Slip CVT Suzuki Skywave bisa hilang setelah ganti kopling Hayate

Ini scan bon service di Suzuki Meril Srengseng Kebon Jeruk, total berikut jasa dan service adalah 993 ribu.

Hari Sabtu ini 22 Oktober 2011, gw memutuskan untuk ke bengkel resmi Suzuki di Meruya karena ada beberapa masalah di Skywave gw, seperti:

  1. CVT berdecit seperti slip ketika stop and go, misalnya plintir gas agak dalam selepas polisi tidur. Waktu berdecit body belakang Skywave agak getar, memang sih biasanya kalau di bawa ke bengkel kemudian CVT di bersihkan masalah itu akan hilang… tapi kemudian timbul lagi, kadang sebulan atau bahkan cuman beberapa minggu kemudian. Saya banyak tanya-tanya, memang masalah ini sepertinya bawaan atau ciri khasnya Skywave.
  2. Rem depan yang masih bergetar ketika di remas, body sampai stang bergetar hebat. Rem belakang juga mulai terasa kurang pakemnya.
  3. Selain itu mesin juga rasanya kurang di tune secara bagus, sehingga si motor seringkali mati-mati kalau baru jalan, biasanya kalau keluar parkiran kantor sore, saya harus menaikkan choke sampai setengah… kalau nggak mati!

Di bengkel tepat di sebelah motor gw sudah ada sebuah Skywave lain yang berumur 3 tahun atau setahun lebih tua dari motor Suzuki Skywave gw dengan KM sekitar 30.000 an yang mengalami masalah sama: berdecit dan CVTnya bergetar setiap kali mau jalan. Solusi dari bengkel pinggir jalan sebelumnya adalah mengganti CVT belt. Memang setelah penggantian belt, masalahnya hilang kemudian 4 bulan kemudian kembali lagi. Oleh mekanik Suzuki dijelaskan kalau problem berdecit slip sudah dicoba diselesaikan dengan cara melubangi mangkuk kopling, tapi ternyata juga masalah kembali timbul…

Gambar atas, kopling belakang aslinya Skywave berumur 3 tahun yang sudah tipissss, malah tonjolan hampir hilang setelah pemakaian tiga tahun

Kopling Skywave atas, dibanding dengan kopling Hayate yang tonjolannya lebih panjang di bawah (tangan kanan)

Sampai akhir keluar tipe barunya Suzuki Skywave yaitu Suzuki Hayate, dengan design kopling CVT baru, Skywave tersebut di sarankan untuk menukar CVT lamanya yang sudah habis malah sering keluar bau gosong… ke punyanya Hayate. Roller juga mesti diganti berikut mangkuk variator depan…. Si pemilik setuju, ganti semua!

Ketika CVT gw dibuka, kopling gw sebetulnya masih dalam keadaan cukup baik, maklum umur motor gw beda 10.000 km, cuman gw minta mekanik untuk ganti sajaaah! Terlihat dari bon untuk urusan CVT akhirnya gw mengganti:

Roller 6 biji, satunya 15 ribu, total 90 ribu karena sebagian roller gw malah sudah aus.
Kopling CVT, 320 ribu
Mangkuk variator depan, 110 ribu karena sudah kasar

Sekalian gw minta packing CVT diganti…

Dan you know what, setelah gw punya selesai diganti, ada satu Skywave masuk ke bengkel yang platnya 1-16 alias keluaran Januari 2011. Problemnya sammaaa, dia juga memutuskan mau ganti aja dengan punyanya Hayate! Tapi bengkel udah nggak punya stok! Stoknya saat itu cuman 2 biji, dan sudah habis dibeli untuk si 3 tahun dan gw…

Wedeh… baru beli 2011, keluar Hayate … nasibbbb…

Selesai satu problem, gw minta mekanik memeriksa rem depan gw yang bergetar. Setelah sebelumnya dicoba dibersihkan dengan ditiup kompressor dan pelumasan… bunyi dan getaran rem depan tidak juga hilang seluruhnya. Solusinya: disarankan ganti cakram, ini karena ketika ban depan diangkat dan ban diputar, terlihat piringan cakram gw ternyata berputar tidak rata pada sumbunya.

Baik, untuk cakram ini keluar lagi 180 ribu…

Ya sudah, gw rela sekali karena ini motor untuk kerja harus prima se primanya! Sekalian gw inden karburatornya Hayate yang tipenya lebih baru dari Skywave, mungkin minggu depan sudah dapat dan berarti masuk bengkel lagi. Lha tapi gw lihat spesifikasinya sama-sama Mikuni BS 26 kok… hmmmm…

Akhirnya, habis bongkar dari bengkel…

Iklan

53 Comments Add yours

  1. bandot berkata:

    mulus skywave-nya πŸ˜€

    sayang gak punya matic…sempet mau bli hayate sih, tapi sayang satria yang sekarang mau dikemanin…:)

    1. arantan berkata:

      Salam, setuju.
      Nggak perlu beli kalo memang nggak butuh mas bro.

  2. noFUN berkata:

    Thank you tipsnya Mas..

    Secepetnya mo coba ganti kopling, soalnya udah muncul baru gosong klo dah overheat (bekas perjalanan 6 jam, beban 150kg, mana macet pula)..

    1. WP berkata:

      SW saya pernah mengalami hal yg sama, tetapi karena STOP n GO Macet, akhirnya saya berhenti dan matikan mesin dan diamkan selama 5 menit, setelah itu hidupkan lagi, normal kembali, SW itu kalo macet jgn diperkosa alias jgn terlalu maksa buka tutup gas nya, skrg klo macet saya buka tutup gas harus berurutan, tidak boleh langsung pelintir…hingga sekarang SW saya insyaallah sehat sejahtera…terima kasih..

  3. noFUN berkata:

    Ralat:
    *.. udah muncul bau gosong..*

  4. Maskur berkata:

    Punyaku baru 17.000 km

  5. caspro berkata:

    3bln yg lalu br ganti belt dan roller pd km.26rb…dan masalah msh ada, sptnya mesti ikut saran utk ganti kopling hayate.

  6. ahmad wae berkata:

    Sama persis apa yg lo alamin bro sw ogut sept 2009 sejak 2 bulan pertama ogut ngalamin hal itu sampai sekarang, blm ada solusinya udh bosen tanya sana sini tidak ada solusi yg berhasil.. Akhirnya gw diamin ampe sekarang udh 2 thn.. Komplain ke beres gk ada yg menyelesaikan masalah mungkin memang cvt sw gagal secara desain teknis Terakhir mengamati sendiri kondisi lubang per kopling udah oblak memanjang mungkin ini penyebab kopling sering sliip dan loncat loncat kayak katak kebanjiran, rencana ogut juga mau ganti kopling pake hayate, tapi ane baru baca otomotif kayaknya ogut ganti Mio J dech sekilas speknya lebih prima

    1. arantan berkata:

      UPDATE!
      Sekarang pun setelah diganti BUNYI lagi! so kalau bengkel menawarkan untuk ganti CVT Hayate cuman karena untuk menghilangkan bunyi … JANGAN PERCAYA!

      1. sidiq berkata:

        yang bener mas? udah keluar biaya banyak masih berdecit juga? tadinya saya mau ganti CVT hayate, gak jadi deh..

      2. arantan berkata:

        Lho bener-bener beneran πŸ™‚ sekarang bunyi lagi, jadi nggak usah aja.

  7. fahrizal berkata:

    kalo yg diganti cuma koplingnya aja bisa gak? atau harus sama mangkuknya?

    1. arantan berkata:

      saya koplingnya ya seperti gambar di atas kan?

  8. R12 berkata:

    ane juga pake SW, bunyi dencit n getar di cvt juga jadi penyakit. solusi buat ane memang spt mekanik suzi bilang diatas. mangkuk puli belakang/rumah kampas kopling di lubangi. dah gak getar lagi ko om….masalah dencit juga dah gak ada. ane malah bermasalah ma velg depan yang kurang awet. dah ganti ma ori tapi tetep aja gampang sepeleng..!!
    akhirnya ganti ke spoke wheel aka jari2 aja. perawatan lbh mudah apalagi kalo sepeleng, cukup di stel ulang dgn biaya 15 ribuan ^_^
    oya ane down grade ke ring 14 punya mio tapi yang merk fdr. lbh mudah ganti tipe bannya. karena variasi ring 14 lbh banyak dibandingkan 16. velg ane punya yang tapak lebar, depan 2.15 dan belakang 2.50. jadi pake ban sing gambot!! lbh stabil saat jalan om ^_^
    tapi ban belakang pake ukuran 110-14 agak mentok di sok beker kiri, tapi dikit aja c, hehehehe…
    masalah getar2 n bunyi dah gak ada lagi kalo ane om, kalo bau gosong biasanya kalo lagi macet ditanjakan, kadang disuka digas tapi masih di rem,hehehe…
    kalo mesin suka mati2 itu diatur aja langsam nya om. skutik kata mekanik sie berputar/stabil di rpm 3000an om
    semoga membantu ^_^

    1. hard berkata:

      bro, bengkel mana yang bisa menghilangkan decit?
      Ane tinggal di Pondok gede.

  9. the kumis berkata:

    HATI2 KLO SERVICE DI SUZUKI MERIL….HARGA SPARE PART KYKNYA DI UP TUH….. G BLOM NELPON KE SUZUKI PUSAT TAPI MAU G TELP.. PALING GAMPANG CEK HARGA SPARE PART DI WEB LANGSUNG ADA DI SUZUKI 2WHEEL COMMUNITY KLO GA SALAH… SALAH SATU CONTOH:
    SABTU, 14APRIL 2012 HARGA SIL SOK BREKER THUNDER SATU BIJI BERIKUT PAJAK =35000 DI SUZUKI JALAN PANJANG SAMPING POM BENSIN, TAPI KLO DI SUZUKI MERIL HARGA 55000. SAYA BILANG KOK MAHAL MBAK PADAHAL SAMA2 BERES… MBAKNYA MALAH BILANG DISINI SPARE PART VARIASI HARGANYA PAK SAMBIL MELOTOT..GUE ADA BUKTINYA WALAUPUN TUH BON CUMAN CAPNYA DOANGAN YG SUZUKI MERIL….UD BEBERAPA KALI DISITU HARGANYA MAHAL MULU. DAN BUKAN CUMAN SUZUKI MERIL YG HARGANYA LEBIH MAHAL DARI HARGA RESMI…. MAKANYA GUE CUMAN LEWAT DOANGAN, HATI-HATI…..

  10. WP berkata:

    SW saya di STNK keluaran April 2010, sampai skrg tgl 18 April 2012 sudah 35.000 km (mesin standar abis) di sistem CVT nya baru ganti belt saja, Alhamdullilah yaahh…hehehe…dari sejak pertama keluar dari Dealernya hingga sekarang belum terjadi bunyi decit2 parah dan loncat2 ataupun rusak lainnya…saran saya selalu usahakan SW lari diatas 60km/jam kalau malam (buka tutup gas-rem) selama 5 menit…karena pengalaman saya bunyi decit itu kalau SW jarang lari diatas 70km/jam..dan jgn lupa ganti oli gear CVT tiap 15rb km..selama ini rute saya Taman Anggrek – Duren sawit (via tanah abang, tugu tani, cikini, salemba, matraman, jatinegara, BKT atau Tanah abang, casablanca, Kp, mlayu, BKT) tiap malam jam 22 selama setahun selalu saya usahakan lari min 70km/jam (tergantung kondisi mulus atau rusak jalannya)…logika saya mesin motor itu seperti mobil yg harus rajin2 lari diatas 70km/jam supaya besi atau logam2 dsb di mesin bisa bekerja layak, itu share dari saya, semoga bisa membantu, Terima kasih

  11. Ipank berkata:

    Gue Punya Suzuky sky wave Kuning Emas keluaran 3.6 tahun lalu.. sepertinya belum ada masalah Paling dalam 2 Tahun 3 bulan cuman ganti aki doang Kilometer 35.000..masih tetap manyus..mungkin tidak serespon waktu beli baru yg terpenting cara bawa metik harus dibedakan sama bawa motor biasa, karakter metik Slow…baru betot Full, di urut lah gasnya jangan langsung betot..bisa-bisa Beltnya yg jadi cepat Haus.

    1. agungono berkata:

      betul kt bro ipang
      kbanyakan pemakai motor metik menyamakan ketika qta memakai motor biasa, lbh baik di pelajari terlebih dahulu cara pakai motor matik, itu sgt berguna
      dr pengalaman saya kbnyakan pemakai motor matik slalu mengelukan byk bunyi” disekitar cvt, itu dikarenakan kesalahan perlakuan si pengendara
      sya pemakai motor matik sejak thn 2000, dan bentuk kanfas koplingnya lbh kecil dr kanfas kopling suzuki tp saya tidak mengalami bunyi” aneh di cvt, dan skrg saya pemakai hayatesampai sekarg jg alhamdullilah ga ada masalah

      1. AHM berkata:

        pengalaman ane beli SW yaitu thn 2009 Akhir 3 bulan kemudian kanvas kopling cvt selalu bunyi dan sleep disertai motor tersentak saat buka gas.. bolak balik BERES tidak kunjung sembuh akhirnya sy frustasi dan dibiarkan sampai 2 tahun, lalu sy ganti seluruh piranti kopling tersebut 1 set hasilnya clear sampai sekarang 2013 tidak masalah kesimpulannya kopling yg sy dapat mungkin satu dari sekian produk yg cacat pabrikan. tks

        khusus aki sejak 2009 sy blom pernah ganti sampai sekarang 2013 masih tokcer krn sy tdk pernah utak atik electric component dengan aksesoris macam macam.

  12. smartfaiz berkata:

    Sedikit Masukan bro… jika kampas kopling dah tipis kemungkinan rumah kopling sudah ga rata. Jadi disarankan ganti kampas sekalian rumah koplingnya (mangkok koplingny). Kalau ganti kampasnya doang , permukaannya bisa ngikuti permukaan mangkok kopling yang sudah ga rata. Spin punyaku km 20rb permukaan kopling dan rumahnya sudah ga rata (ada alur halus). So setelah ini nyoba bor mangkok koplingnya dulu. Kalau ga berhasil baru ganti satu set punya hayate

  13. yanto berkata:

    langsung ganti motor enak deh…atau modif punya nouvo/vario biar gak gitu lagi,

    1. arantan berkata:

      Terus terang kepikir banget

  14. nawi berkata:

    Saya pemakai Skywave 2010, awalnya siiip . ketika 2000 km baru masalah muncul , getar , loncat , bunyi . Ahirnya ganti per sentrifugal (3 biji) milik Y***** Meong, tipe paling lembut (1000 rpm), kalo gak salah merk TDR, hasilnya siiiippp. Bunyi hilang , getar gak ilang sih cuma berkurang 15 persen , loncat gak ada lagi , macet gak masalah . Harga muuurraahh , jadi gak ada resiko rugi kalo gagal . Tapi tak jamin insyaallah berhasil , saya buktikan sendiri . Entar kalo masih kurang puas, saya masih ada jurusnya , ilmu dr KY**C* . Sekian .

  15. erlinhikmawan berkata:

    bro arantan, saya pake hayate, lagi kepikiran mau ganti roller standar dengan yg merk pulley http://www.kaskus.co.id/post/512a32121d7608053a000001#post512a32121d7608053a000001

    rekomendasinya gimana ya? enaknya pake yg berapa gr?

    tks

    1. arantan berkata:

      Kalau kata Oom Manto jangan, kecuali ganti sampai se mangkuknya, jadi bukan roller saja.
      Karena kalau mangkok standard, rollernya malah lebih sulit bergerak, lapisannya juga beda, belum tentu pas dengan permukaan/kelicinan mangkuk standard. Pemikiran simplenya, lihat saja sampai matic yang pol-polan mahal pul, rollernya tetap bulet kok.

      Untuk gram, sangat sulit bro. Ini mesti dicobain, juga bergantung sama prefernya bro, apa lebih enak tarikan atau panjang-panjang? Mesti dicoba bro.

      1. erlinhikmawan berkata:

        makasih masukannya bro arantan

  16. nang berkata:

    mas sya juga mengalami hal serupa pd skywave saya .tp yg ingin saya tanyakan kalo bunyi dan loncatan sya pertahankan(tdk d ganti kopling.dll) krna dana blm cukup. Apa tdk apa2? Dampak terbrknya apa ya mas? Tq

    1. aan berkata:

      saran…ganti per kopling otomatisnya. .yg per nya 3 biji..gnti yg lebih lembut per nya..dijamin makyus deh larinya si sky…buruan dicoba buktikan perbedaannya

  17. dennyfs berkata:

    Ane pny SW thn 2010 bln 6, KM sdh 156.000 euy. Selama ini rutin ganti olie mesin pake Pertamina, dan oli gardannya paki asli Suzuki. Dari baru dulu pernah ada gejala getar-getar dan langsung diganti 1 set kopling dan rumanhnya. sampai sekarang blum ganti belt, gejala sdh terasa suka loncat-loncat tapi ga ada sama sekali bunyi-bunyian, Rute setiap hari pulang pergi 35km. ditambah angkat beban berat sekitar 30 – 40 kg dgn jarak tempuh 10km. Kalau ada rejeki mau servis CVT nya dari belt, roller, dll

  18. eko prayitno berkata:

    assalamualaikum… numpang nanya nih…. ane punya spin 2011.. awalnya mmbrebet ampe mati mesin klo buat ngerayap… kmaren ganti roller ama belt.. kooooooooo skarng malah jadi g ada tenaganya.. itu knpa yaaa???? apa sma aja harus ganti kopling cvt hayate?

  19. erlinhikmawan berkata:

    bro, saya punya hayate, mau service 20rb km. kira kira butuh service besar gak ya? sekalian nanya kira kira apa aja yang diganti. tks

  20. skywave : apa sih nama “laher otomatis” org bengkel bilangnya gitu, berapa harganya… sulit juga tuh nyari di bengkel resmi suzuki ya… pasti jawabnya “kosong”, bisa bantu ? makasih

  21. ahmad berkata:

    Bro sy turut prihatin dengan keuhan sampean, mungkin juga comment ini gk sempat ente baca.. tp that’s ok barangkali aja kebaca..

    Kopling VCT
    masalah yang ente hadapi sama dg yg pernah sy alami skywave 2009, cvt bunni berdecit bahkan parang melompat-lompat sleep, sampai bosan ikutin saran beres.. akhirnya sy diamkan selama 1 tahun baru sy ganti semua kopling mangkuk dan moovable dtriven semua 1 set baru alhamdulillah keluhan itu hilang semua sampai sekarang, penyebab getarang dan decitan serta kemerosok loncat2 adalah permukaan kampas rem dan manguk tidak rata ada yang aus sebelah bisa dilihat dari permukaan kampas yang tipis sebelah. sepertinya memang kualitas sparepart ori produk indopart kurang memadai dari kualitas bahan dasar atau proses finishingnya karena banyaknya keluhan yg sama.

    karburator
    Karbu Hayate dan Skywave sama dan serupa ane rasa tidak perlu ganti tetapi coba periksa saja setelan angin lalu stel klep, jangan lupa skrup pegangan kabel chuk di karbu siapa tau pecah akibatnya angin bocor.
    apa lagi ya ..? oh ya stelan jarum skep vacuum coba posisikan standar di garis kedua dari atas. lalu coba ganti karet oring di manifold intake (dari karbu ke ruang bakar) bersihkan kotoran sampai bersih dan jangan pakai dikerik, pakai cairan saja lalu pasang yg rapat.

    sebenarnya punya ane juga sekarang sama kalau baru nyala mesin berebet parah tp kalau sudah panas hilang malas bongkar nih heheheh.

  22. ahmad berkata:

    Bro maman abdulrahman barangkali yg dimaksud leher otomatis itu adalah movable driven sama pelornya 3 biji alias nut diriven satu set sama rumahnya harganya satu set murah kok kurang dari gocap kayaknya (yang menggerakan puli belakang mundur maju itu bro ) barang ini harus sering di cek krn sering kering gemuknya minimal 1 bulan sekali dilihat kalau diabaikan rumah/ selongsongnya pecah punya ane udah 3 kali ganti krn telat control

  23. ahmad berkata:

    Bro Erlin Hikmawan
    service besar biasanya setiap 10.000 km atau setahun sekali atau sesuai kebutuhan saja, yg di ganti disesuaikan hasil pemeriksaan punya ane udah 6 tahun jalan aman2 saja

  24. ahmad berkata:

    kasus kopling sleep dan berdecit plus lompat itu disebabkan permukaan kanvas dan housing cover clutch (mangkuk kopling) tidak sama rata tidak seluruh permukaan menempel jadinya begitu disamping itu harus rajin bersihkan debu dari saringan yg di depan kipas, yg harus diperksa pada cvt suzuki kanvas mangkuk kopling, mopvable driven, dan per kopling kalau roller itu menurut ane gk eprlu di utak atik kecuali memang udah aus, standar dia paling berat karena buakan untuk sprint tapi untuk nyaman dan mendapatkan top speed mantap.

  25. mau nanya nih..kalau motor di gas berat kenapa,terus bensin boros sekali,,motor ana suzuki sky wave

  26. ahmad berkata:

    cek karbu bersihkan, cek skrup kabel choke bocor gk..? cek cvt (per cvt, per kopling, roller) atau settingan angin kl masih standar biasanya 2.5 putaran

  27. whizzman berkata:

    gan mau share pengalaman sedikit, sejak awal beli suzuki Hayate ane konsumsi BBM boros, cuma dapet sekitar 1:28-30 malah setahun terakhir tarikan terasa ngeden, padahal km baru sekitar 12000 (thn 2012). googling googling katanya suruh ganti per CVT dan googling lebih lanjut dapet di kaskus ada yang anwarin paket ganti per CVT, per kopling dan roller, akhirnya ane ambil paketnya plus sekalian ane ganti CVT belt nya. Hasilnya luar biasa tarikan jadi enteng, suara lebih halus dan BBM jauh lebih irit, biasanya untuk operasional sehari hari isi bensin 5 hari sekali, ini bisa 8 hari.

  28. arifkrisnadi berkata:

    Punya saya th 2008 baik-baik saja, ga ada keluhan, yg diganti cuman roll, belt, kampas. Sekarang msh cukup handal

  29. angga berkata:

    numpang nnya broo,.. motor skydrive tidak responsif harus di gas tinggi baru berjalan tpi tarikan nya berat, yg sudah di ganti belt, roller, sama kompling ganda ( cluth carrier) . tolong saran nya donk.

    1. ahmad berkata:

      Skwave, Hayate, Skydrive sebegian besar komponen sama.
      kalau mendengar keluhan agan.. sepertinya masalahnya di Per CVT terlalu lembek jadi lama buka koplingnya atau per kanvas kompling terlalu keras itu harus disesuaikan

      pengalaman ane dengan skywave:
      Per CVT pake punya Mio 1500 RPM
      Per kanvas kopling standar aja

      konsekwensi per cvt lebih keras adalah:
      mendapat bukaan cepat dan menutup juga cepat jadi motor lebih responsif (nyentak) tetapi top speednya menurun kira2 hanya sampai 110 KPJ itu pun harus di trek lurusnya yang panjang 100m ke atas kalau dibawah itu topspeed dapatnya cuma 80 KPJ,
      efek ke bensin lumayan banget jarak tempuh ane ke kantor PP 40 Km, dengan kecepatan dipatok maksimal 50 rata2 40 itu bisa dapat perbandingan BBM 1 : 38km lumayan irit.
      untuk penggunaan stop and go lumayan efektif,
      semoga bermanfaat

    2. ahmad berkata:

      cek juga moovable driven (rumah pelor) yang menyatu dengan pullu belakang itu suka kering menyebabkan pergeseran puli lancar solusinya dikasih gemuk khusus pully 15 ribu per pcs.

  30. ahmad berkata:

    Ane Mau sharing pengalaman keluhan CVT berdecit dan lompat=lompat.

    Penyebabnya adalah permukaan permukaan rumah kopling (housing clutch) tidak rata. setelah diganti normal kembali harganya lumayan 200 ribuan ori. setelah diganti sembuh dan hilang suara decitan dan tidak lagi melompat-lompat.

  31. ahmad berkata:

    Dengan part asli tidak diutak atik atau dioplos.
    Setelan karburator motor standar iritnya di 2.5 putaran

    Usia skywave 6 tahun, putaran setelan angin jadi ikut berubah menjadi 3.5 putara dan sekarang nyaman di 3.75.

    Menggunakan Permium motor jadi boros banget entah apa sebabnya padahal tidak jor-joran tarik gas malah cenderung nyantai.

    setelah pakai Pertalite irit signifikan dan tenaga oke banget gk berebet saat di gas dan tidak nembak saat gas dilepas. itu pengalaman ane semoga bermanfaat.

    Mengindari keseringan bongkar pang karbu agar tak cepat aus ane menggunakan cairan pembersih carburator cukup mesin dinyalakan di gas sedikit dan di semprotkan cairan pembersih carbu ke corong udara dilakukan berulang antara 5 – 6 kali semprot hasilnya sipp..

    Bongkar karbu dilakan 6 bulan sekali
    Bersihkan Box saringan udara sebulan sekali, selebihnya stel gas dan angin saja dan gunakan cairan pembersih karburator, semoga bermanfaat.

  32. Erikadisu berkata:

    Penyakit yg paling sering saya alami CVT getar pas di awal dan langsam di lampu merah… Pas di cek kopling ganda nya uda rada oblak tempat pegasnya.. Ganti deh… Kalo karet ganda aman nya 3 kali servis ganti biar ga geter

  33. Kurnia Jaya berkata:

    aku pakai skywave 2010, sudah km 60,000 lebih baru satu kali ganti belt + cvtnya dan satu kali ganti filter.. hehe 7 tahun pakai masih jooss..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s