Cara ngebut pakai Honda CBR 150R, jangan kaget kalau tarikan awal loyo

Jangan kaget kalau waktu baru beli Honda CBR 150R kemudian mendapati dalam keadaan standar stop and go memang tarikan awalnya terasa boyo loyo. Stop and go nya dari gigi satunya memang berat begitulah. Kecuali memang kita nekat narik gigi satu sampai RPM lebih tinggi dari 7.000. Alias bin aneh banget…. Parahnya kemudian ada aja orang yang bilang, lho kok CBR 150R powernya ternyata segini yaaak.

Waktu awal saya pindah dari Jupiter MX ke Honda CBR 150R juga kaget, kok lhaaaa…

Ya memang Honda CBR 150R bagusnya di RPM tinggi sih. Powernya baru keluar di RPM 7.000 keatas. Dari RPM 8.000 – 11.000 rasanya enak, suara memang jadi keras, tapi nggak geter kok πŸ˜› Gigi satu memang kurang OK,Β ini motor memang di design untuk RPM tinggi, yah 4 stroke dan ini motor mini, cara nariknya juga mesti ngurut. Akan susah kalau lagi jalan anteng-anteng misal di RPM 4.000-5.000 tiba-tiba ada motor kenceng lewat dan kita mau ngelawan. Dari RPM rendah mau ke tinggi rasanya berat bener. Jadi kalau memang kita lagi rencana iseng, manteng aja di RPM rada menengah, coba stand by di RPM hampir 7000 an, kalau lagi iseng, tinggal narik…. niscaya kamu bisa melawannya nak…

Cara alternatifnya lagi, memang dari awal narik terussss!!! Gigi satu pol 7.000 an, dua pol 8.000 an, tiga pol, empat pol… di gigi-gigi atas harus baru ganti gigi di RPM 10.000 an keatas, asal CDI masih ber limiter standard “harusnya” nggak meledak kok.

Di foto, motonya Bozz Leo Juragan Performa dulu, Honda Repsol Edition.

48 Comments Add yours

  1. awan berkata:

    itu yg lam ya bang..kl yg baru ap br jg karakter spt itu?

  2. az147r berkata:

    karakter overborekan…

  3. Maskur berkata:

    nais info
    yah memang rata-rata gitu kan….yang enak buat pelat ya kayak RX KIng itu

  4. sekopati berkata:

    walaupun begitu di kelas 150cc 4 tak masih yg terbaik dan jarang ketemu lawan yg sepadan…

    1. arantan berkata:

      Wah, ya iyalah πŸ™‚

      1. Jangan lupain Suzuki FXR150 ya bro… πŸ™‚

  5. baru tahu, belum penah ngetest soale…
    Kalo ntar CKD jdnya kayak apa ya?

  6. Mr_Long'S berkata:

    Karakter mesin ny CS1 banget

  7. yahonsuwakanja berkata:

    wadughhhhh….
    alamat dikecengin matic lover…

  8. a'lilin berkata:

    oh emang karakternya gitu tho. sehabis nyobain cbr temen saya sempet keheranan. katanya ini motor kenceng tapi kok tarikannya berat banget. maklum sehari2 saya pake motor 2 tak.

  9. aiefz berkata:

    Wah dapet ilmu ttg cbr lagi neeh…

  10. Old megapro juga kadang – kadang begitu, terutama kalau kampas kopling sudah tipis πŸ˜€

  11. kayak fu, sering diasepin sama matic, mx, dll kalo baru start di lampu merah. mesin yg over-bore spt gitu ya?

    1. arantan berkata:

      Ya kalau seperti matic mmg jagonya stop and go πŸ™‚ Tapi coba jarak jauhan dikit deh πŸ™‚

  12. daeng.if berkata:

    wah tambah seneng ni sama ini warung banyak bahas cbr. motor yang di tunggu di 2011.

    berarti ini persis motor abang ane yang FXR, kebetulan nyeplak vixion jadi pas bawa FXR di jakarta, lepas lampu merah kok motor ini tarikannya lambat dalam hati. ga lama abang ane bilang ini motor DOHC bung, kalo oper gigi jangan terlalu rendah RPMnya jadinya lelet, kalo oper gigi di suruh di rpm 8000 atau 9000. waktu itu gw ga nyadar ternyata red line FXR ada di 13.000 kalo ga salah (teringat lagi deh 11-12 sama si ijo 150r rpm red linenya juga segutuan mirip FXR)

    kalo cbr red line RPMnya 11.500, R15 10.500, vixion 10.000, byson 9000

    ninja 250 berapa yah?

    1. arantan berkata:

      Sama dengan CBR di 12.000 lah kira-kira.

      1. azizyhoree berkata:

        betul kata mas arantan, mas daeng.if
        , 12000 masih mampu kalo std, kalo ganti CDI, dijamin bablas ke 13000 enteng πŸ˜€

  13. daeng.if berkata:

    berarti yang punya warung nih selalu naik kelas

    mx – cbr 150r – ninja 250r
    sekarang apa nih, denger2 mau pakai abcdefghijklmnop? (edited)

    1. daeng.if berkata:

      skywave bro…baca juga dong artikel matic yang punya warung (jawab sendiri)

    2. arantan berkata:

      Maap gw edit…. he he he.
      Kalo blon pasti barang ditangan pamali untuk disebutkan bro … yah semoga amien ajaaah πŸ™‚

      TQ very much.

  14. sayabukanfbyataufbhsayanetral berkata:

    bikin artikel cara ngebut pakai mx mas, yg non alay.

    1. arantan berkata:

      Gw nggak gitu inget waktu pakai MX.
      He he yang gw inget lumayan ngebut, plintiran gas berat/keras banget, terus nabrak orang sampai mental pakai MX.

  15. Kyoghi berkata:

    karakter sirkuit ni, kalo di jalan ya yg anteng2 aja dhe, jgn ngebut2, klo ada waktu aja sekali2 diajak ngetrack di sirkuit beneran (tapi selain di sentul mana ada lg sirkuit bagus ya???)

  16. samsuddin berkata:

    maapnih,ganggu obrolan,lampu depan cbr saya retak di mana bisa belinya, dan adaga yang jual mikanya aja ?

    1. azizyhoree berkata:

      mau bro pesen lewat ane? hmmm rada mahal tapi, kudu kanan-kiri πŸ™‚ harga bisa dibicarakan πŸ˜€

      ato kalo mau transaksi online kesini aja :
      http://www.tokospareparts.com/

      1. samsuddin berkata:

        tolong di bantu dong mas,,,,caranya gimana?

    2. azizyhoree berkata:

      oiya bro samsudin, maaf, saya bacanya kurang teliti, situ mau cari mika nya doank ya?….., wah ya saya maksud beli nya utuh 1 unit head lamp sich, bentar dech saya cariin info nya πŸ™‚ barangkali ada ,

      nitip ya mas arantan:
      http://azizyhoree.wordpress.com/2011/01/05/suzuki-drz-125-l-tandingan-klx-150-komporin-suzuki-biar-bangkit/

  17. azizyhoree berkata:

    itulah kekurangannya sering kali pemakai motor laen panash dengan pengguna CBr , padahal 8000-9000RPM nya CBR itu masih tergolong jalan kalem2 :mrgreen:

    untuk mengobati kekurangan itu silahkan ganti karbu vakum nya dengan type keihin PE 28 NSR , pasti mak nyrroooot :mrgreen:

    http://azizyhoree.wordpress.com/category/serba-serbi-cbr-150-r/

    1. arantan berkata:

      Bukan kekurangan lah.
      Memang karakternya aja begitu πŸ™‚

  18. asmarantaka berkata:

    emang terbukti kencenggggg…..mantep :mrgreen:

  19. robotic_munky berkata:

    hehe, pertama kali bawa cibi-er saya juga ngerasa gitu . . .
    kok lemot parah banget ya ni motor . . . perasaan si supri masih lebih enak . . .
    eh ternyata kesalahannya ada dicara bawa, saya lebih suka pindah gigi di rpm tengah, klo bawa ni motor klo mau santai shift-gear nya di 5rb-8rb, klo ngebut ya shift-gear di atas 8500 hehehe . . .

    1. robotic_munky berkata:

      tambahan lagi, jangan maksain gear 1 smpe rpm tinggi, ga ada gunanya, bahkan bisa malu2in, koz suara berisik tarikan ga ada . . .

      mulai narik gas di gear 2 klo ga 3 lah . . .

  20. martini berkata:

    cbr cara bawanya harus kejam…kalo cuma pake di 5000 rpm bawa supra fit ajah…hehehe…kayak begawan!!

    1. widnug berkata:

      SEPAKAD banget sama komentar ini

  21. kodokijo berkata:

    Ngomongin mesin DOHC… jgn lama2 main di gigi 1 dan 2, begitu udah nyentuh gigi 3 apalagi gigi 4 dijamin itu motor udah terbang sampe gigi 6. Mainnya di rpm tinggi melulu, jgn ladenin di rpm rendah, ajak main di rpm tinggi, biar jadinya kyk nebas tahu… πŸ˜€

  22. widnug berkata:

    Klo kebiasaan bawa motor yang powerbandnya ada di bawah dan tengah RPM…bisa di pastikan bakal bilang CBR boyo..persis seperti kebanyakan orang bilang, apalagi yg biasa bawa motor turing.

    Makanya sebelum nyemplak CBR, mindsetnya akan karakter motor biasa di ganti dulu. dan tentu kudu rubah karakter ridingnya

    Cos, CBR is not an Ordinary bike like others

  23. pbateman berkata:

    karakter overbore ya.. pantes athlete gw juga mirip2 karakternya, walaupun dalam skala yang lebih pelan dr cibie :D… tapi athlete kalo rpm tinggi geter2nya ngelebihi vibrator..hahahaha

  24. rahmat berkata:

    wajarlah kalau tarikan awal lemah kan CBR stroke-nya pendek (selisih jarak gerakan piston) kalo ga calah 47.5mm atau 4.75cm,, hal ini berimplikasi pada daya plintir mesin (torque atau torsi) tapi berpengaruh besar pada horse power

    stroke pendek(short stroke) biasanya ditanggulangi dengan penggunaan 2 silinder atau lebih, chasis yang ringan, dan variable valve timing, turbo, high compression, cyclone mufller, dan banyak lagi

    nih, bandingin ama panjang stroke motor lain
    suzuki satria/thunder/shogun 110 —48.8mm
    shogun 125—55.2mm
    mx—58.7mm
    mio,jupi,vega,xeon,byson,—57.9
    scorpio—58mm
    megapro—57.8mm
    suprax125—57.9mm
    vario dan semacamnya —55mm
    revo,blade—55.6
    ninja 250 v twin —41.7

  25. rahmat berkata:

    o iya kawan-kawan,, itulah sebabnya knalpot CBR lubangnya kecil kayak motor 100cc,, kalo diganti yang free flow jadi tambah lemot…”JANGAN PERNAH GANTI KNALPOT GEDE BOLONG”,, klo pengen ganti knalpot yang bolongnnya gede wajib knalpot itu mengusung teknology ‘CYCLONE MUFLER’ atau ‘TURBO EXHAUST CASE(TEC)’ kayak bajaj pulsar,, kalo FREE FLOW motor CBRnya jadi mati gaya

    silahkan cari informasi lebih lanjut tentang teknologi mufler itu di internet

  26. Donal berkata:

    Yak, begitulah,,
    :mrgreen:

  27. yoel berkata:

    klo ngebut pake revo 110 gi mn?

  28. coretan9 berkata:

    nice post.. makasih yaa ud shering. salam kenal gan…

  29. ardi berkata:

    karakter Overbore emang kaya gitu,,,

    kerasanya digiti tinggi,,,

    coba aja bawa Smash Revo 110 R tarikan bawah geter atas bablas motor cepek jigo,,, hihihhii………….,lakh nyambungnya ke Smash,,, πŸ˜€

  30. UFS berkata:

    ga ngaruh gan.. di lampu merah ane pake CBR ane sikat semua πŸ˜€ . ga ada yang bisa ngejar gan kecuali ninja rr & ninja 250r πŸ˜›

    1. Jefri berkata:

      ya dilampu “merah” om…. Coba lampu “ijo” beda cerita hahahaha
      kidding

  31. rahmat berkata:

    atas ane cbrnya kayanya masih pake knalpot ori…makanya tarikannya masih oke…CBR+FREE FLOW=LOYO , CBR+KNALPOT ORI=OKE, CBR+KNALPOT CYCLONE 3 PUTARAN=SUPER

  32. ardiyos berkata:

    motor yg cocoknya untuk dijalan datar dan minim belokan (kayak sirkuit). klo turing kelamaan narik ya keburu ditabrak bis malam duluan dari arah berlawanan lah… apalagi klo jalanan naik turun mepet2 mati gaya doang, mau nyalip eh jarak kurang jauh buat ngail speed, macet apalagi, alhasil saingan sama matic, sama2 ngeden mesin meraung ditanjakan tp disalip sama motor butut warga lokal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s