Penyetelan karburator motor matik, saya berani nyoba, Anda pasti juga berani!

Posting ini lanjutan dari posting sebelumnya tentang bongkar cover dan pengenalan karburator. Setelah kita tahu baut mana untuk apa dan toolsnya juga sudah siap, kita bisa melakukan setting karburator secara sederhana.

Untuk refresh dikit, motor yang gw pakai adalah Suzuki Skywave 125 yang setahu gw karburatornya masih standard. Gw bilang setahu gw karena gw belinya second 🙂

Kira-kira langkah yang gw lakukan adalah:

Pertamax
Besarkan setelan idle dengan memutar baut ke arah jarum jam. Sampai gasnya agak besaran aja. Setelan idle dibesarkan karena pada langkah keduax kita akan menutup saluran angin. 

Gambar di bawah adalah setelan idle yang harus kita putar

Keduax
Langkah berikutnya kita akan menutup saluran angin dengan memutar baut setelan angin ke arah kanan. Setelah mentok cepat putar berlawanan arah jarum jam. Putar berlawanan jarum jam sampai kira-kira 1.5 -2 kalian. Berhenti memutar kalau suara mesin sudah tidak bisa lebih besar lagi

Ketigax
Setelah angin sudah ketemu, kecilkan putaran gas perlahan, yang penting saat idle mesin dalam keadaan stabil.

Keempax
Setelah itu putar gas dan coba geber beberapa kali, test dulu supaya mesinnya balik dan nggak mati saat gas dilepas.

Kalau masih belum OK, bisa mulai dari pertama lagi… nyantai aja sampai ketemu. 

11 Comments Add yours

  1. zipx berkata:

    Kucingnya ikut memperhatikan penyetelan karburator juga tuh…..

  2. Jin Galon berkata:

    Kayaknya bukan untuk matic aja.. Buat semua motor bisa kok.. Asal sama2 karbu vakum (motor baru rata2 dah pake karbu vakum)
    CMIIW

    1. arantan berkata:

      TQ bro, iyap, asal tipe karbu nya sama, rasanya masih cocok bisa dilakukan.

  3. daris berkata:

    mekaniknya kucing :mrgreen:

  4. Evilnine berkata:

    Hmm…

    Feeling ikut brperan… 😀

  5. girifumi berkata:

    kalo nyetel rem depan teromol gimana om?
    monggo dishare….

  6. gogo berkata:

    pake perasaan emang yahud.. motor adalah teman

  7. noFUN berkata:

    Co-Mechanic nya seekor Kucing.. mantab.. :mrgreen:

    btw, gak dijelasin ya di atas, saat kita puter baut-baut tadi.. mesin motor harus dalam keadaan nyala atau mati?

  8. HafizhMuhammad berkata:

    mutar baut angin menutup ke arah kanan sampe mentok tu kaya ngencengin baut gitu ya? muter sampe kenceng??

  9. handi berkata:

    prmisi numpang tanya baru saja saya bongkar karbu motor hayate 125, krna sdh trllu kotor llu sya brsihkan nah stelah saya pasang lgi trus saya nyalakan ttpi tdk nyala smpet nyala tpi mati lgi trus klw d tarik gas agak ngepos lalu mati lgi kira2 ap yng prlu d cek lgi tntang karbu ithu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s