Oleh: arantan | Mei 21, 2011

Suzuki Skywave, berdecit dan bergetar setelah polisi tidur

Gw senang banget ketika di blognya kang Edo ada posting tentang keluhan Suzuki Skywave yang sama seperti yang gw alami. Suzuki Skywave gw pun setelah lewat polisi tidur kemudian kita gas, maka terasa di sekitar ban belakang akan berdecit dan bergetar.

Gw pernah nulis di websitenya Giri dan juga sudah di balas oleh pihak Suzuki di sini. Walaupun dari jawaban Suzuki belum dituliskan bagaimana cara menghilangkan  bunyi-bunyian tersebut, gw juga baca dari beberapa forum kalau kemungkinan bunyi decit tersebut adalah karena rumah CVTnya kotor… Memang kalau kita service motor dan rumah dibuka, persis seperti yang dinyatakan di blognya Kang Edo keluar service beres, tapi seminggu setelah itu bunyi-bunyiannya kembali lagi?! Ini anehhhh?!

Akhirnya tadi saya coba buka rumah CVTnya… apakah betul kotor?

Dalamnya rumah CVT belt, adalah bersih! Bisa dibilang nggak ada pasir dan kotoran masuk kok! Mau buka untuk di bersihin, bersihin apanya toh?

Akhirnya saya coba semprotkan CVT belt dengan memakai cairan yang konon biasa dipakai untuk menghilangkan decitan. Kemudian tutup lagi, setelah itu si Skywave dicoba gas stop and go sentakan dalam tanjakan, sementara ini saya bilang decitan hilang seluruhnya, baik jika gas di sentak maupun perlahan di pelintir.

Tapi nggak tahu ya gimana lagi minggu depannya?

Buka CVTnya Suzuki Skywave sulit dan heboh banget!!! ada batu-baut air filter dan CVT yang saling menimpa, asli ribet! Korban: 2 baut hilang, 1 baut patah di dalam karena puternya kekencangan (sekarang bingung gimana ngeluarinnya?).


Responses

  1. ane demen ma paragraf terakhir tuh… wkwkwkw… hidup adalah perjuangan kang!!! kok bisa ilang bautnya????

    • yah bisa-bisa aja nih 🙂 mesti ke bengkel juga keliatannya.

  2. ane kalo bongkar2 gitu malah suka kelebihan bautnya -_-‘ ada yg lupa kepasang saking banyaknya baut…

  3. bawa ke bereslah biar diberesin….

  4. xixixixixi…gpp om arantan…kyk prinsip ane punya suatu barang klo rusak searching di google gmn cara betulin nya lalu coba buka/bongkar + betulin…lah klo final ny malah hancur ato gk beres baru bawa ke toko/bengkel utk diberesin…dgn bgitu dapat pengalaman trsendiri tnpa harus ikut kursus dan lain-lain…xixixixixi

  5. paling meyebalkan baut patah dan aus

  6. Baut patah mungkin masih bisa dibawa ke tukang las… Tapi itu juga klo bautnya masih ada nonjol keluar dikit.. Klo patahannya masuk ke dalem bingung deh..

  7. (sekarang bingung gimana ngeluarinnya?). awas jangan ngeluarin sembarangan :mrgreen:
    kalo ke tukang las mending recomendasi beres, ntar kalo korengan kaya head cilinderku ada garansi

  8. Kalo baut patah bagian dalam masih bisa dikeluarkan dengan cara tapping,bikin celah dengan mengebor pada baut tsb.kemudian ditapping.bengkel biasanya punya…

  9. kebalikan gw bos kalo bongkar pasti untung melulu…bautnya lebih, kemaren juga gw ikut ikutan bongkar CVT ternyata untuk ngeliat kanvas kotor atau tidak perlu kunci khusus buat nahan pulley belakang…jadi gagal deh…yg kelupaan nyemprotin belt dresser padahal ada, sisaan punya mobil…

  10. pulley depan dan pulley belakangnya tidak dibuka sekalian ya??

    sebenarnya kotoran / endapan juga terdapat di dalam =

    1. rumah roller di pulley depan

    2. mangkok kopling di pulley belakang

    cmiiw

  11. gua heran ko dalam mesin ada potongan baud..
    baud dari mana itu ya??

  12. saya juga mengalami masalah sperti ini, getaran saat digas yang kerasa sampai dstang, atas saran yang saya baca dari mailist SOC (skywave owner club) disarankan untuk melubangi mangkok koplingnya agar kotoran kopling bisa keluar.

    bolongannya juga tidak terlalu besar hanya beberapa milimeter saja tp ada beberapa lobang.

    setelah itu dilakukan getaran yang saya rasakan hilang (meskipun kadang2x masi suka muncul tp frekuensinya jrang)

  13. Skywave NR gue udah gak jadi stater tangannya. Ada respon didlm Batt tp hny bunyi yang gak enak gitu. Apa hrs ganti Batt-nya?? Trus klo di stater kaki, stangnya gak bisa balik sendiri. Tp kadang stangnya bs balik sendiri (tp sangat jarang). Itu gimana tuh?? Msh ada lagi nih, sering berdecit di bagian CVT. Mohon solusinya…

  14. Reblogged this on basheerabdulwahab.

  15. Ane punya masukan bro…..klu baut patah alias g bs d ambil jln 1″ nya ente bor baut yg patah ny tp jngn pki mt bor yg besar hrs sesuai baut yg patah klu bs agak kecilan……stlh d bor bersih kan lubang ny smpi derat baut yg patah bnr” bersih…..klu lubang derat yg d body kena d bor hrs d senai lg biar ada jln derat utuk baut…..itu aj masukan dr ane smoga bermanfa’at…….sallam !!!


Tinggalkan Balasan

Kategori

