Honda CBR 250R pakai Combined ABS, teknologi pengereman tercanggihnya Honda

Kalau ABS nya aja = Anti Lock Bracking system, suatu sistem yang terdiri dari sensor untuk mendetect putaran roda. Jika roda terlock waktu pengereman (skid), maka si sensor akan langsung merelease dan mengerem lagi. Tujuannya supaya kendaraan apakah itu motor atau mobil tetap terkendali.

Sementara untuk combined nya kita lihat aja sistem pengereman CBS di Honda PCX atau Honda Vario ber CBS. Umumnya kalau kita mengerem motor yang bekerja adalah terpisah, rem depan atau rem belakang saja, tapi dengan sistem combined, rem akan bekerja sekaligus depan-belakang. Kalau combined braking di PCX ada sensor-sensor rumit yang mengatur saat kita memakai pengereman dobel itu, yang ter rem duluan selalu roda belakang – baru diikuti pengereman roda depan…  ini aja udah canggih…

Sedangkan nantinya Honda CBR 250R akan memakai gabungan sistem kedua-duanya, ya ABS ya combined, jadi namanya ABS combined system. CBS + ABS jadi CABS kali ya? Combined Anti Lock Braking System.

Anyway teknologi yang masih terbilang baru gress dari Honda ini bakal di aplikasikan ke Honda CBR 250R. Kalau kita lihat di sini yang dipakai sebagai motor picture book tentang teknologi terbaru dari Honda ini adalah Honda CBR 600. Sistem ini memang tadinya dikhususkan untuk motor supersport dengan karakter motor wheelbase pendek, agility dan powerfull. Tapi untungnya sistem itu pun juga sudah diturunkan ke Honda CBR 250R!

Teknologi world’s first bakal di pasang di Honda CBR 250R!

Iklan

13 Comments Add yours

  1. boleh lah pertamax disini,,,
    CBR1000RR udah pake C-ABS lho, gimana lagi tuh??

  2. Yang CBS aja belum nyoba, makin Hitech aja nih… baguslah, tapi kenapa CBS belakang duluan ya, prosentasi pengeremannya berapa ya bro..?

    1. arantan berkata:

      Ada sensor elektronik untuk detect itu. Presentase pengeremannya nggak konstan antara rem depan dan belakang.

      Timing pengeremannya pun juga nggak konstan, semuanya tergantung deteksi, hard braking atau ngerem alusss….

      1. kentadis berkata:

        dulu prnah dliatin skema pengereman CBSnya vario techno sm mekanik honda. Pada rem alus n ‘agak’ keras, porsi pngereman banyak di blkg. Trus harus di bantu sm rem dpan. CMIIW
        Tapi kalo pada sportbike kayaknya proporsinya bnyak ddpan, lgian CBS/C-ABS nya di rem dpan. Kalo di matik kan di rem blkgx

  3. Dani berkata:

    FBY commentnya… silahkan…

  4. Pak Wandi berkata:

    Honda memang oye ya gan.

  5. Maskur berkata:

    wah kalo itu diterapkan, berarti sudah MENGAKUI konsumen indonesia

  6. lekdjie berkata:

    yg pnting,kpn njedulnya?

  7. anto81x berkata:

    Kalau di amati lebih meluas, ternyata Honda selalu mengedepankan teknologi keamanan pengendara ya…
    Titipan Link: Tragedi anak SMA

  8. Cicakmerah berkata:

    wah mantap bener dah ni honda… safety nomor 1, stlye nomor 2, top speed? hmm, di sirkuit aja deh, klo warga sipil ga perlu.. yg penting safety… One Heart !!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s