Piaggio X9 dengan ban berdiameter 14
Dari posting sebelumnya tentang Suzuki Nex, banyak teman yang bilang kalau skutik dengan ban kecil bakal kurang laku di Indonesia.
Sebetulnya skutik ban kecil itu kurang diminati karena design/styling atau karena fungsional dan kemanan yaaaak?
Ban ukuran 10 di Kymco Trend SR, kalau kata banyak penggunanya sih OK-OK aja tuh?
Kalau secara keamanan konon skutik dengan ban diameter kecil lebih rentan untuk menembus jalan keriting. Konon kalau lubangnya gede, maka ban kecil itu bisa masuk akibatnya celaka deh. Bener atau nggak? ada yang pernah mengalami? Logikana sih ada benarnya, skutik dengan ban kecil cocoknya untuk jalan mulus. Sementara di Indonesia atau Jakarta pun, dimana jalan besar seperti Gatot Subroto pun juga berlubang-lubang, maka … kemungkinan skutik ber ban kecil kurang ideal, ya kecuali si pengendaranya jago ngeles?
Piaggio LXV dengan ban 11, kira-kira gimana bakal laku?
Gw sendiri untungnya sampai hari ini pakai skutik ban kecil belum pernah jatuh dan amit-amit semoga tidak akan. Yang gw alami adalah dengan memakai ban berdiameter kecil, kemungkinan slipnya gampang, ban belakang rasanya lebih gampang terkunci dan ngesot untuk pengereman mendadak. Tapi terus terang gw belum berani menyimpulkan apakah itu cuman terjadi pada skutik gw atau lebih spesifik lagi setelan pengereman? Makanya sifat postingan ini baru nanya-nanya dan justru gw mau dapat input para bro pembaca…
Selain pengereman, kalau gas juga agak berbahaya, saat belok, jangan gas sembarangan… melintir dan slipnya lebih gampang.
Positifnya skutik jenis ini sangat lincah untuk berbelok patah, ideal untuk menembus kemacetanlah. Sementara ini kesimpulan sementara gw adalah skutik model ban kecil cocoknya untuk jalan yang cukup mulus dan banyak kemacetan atau rintangan. Ya mungkin karena jalanan perkotaan sudah semakin padat dan kedepannya makin-makin padat aja para ATPM juga menyesuaikan diri, mereka menghadirkan kendaraan yang pas untuk memberikan pilihan solusi.
Para bro, tolong share, apakah memang ban skutik harus berdiameter 14 keatas?
Soal na jalanan di indonesia buanyak lobang na.. Kalo ban kecil ada perasaan lebih serem kalo kena lobang.. Yaa walau cuma perasaan n belum ada bukti ilmiah, tp rekan2 dan kerabat smua jawab begt..xixi
klw ada apa2x di jalan susah juga cari penggantinya, wong kbanyakan make uk 14 ..
no good looking
sbetulnya sih menurut saya, matic velg kecil tuh imut banget, tapi bner2 musuhan sama jalanan indonesia yang banyak polisi tidurnya. lobang sih ga masalah.
di rumah saya ada kymco easy 100 . . . . dengan velg ukuran kecil n ban lebih lebar dari matic kebanyakan, bikin ni motor stabil banget, ya cuma masalahnya polisi tidurnya itu lho, apalagi kalo boncengan . . . .
lah…Vespa yg dari taun 60an itu bisa bertahan….diameter bannya kan kecil, tapi lebih lebar….kalo buat nikung rasanya masih aman..
ban dgn diameter kecil lebih beresiko kena polisitidur…
pengalaman pakai vespa lama, gwa suka bgt itu motor, tapi makenya harus santai nikmati, gigi 4 rpm rendah, dengerin suara mesinnya uhhhhh, menyenangkan sekali, tapi begitu ketemu dengan namanya “buru-buru” ohhhhh berubah menjadi 150 derajat (gak 180) tangan kesemutan, urat leher menegang, “urat yang bawah” kesemutan, ditambah kl ketemu jalan keriting palagi kl berlobang, banyak2 berdoa dah…
tapi gak tau juga kl pakai vespa baru, ada yang mau minjemin 1 tahun?
cocok kalau di Italia, yg jalanannya sempit sempit tapi mulus …
jalan indonesia g cocok buat ban dng diameter kecil..banyak poltid dan jalan berlobang xixixi
sebenernya sih sama saja. Dulu aku pernah punya vespa corsa n punya om px150,, ban kecil kendalinya lebih gampang daripada ban gede, braking idem sama ban gede, kalo stabilitas mungkin tinggal di rangka sama suspensi. Kebanyakan matic lokal ban 14 rangkanya terlalu lembek, jd goyang2 bgt bagian depan… beda sama vespa2 yg mantab bgt..
menurut saya, ban kecil bikin motor lebih rendah. rentan deh kepentok poldur…
jalanan di indonesia gak cocok untuk ban kecil, penuh lobang. pake mio yg ukuran bannya 14 aja udah luar biasa nggak nyaman kalo ketemu jalan keriting. apalagi yg ukuran 10
dikampung pake vespa PX, gak tau ukurannya brapa bannya, tapi lebih kecil daripada yang dipake deh….emang enak kalo buat belok patah tapi pas jalanan gak rata males euy, harus ngikut zig-zag takut kejeglong….
http://kangmase.wordpress.com/wp-admin/post.php?post=326&action=edit
untuk negara ini jelas harus minimal ban diameter 14, bahkan benernya diameter 16 lebih bagus, diameter bnyk 14 dipilih coz secara estetika lebih bagus n ketersediaan parts pendukungnya lebih banyak, tapi ring 16 jelas lebih safety, cuma gara2 gak populer secara estetika, jadinya cuma Nouvo n Skywave aja yg pake nih……..
Buat sruntulan enak tuh..
dgn keadaan pemerintah kita sekarang,jelas penggunaanx yg cocok ring 14 minimal (nah loh,pa kaitanya) xixixi….
Sebenarnya, skutik ban diameter lbh kecil tuh lebih nyaman daripada ukuran 14″ karena ukuran lebar dan ketebalan ban lebih besar shg getaran dari jalanan dapat lbh tereduksi oleh ban n ga lgsung d terima pelek
Ban diameter kecil Selain lebih nyaman, pelek ban juga lbh awet. Ga gampang peyang. Selain itu, ruang untuk ban belakang maupun ban dpan jadi lebih kecil shg bs d buat bagasi yg lbh lebar
Kekuranganx ban diameter kecil jelas tuh musuh polisi tidur juga lubang pada jalan. Apalagi jika lubang jalanx ada di sekitar poltud, lgsung ancur dah kolong si skutik.
well.. saya sendiri bukan pemakai skuter, tapi kalo ngeliat secara penampilan, kalo diameternya terlalu kecil kesannya jadi kayak motor maenan ato kayak motor listrik buat pembantu ke pasar..
kalau ban kecil sakit banget kalau masuk lubang. jeduk!!
Yang gw alami adalah dengan memakai ban berdiameter kecil, kemungkinan slipnya gampang, ban belakang rasanya lebih gampang terkunci dan ngesot untuk pengereman mendadak.
===============================================
D-Tracker 150 juga begitu..
cocoknya buat dijalanan kota yang mulus atau bersantai ria, tp keren juga si designya menurut ane
nikungnya ngengsot…..
http://dewataspeedblog.wordpress.com/2011/04/06/hidup-tanfa-koneksi-internet-serasa-gilaaaa%E2%80%A6/
yup bner bos yg 14″ aja susah ngeremnya apalagi yg kecil….BTW bos kenapa berita ATPM lain kayak kena skors ya…padahal lagi rame lho…pengen juga baca ulasan2nya dari blog ini…
pengalaman saya, tidak ada masalah dengan ban kecil. kalau soal ground clearance, justru motor dgn ban kecil ground clearancenya paling tinggi, contohnya piaggio zip dan kymco like. PCX yang ukuran bannya 14 saya pikir ground clearancenya sangat rendah, belum lagi shocknya yang terlalu empuk, membuat PCX sangat gampang tersangkut di polisi tidur.
semuanya kembali ke designer motor, jika ingin membuat motor dgn ban kecil, satu-satunya jalan adalah dengan meninggikan ground clearance…. so, ban kecil maupun besar… no problemo!!! 😀
sebenernya keren desainnya.. tapi ya itu , komenku kayak temen2 yang laen
hmmm iyah brow musuhnya jalanan lubang, tapi kalo buat berkelak kelok ok punya neh…barusan saya jadi korban tuh di lohbener-indramayu….salah juga sih pake acara ngebut ngikutin bis..hehe eh pas kenceng2 nya ada lubang gede ET4 terperosok deh…serong ke kanan serong ke kiri (OVJ baget) hehehe akirnya berhenti..untung gak jatuh padahal belakang truk..eh dudukan shockbreaker patah =(….. yeah itulah resiko skutik diameter kecil hahahahahhaha ( sok biker sih hehehe ) selamat berkendara
LXV itu dijuwal dindonesa gak sih bung? yg persis gambar diatas paling bawah?
Dijual, itu foto saya jepret di Fatmawati SUN dulu.
Cek: https://arantan.wordpress.com/2011/02/24/daftar-harga-piaggio-group/
Reblogged this on basheerabdulwahab.