Gw kerja di Corporate Communication (juga)

Inilah gw, moto bareng temen sekerja di Corporate Communication,  XL. Gw yang cowok paling kanan. Kalau dari kiri ke kanan ada Henry, Manager Public Relation, Tetty everyone’s right hand girl, Husni di Public Relation juga, yang tengah Ira bossnya Corporate Communication, Siska bagiannya tanggung jawab sosial termasuk ke event corporate terus gw bagian e-media dan terakhir paling kanan adalah Vivin bagian Public Relation juga.

Foto ini diambil di lantai 8 Menara Prima, Mega Kuningan sekitar Agustus 2010, waktu itu ada sesi foto resmi, kita-kita nebeng aja mumpung lighting dan fotografernya sudah ada. Sebetulnya corpcomm XL full team saat ini 11 orang, jadi selain dari yang beruntung di foto masih ada 4 orang yang nggak ikutan di foto. Termasuk yang nggak di foto adalah Deje, boss gw Communication Services manager.

Anyway busway…

Sebetulnya apa sih kerjaanya Corporate Communication?

Bikin-bikin relase? Jalan-jalan sambil ngobrol ngalor-ngidul sama rekan media? em… ya… sebagian bener juga… Tapi itu sebagian kerjaan. Saat ini dunia Corporate Communication terus bergerak mengikuti perkembangan jaman termasuk trend beserta teknologinya. Kalo mau gw jelasin satu-satu pekerjaan dan tugas teman-teman satu corpcomm bisa-bisa nanti bikin buku research panjang… jadi pendeknya gini…

Corporate Communication tugasnya menyuarakan segala sesuatu tentang corporate ke public. Suaranya adalah suara yang seputar perusahaan, tapi tugas utamanya adalah bukan menjual. KPI corpcomm biasanya soal image perception, ujung-ujungnya gimana pandangan publik terhadap perusahaan. Indexnya apa? ya ke brand, ya ke service ke product ya ke customer satisfaction, complain, publication, share of voice – positive tone – negative tone? Beberapanya

Kalau mark comm beda… KPI utamanya lebih ke sales atau penjualan suatu produk dan layanan. Markcomm pun juga kena KPI soal image perception walau utamanya bukan disitu. Ukuran Mark Comm juga ada ROI, atau return of investment. Setiap yang dikeluarkan harus kembali ke perusahaan.

18 Comments Add yours

  1. blognyamitra berkata:

    Kalo lg stres di ktr, tinggal jln2 nyebrang ke Mal Ambassador hehehe…

  2. nunoe berkata:

    XL??wah..tetangga :mrgreen:
    dulu waktu baru lulus ngelamar di XL, tapi gak lolos…

  3. Maskur® berkata:

    Wah aku juga di telekomunikasi, tapi bagian mbangun2

    1. arantan berkata:

      Ya nggak ada komunikasi kalo nggak da BTS nya bro, he he he.

      1. Maskur® berkata:

        Mmmm…hehehhehe bener juga….
        **berarti masih dianggap**

  4. sofiyan berkata:

    ngitung kpi berdasarkan image… susah juga ya…menilainya
    untung saya lebih mudah… berdasarkan sla,skrip,proggram

    1. arantan berkata:

      Wah gw malah kalo scripting bukan khusus dunia gw jadi bingung gimana ngitungnya ya? he-he-he. Abis UAT, serah terima, maintenance sudah ya? Gimana ngitungnya untuk penilaian?

      Ya kalau berdasarkan image gampang-gampang susah kok. Kalau online/www sudah banyak toolsnya dan langsung bisa real-time terukur, sedangkan kalo perception/image lebih ke perception masing-masing stakeholder. Baiknya melakukan survey, paling nggak harusnya setahun sekali.

      Juga ada cara pengukuran perbulikasi di banding effort yang dikeluarkan.

  5. sofiyan berkata:

    mega kuningan juga bro…
    bikin kopdar … hehehe

    1. arantan berkata:

      Sering kopdar-an di Mega Kuningan Timur?
      Yang suka di sana prides, suzuki two wheels, dll… Kaskus juga rasanya pernah ngumpul disitu.

  6. asmarantaka berkata:

    weww…makanya sibuk selalu..xixixiix :mrgreen:

  7. wahyu am berkata:

    boss nya cakep om… hihihihi

    😆

  8. abang berkata:

    salam buat bossnya ya…:)

  9. Eka berkata:

    Numpang nanya gan, untuk jadi bagian corporate communication staff keahlian yang dicari apa ya? Lagi lirik2 loker corporate communication nih, hehe background kuliah sih pendidikan bahasa Inggris tapi pernah di media masa 2 tahun. Di share ya gan. makasih 🙂

  10. robin berkata:

    mw tanya,sy lagi bikin thesis ttg pengaruh departemen corporate comunication terhadap image perusahaan,bisa bantu teori ttg corpcom dan apa beda corpcom sama PR,thx

    1. arantan berkata:

      Boleh di japri saja mas, saya bisa di email di sarantos@xl.co.id.

      Kalau pengaruhnya corpcomm terhadap image perusahaan tentu besar karena memang tugas utamanya corpcomm ya untuk menampilkan citra perusahaan yang positif.

      Kalau di XL, ada Corporate Communication yang di bawahnya ada PR dan Communication Services.

  11. adi berkata:

    numpang tanya,posisi gw baru nih di corcom skrg lg bingung hrs gmana?krn kurang pengalaman….bisa ksh contoh yg spesifik tentang membangun image perusahaan,dan apa aja yg hrs di lakukan seorang corcom thx ya…

    1. arantan berkata:

      Pekerjaan corpcomm biasanya di bagi-bagi lagi bro. Misalnya ada unti PR, yang membina hubungan dengan wartawan, pembuatan release perusahaan… baca koran, TV, radio? itu juga jadi kerjaan PR. Kemudian ketika terjadi krisis komunikasi, corpcomm juga yang harus maju. Yang barusan saya sebutkan adalah external, selain itu juga ada internal communication, kalau karyawan perusahaan sudah berjumlah ribuan, bagaimana para karyawan tersebut bisa cepat mengerti dan paham apa yang dilakukan perusahaan?

      Belum lagi… CSR, CSV, digital media, sponsroship dan aktivasi lainnya.

      Bro sendiri di tugaskan corpcomm di bagian apanya? Pasti sudah ada tugas-tugas, peruntukkan dan target yang di berikan perusahaan.

  12. benny berkata:

    pak, apakah kegiatan CSR juga tanggung jawab dari Corp Comm?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s