Beli Piaggio, jangan sampai hilang kunci merahnya, nggak bisa di duplikasi!

Kalau kita beli Piaggio modern yang sudah dilengkapi immobilizer, kita mesti lebih hati-hati. Karena kuncinya si Piaggio nggak bisa di duplikasi oleh tukang kunci pinggir jalan! Ini karena sistem immobilizernya mendeteksi chip transponder kunci, kalo kodenya sesuai baru mesin bisa nyala. Jadi walaupun guratan si anak kunci sama persis, tapi kalo chip transpondernya nggak ada atau nggak sesuai ya tetep aja… nggak bisa contact!

Set kuncinya harus lengkap! Kalo nggak jangan beli

Jadi kuncinya nggak bisa di duplikasi? Nggak bro! Orang Italy juga sudah memikirkan kalo pembeli pasti punya kemungkinan menghilangkan kunci kek, patah kunci kek, mereka udah mikirin cara duplikasinya. Ketika baru beli Piaggio yang ber immobilizer oleh dealer si pembeli akan diberikan 2 kunci, yang sering disebut blue atau brown key dan satu lagi red key/master key. Selain kunci si pembeli juga akan diberikan key card yang mencatat nomor seri kunci tersebut. Blue atau brown key digunakan untuk pemakaian sehari-hari, tapi red key… yang seharusnya penting, malah seringkali dibuang oleh dealer! Bukan dealer Indonesia untungya, ini karena si dealer pikir nggak penting punya 2 kunci?! serius ada lho.

Kalau pakai immobilizer ada merahnya kedip-kedip di dashboard

Sebetulnya buat apa sih red key/master key ini?

Salah satu kegunaan red key adalah untuk memprogramkan duplikat kunci! Jadi begini, kita bisa saja menduplikasikan kunci Piaggio dengan kunci blank yang punya fungsi chip transponder yang bisa diisi. Tapi… ya untuk itu butuh si kunci merah ini. Satu set CDI Piaggio bisa mencatatkan sampai 7 duplikat kunci *tergantung tipe.

Prosesnya duplikasinya adalah sebagai berikut:

Masukkan kunci merah, putar on – off
Masukkan kunci duplikat berchip, putar on – off
Masukkan lagi kunci merah, putar on – off

Selesai… 1 kunci duplikat telah tercopy! Worse come to worst gimana? Gimana kalau kunci merahnya betul-betul hilang? mesti ganti seluruh starter sampai CDI! Ada juga yang menyarankan untuk ganti starter dengan punyanya after market dari Malossi yang sama sekali tidak punya immobilizer, waaaah ya sayang toh?!

Ini ada penjelasan panjangnya dari manual Vespa ET4 2001, betul sejak 10 tahun yang lalu Piaggio sudah pakai immobilizer!

15 Comments Add yours

  1. Angga berkata:

    ealah… Canggih bener!

  2. hadi berkata:

    mantaf…!! andai saja semua kunci motor dimari spt itu….!

  3. Stevan berkata:

    Canggih ya..

  4. bodats berkata:

    pantes harganya mahal…
    teknonya gak kuat booo….. šŸ˜›

  5. silver_scooter berkata:

    bisa diduplikat kok bro, ada orangnya yg bisa.. dia biasa bikinin kunci duplikat buat mobil mewah yg ada immobilizernya juga.. aku baru bikin kemarin buat MP3 krn yg jual gak bisa ngasih master keynya, tp ya lumayan muaahall.. alatnya canggih bener, cuma buat nemuinnya dia yg susah..

    1. dimas berkata:

      kunci saya hilang dua duanya, yang merah sama yang biru , mohon pencerahannya gan silver.

  6. Cicakmerah berkata:

    halah.. pusing..

  7. daris berkata:

    kalau motor produksi lokal juga pake kunci seperti itu pasti curanmor menurun šŸ˜€

  8. Az147r berkata:

    wew…satu lagi harga nga bohong…

  9. Yuda berkata:

    Saya hilang kuncinya, yang red juga gak tau pergi kemana? Harganya kalo digantu semua berapa kira2?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s