Gunakan aplikasi My Tracks untuk mengukur perjalanan

Gambar atas adalah track perjalan pulang kantor saya dari Mega Kuningan warna hijau sampai ke Meruya di warna merah. Tracking ini baru saja saya lakukan dengan peralatan sederhana saja, handphone berbasis android LG Optimus 2x yang mendukung GPS dan 3G dengan aplikasi My Tracks dari Google. Aplikasi My Tracks saya download secara gratis dari Android Market.

Aplikasi ini mencatat posisi GPS handphone secara tepat dan kemudian di overlay dengan mapnya dari Google map, jadi bayangkan saja, aplikasi dari google, map dari google, menggunakan handphone yang basisnya Android juga dari google! Weleh! Ya pas lah!

My Tracks mencatat posisi handphone dengan keakuratan yang relatif cukup baik.

Detailnya perjalanan yang ditunjukkan warna merah cukup tepat.

Secara real-time selain kita bisa melihat secara visual pada peta perjalanan, kita juga bisa melihat total jarak yang sudah ditempuh yaitu: 15.12 km, kecepatan maksimum yaitu 78.97 km, total waktu perjalanan sampai ketinggian atau elevasi selama perjalanan. Ya kalau dilihat walau top speed 78.97 km/jam, tapi average speednya 21.19 km/jam, akibat macet!

Selain gambar di atas kita juga bisa melihat secara visual grafis kecepatan dan elevasi selama km yang kita tempuh.

Perjalanan kita pun bisa di save ke dalam satu file untuk ditelaah lebih lanjut. Salah satu format filenya adalah export ke file .KML yang bisa di baca kembali oleh Google Earth (belum coba).

Boros baterai kah aplikasi ini? Rasanya tidak juga, setelah 2 jam aktif dan 42 menit berkendara, indikator baterai masih menunjukkan sisa sekitar 80% lebih. Jadi aplikasi ini sangat di recommend bagi siapapun yang ingin touring naik motor atau mobil, jogging, bersepeda dan lain-lain, kita bisa mengukur perjalanan kita.

Ada aplikasi lainnya lagi yaitu endomondo sports tracker, yaitu aplikasi berbasis GPS juga yang lebih ditujukan untuk kegiatan berolahraga yang mengandalkan otot. Saya bilang otot karena dengan aplikasi endomondo ini yang diukur adalah kalori berdasarkan jenis sport, kalori yang dibakar dengan berenang tentunya lain jika berlari dan seterusnya…

Silahkan mencoba-coba 🙂 gratis!

Iklan

13 Comments Add yours

  1. Az147r berkata:

    dgn aplikasi Waze lebih asik mana?

    1. arantan berkata:

      Blum pernah coba ui.

  2. Az147r berkata:

    oh iya, cara screen shot gmn mas???

    1. arantan berkata:

      Kapan-kapan ditulis mas bro.

  3. goyobod berkata:

    Yup, saya juga pake my tracks, cukup bagus, apalagi ada grafik elevasi dan kecepatannya, bisa buat analisis perjalanan (halah…hehe). Btw, untuk olahraga, saya pake aplikasi cardio trainer, lumayan lengkap untuk segala aktivitas fisik, dan bisa di-share ke fb maupun twitter, cobain deh, bro… 🙂

    1. arantan berkata:

      Cardiotrainer ya, mungkin mau jogging an

  4. amirul berkata:

    keren, canggih mas..

  5. Dindin Mk berkata:

    Baru nyoba aplikasi ini..
    hasilnya : PUASSSS!!!! 😀 presisi sekali! konsumsi batere juga tidak terlalu memakan banyak, dari kondisi full tersisa sekitar 80% lagi.

    my track tadi sore:
    http://www.facebook.com/l.php?u=http%3A%2F%2Fwww.google.com%2Ffusiontables%2Fembedviz%3Fviz%3DMAP%26q%3Dselect%2Bcol0%252C%2Bcol1%252C%2Bcol2%252C%2Bcol3%2Bfrom%2B1108693%2B%26h%3Dfalse%26lat%3D-6.887170%26lng%3D107.774999%26z%3D15%26t%3D1%26l%3Dcol2&h=RAQDgt0lW

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s