium sekarang gak seperti dulu walaupun beli di pom bensin. walhasil setelah sekarang aku pake pertamax semua masalah yang menimpa spinku hilang. mau hujan mau panas tetep bisa langsam kl berhenti.

  1. noFUN berkata:

    Skywave nyaman.. hehehe.. sama :mrgrren:

    biasa motor koplingan, begitu pindah matic jadi lupa klo punya motor satu lagi.. 🙂

    1. arantan berkata:

      ha ha ha… enggak segitunya siiih 🙂
      Cuman memang Skywave pas lah untuk harian 😀

  2. Rohmans Sch berkata:

    penyakitnya mirip2 sama mocin ane dulu , tp abis ganti karbu emang normal lg sich

  3. Adham Somantrie berkata:

    Setting pilot-jet sama main-jet bray…

  4. Modar berkata:

    Kemungkinan setting ukuran ketinggian pelampung bensin terlalu tinggi? Krn kalau terlalu tinggi ya gitu, bensin di mangkuk jadi kurang n kalau mesin dingin mati2. Tapi coba di liat dulu settingan anginnya karena skywafe settingan anginnya beda ndiri dbanding motor lain, harus 6 putaran penuh…Jika spuyer2nya std

  5. Modar berkata:

    Menurutku, motor2 jpang tuh karbunya awet. Juarang buanget yang minta ganti karbu jika usia < 5thn. Kecuali jika karbunya pernah di kilik2…

  6. Monster Tec berkata:

    pusing2 mending gua jual…ngapain cuma ngabisin waktu , pikiran dan tenaga untuk ngurusin motor yg ngak sesuatu banget

    1. arantan berkata:

      Motor baru = masalah baru lagi sih 🙂 kalau saya mending nahan si Skywave.

  7. darsonosu berkata:

    langsam stabil gak om, kalo mesin udah panas?

    1. arantan berkata:

      Untung-untungan, tapi bisa dibilang begitu.

  8. crayonsinchann berkata:

    Sebelum ganti karburator coba ganti intakenya bro..mungkin karet intake karbunya sudah getas dan ada retakan halus…kalo mesin panas jadi lebar itu retakan..wal hasil mesin jd ngga langsam mati2 trus.

    1. penggemar ninja berkata:

      setuju ama ini, coba check intakenya, kli aja ada yg bocor, makanya mati2..

      klo ngak juga coba pake karbu FU aja, toh sma2 BS 26 kan..?

      cucoklah sama skywave, ngak perlu ganti intake dan kabel gas, sama2 vacum ini

      Piss

  9. jihan berkata:

    ga ada enak2 nya ni motor, ane juga juga dah jual ni motor… KAPOK bro..

  10. leonardo berkata:

    gimana om skywave nyam udh dicoba belum, pakah masih seperti dulu suka mati2

    1. arantan berkata:

      Udah okeeeeh! 🙂 he hehe

      1. rida berkata:

        bang arantan…skywave saya juga sama kaya gitu…trus suruh ganti karburator sama bengkel suzuki…minta pendapatnya dong? apa emang lebih enak pake karburator hayate..?

      2. arantan berkata:

        Problem akhirnya ketahuan BUKAN di urusan karbu. Tapi ada selang vacuum yang agak nempel ke ban belakang dan sobek, coba cek siapa tahu kasusnya sama.

      3. rida berkata:

        setelah saya cek ternyata ada selang copot dideket ban….padahal kemaren nya baru dicek sama bengkel….ga rapiih bengkel nya ckckckck…..matur nuhunn bang….sukses slalu…

  11. leonardo berkata:

    emang kudu pulang ke juragan yg lama nya, wakakakakakkkak

  12. I want matic berkata:

    Berarti ini ada kaitannya dengan SDM (Sumber Daya Manusia) pihak suzuki sepertinya asal-asal an merekrut mekanik untuk bengkel resmi nya,coba dong di didik mekanik nya di beri pelatihan terus menerus seperti mekanik dari merk jepang lainnya yang berlambang sayap itu,mekanik kan termasuk ujung tombak dalam menentukan kesuksesan pemasaran produk.

  13. saya lagi punya problem seperti ini gan …. solusinya di selang yg deket ban belakang sobek itu ya ??

    1. arantan berkata:

      iyaaah, saya kebetulan ada selang dekat situ sobek. Pernah juga baru-baru ini kabel cuk ke angkat, rentan ya?

  14. iya ada 2 selang sobek …. barusan saya tambal pake isolasi kain tetep ga bisa …. apa harus setting ulang karbu ??

  15. SkyrideR berkata:

    Wah.. Pencerahan nih.. SW ku jg agak gitu je.. Klo gas kekecilan.. Tp blm ngrepotin.. Stater lg.. Jreng

  16. gelomb@ngLangit berkata:

    Salam kenal smua, ternyata problem yg gw alami sama dg kebanyakn bro2 skalian, blkangan ini sw gw jg suka mati2 sendiri. Barusan gw servis di beres suzuki jatiwaringin n mnrt mekaniknya permasalahanya dikarbu yg udah terdapat smcam pengikisan apalah namanya itu gw awam maslah mesin hehe. . Setelah diakalin sama tu mekanik mudah2 an aja sw gw udah ga ada masalah lg.

  17. kakamilan berkata:

    saran saya jangan ke bengkel ini lagi brow.. mendingan ke BERES Kelapa 2 Sebelah POM bensin, di bengkel suka gontaganti part tukang kuras.. cek partnya juga sblm psg! saya pernah ganti mangkok bandingin sama aslinya (yg terpasang beda) katanya emang beda2 krn partnya yg bikin vendornya beda2 jawabannya ga profesional!! klo ga ada standar yg baku trs cara bedain asli sm KW gimana dong!!!! akhirnya ga gw ganti apa2 partnya tp kyknya mekaniknya kesel masang balik partnya kyk asal2an pasang tampang bete.. kpok ke nih bengkel..

  18. abi ghifari berkata:

    agan2 SW saya juga mengalami hal yang sama.kal gas di kecilkan,mesin mati (yg parah saat di lampu merah ama rem mendadak kalo ada polisi tidur) .jd kalo berhenti di lampu merah solusinya ya gas dibesarin ama telan hand rem.sudah sering di bawa ke bengkel resmi suzuki,masalah cuma hilang 1 s/d 2 hari aja,setelah itu ya mati-mati lagi .Mohon bantuan informasi dari para ahli yg pernah ngalami hal yg sama….besok mau saya coba cek selang yg dekat ban belakang…ditunggu infonya ya..trims

  19. abi ghifari berkata:

    agan2 SW saya juga mengalami h
    al yang sama.kal gas di kecilkan,mesin mati (yg parah saat di lampu merah ama rem mendadak kalo ada polisi tidur) .jd kalo berhenti di lampu merah solusinya ya gas dibesarin ama telan hand rem.sudah sering di bawa ke bengkel resmi suzuki,masalah cuma hilang 1 s/d 2 hari aja,setelah itu ya mati-mati lagi .Mohon bantuan informasi dari para ahli yg pernah ngalami hal yg sama….besok mau saya coba cek selang yg dekat ban belakang…ditunggu infonya ya..trims

  20. ipang berkata:

    dan sekarang motor saya mengalami seperti yg pernah anda alami mas arantan,, MOHON SOLUSI NYA..
    Terimakasih,
    Salam.

    1. arantan berkata:

      Umur kali bro, ada karet2x yang kendor, sama beberapa kabel yang sampai sobek, satu2x diganti. Pernah juga setelan langsam karburator sudah dol, jadi putar yang di depan belakangnya nggak ikut muter.

      Bawa ke bengkel bro, karena mesti sabar dicek satu satu.

  21. Didi Mawardi berkata:

    Selamat siang agan2…mau curhat juga nih tentang skywave juga. masalah di Sw ane sama kaya agan2. ga bisa langsam dan mati2 terus.pegel juga klo di lampu merah harus nahan gas.ane udah beberapa kali ke bengkel resmi Suzuki.tapi ga ada yg berhasil nyembuhin karbu si SW ini. rata2 saran mekanik karbu di ganti sm yg baru. Oh iya,ane punya cerita juga nih tentang kelakuan “oknum” mekanik Suzuki. waktu itu ane service rutin dan mengganti kampas rem depan di Suzuki Ciledug. biasa ane ga bs percaya sama mekanik, jadi ane liatin dia masang kampas rem yg baru.sebelum dia pasang, krn udah hampir selesai ane di suruh ke kasir untuk bayar.setelah itu ane ga mikir curiga sama tuh oknum. selang beberapa minggu ane ngerasa kok ada yg ga beres di rem depan. rasanya kaya kampas rem udah abis. padahal baru di ganti beberapa minggu yg lalu. ane coba cek ke Suzuki sahaharjo deket kantor.setelah di cek sama mekanik, keluar jawaban yg sangat mengejutkan.ternyata kampas rem ane yg baru ganti itu KW alias palsu. WTF?? dan ane bru sadar kenapa waktu di suzuki Ciledug ane di suruh ke kasir sebelum motor selesai di ganti kampas rem. Si “oknum” ini menggantinya dengan yg palsu. dan yg asli punya ane di ambil sama “oknum” mekanik Suzuki Ciledug ini.Sayang sekali dengan kualitas motor yg handal, di nodai dengan SDM Suzuki yg mental tempe ky gini. Untuk Agan2 hati2 terhadap oknum seperti ini. kalau mau mengganti sparepart, di anjurkan untuk di liat sampe sparepart selesai di pasang. Terima kasih

    1. Baru aja gw service SW di suzuki kranggan, di cabut chokenya sama mekanik. baru sadar pas sampe rmah..
      Masalah beres sih. tp tau aman pa gak. suzuki parahhh.
      Lama2 bangkrut klo gitu terus

      ga profesional

  22. Oky berkata:

    Saya juga punya Skywave,. caranya klo mati2 terus coba putar setelan angin ke arah kiri,. jadi gini,. klo kita putar setelan gas kita puter besar,. pasti nanti langsamnya baliknya lama,. nah jadi setel dari setelan angin aja,.
    step prtama, (SETTING HARUS PAGI HARI KONDISI MOTOR DINGIN) biarkan gas masih kecil, nyalain motor dulu kondisi standaR 2 lalu gas sedikit biaR gak mati,.
    lalu setelan angin di putar ke kiri sampai gas sedikit besar tapi tidak terlalu besar. klo terlalu besar nanti ketika mesin panas settingan gas akan besar,.
    silahkan mencoba

  23. mamat berkata:

    Suzuki sky wave saya msti total g bs nyala tolong solusinya

  24. Widianto berkata:

    Ikut curhat dong ..motor SW ane baru ganti karbu ..pas di stater ok nyala normal ..tapi pas di gas langsung mati ….kira kira kenapa ya ..mohon bantuannya …

  25. Nainggolan berkata:

    Hahaha hampir semua mengalami hal yg sama ,SkW saya jg hampir sama dgn cerita diatas,pas dilampu merah sering mati,harus nahan gas lah biar ga mati,udah capek keluar masuk bengkel eh hanya sehari bagus,ngulah lagi,tp yg aku suka dari Skw ini klw lari kencang enak bgt ngendarainya,apalagi klw ada. tikungan2 makin enak sambil ngas ,bodynya yg berat membuat bawaanya pun enak , itu makanya aku masih sayang sama ini motor,udah terlajur byk kisah dgnnya hahahaha jd susah utk menggantikannya

  26. hosanna berkata:

    Mau nanya bro, skywave sy susah dihidupkan. Itu gmn bro?

  27. wisma dewanto berkata:

    hampir semua motor skywave pny penyakit yg sama yaa. persis kayak mtr sw ane.
    dah gonta ganti bengkel rata rata pada vonis karbunya yg mesti ganti. akhirnya ane pindah bengkel dkt rmh aja. biar enak nengokinnya.
    pas pertama dicek montirnya ketauan penyakitnya. ternyata bukan dikarbu tapi dikelistrikan si sw yg semi ac. karena nich motor langsam kalo blm ada lampu yg nyala. pas lampu dinyalain baru dech brebet.
    ya tuch montir bilang kalo brebet kayak kehabisan bensin itu di mtr sw gejala busi gak dpt pasokan listrik. karena listriknya kesedot sama lampu lampu dan kepengisian aki. itu karena sistem kelistrikan sw yg semi ac. jadi saran ane. jangan langsung buru buru vonis karbunya. mending dicek dulu bagian yg lain.

Tinggalkan Balasan

