Beda Honda CBR 150R vs versi sebelumnya, apakah kemunduran?

Waktu ke JMCS 2010, tentunya gw juga ngeliat Honda CBR 150R, motor yang di pasang bersebelahan dengan kakaknya Honda CBR 250R ini di pasang dengan warna merah juga, sehingga serasi dengan seragam para wanitanya AHM dan juga keseleluruhan boothnya Honda. Sepintas dari mesin yang gw lihat New Honda CBR 150R ini plek-plekan sama dengan Honda CBR 150R sebelumnya yang keluar tahun 2003-2007. Begitu juga dengan rangka, masih tetap menggunakan delta box gede, ergonomic posisi stang dan footstep pun kelihatannya persis sama.

Gambar atas, foto CBR gw dulu waktu di bengkel Performa, Juli 2007

Tapi selain mesin, rangka, velg, semuanya beda. Dari depan sampai ke belakang, soal fairing beda total, sampai ke tangkinya, bahkan ke knalpotnya. Design new Honda CBR 150R dan Honda CBR 250R memang segaris dengan Honda VFR 1200R, bahkan kalau gw bilang terlalu segaris. Sebetulnya Honda masih bisa bermain dengan kreatifitasnya sehingga si motor bisa tetap Honda tapi nggak usahlah dibuat sama persis.

Beberapa what I love about the old Honda CBR 150R, hilang pada new Honda CBR 150R. Yang pertama tentunya garis design yang sekarang lebih tampak dikit “touring” daripada dulu. Kalau yang dulu kesannya sporty abessss! sementara yang sekarang rasanya lebih ke elegance yang dikejar. Mungkin pertimbangan untuk mengejar market lebih besar?! kebanyakan lebih pingin motor elegan untuk digunakan harian.

Padahal kalau dilihat boss fireblade 1000 cc, si mata belo itu punya design yang sudah dekat dengan Honda CBR 150R (yang lama), sama-sama punya mata belo. Tinggal tambahin lobang angin di bawah lampu. Bagi gw pribadi tentunya lebih bangga punya motor yang dekat dengan CBR 1000R daripada Shamu VFR 1200. But that is just me.

Kalau gw jadi designernya gw akan beberapa keputusan ini…
Design lampu tetap bulat, ambil CBR 1000R atau malah menyipit model CBR 600R
Body memang sedikit dibuat lebih kekar dan lebar
Lampu sein dan belakang dibuat LAIN dari yang sekarang, maaf aja lampu remnya yang sekarang NGGAK banget deh. Terlalu seperti motor road bike.

Intinya it is supposed to be a racing bike! jangan di kalemkan.
Harusnya dibuat se sangar mungkin.

Posisi di marketnya pun kemungkinan akan ambigu kalau dengan design begini, tabrakan dengan New Mega Pro – Tiger, belum lagi soal harganya, AHM toh sudah punya motor road bike, Honda CBR 150R tidak perlu latah mau jadi road bike juga. Lagi-lagi ini pendapat gw pribadi, mantan penunggang CBR 150R, gw nggak pegang statistik penjualan Thai secara worldwide termasuk di Indonesia, apakah Honda CBR 150R laku disana? Harusnya sih iya ya? di Indonesia aja masuk banyak lewat importir umum kok? wong copy-annya dari Minerva-Vertex dan lain-lain juga banyak? Artinya design dulu sebetulnya diminati…

Iklan

27 Comments Add yours

  1. el barto berkata:

    betul desainnya agak kurang pas kalau menurut ane.
    orang indo ada yg suka tampilan sporty n ada yg suka tampilan elegan.
    sy rasa yg type ke 2 ini yg bakal ambil cbr ..

  2. fey berkata:

    klo menurut sy justru cbr yang sekarang jauh lebih bagus dari versi sebelumnya, cuma knalpotnya saja yang sy kurang suka.

  3. sama, bentuk headlampnya aja yang saya gak suka…
    masalah lain sih oke,,, + fairing depan kurang lancip seperti fireblade

  4. sampah berkata:

    desain yg lama cungkring kekecilan

  5. Care berkata:

    Bagus kan dr sbelumnya….perpaduan antara sporty n elegant.
    Yang biru mantap tuh…

  6. Kop.plax berkata:

    Kalo soal futstep boncengernya?hmm..

  7. Widnug berkata:

    Salam sesama Mantan penunggang CBR mas

    Tp gw ga bilang ini kemunduran, namun juga ga bisa bilang kemajuan…heheheheh

    Yup..Honda memilih semi sort-touring maksudnya memang agar lbh nyaman di kendarai…dah ngerasain khan CBR lama ridingnya emang plek sama motor balap…jadi klo buat jalan jauh apalagi jelek, sampe tujuan kudu manggil tukang pijet..heheheh

    Tapi kemajuan sih ada di bidang mesin…Injeksi, Piston Forged mah klo beli printilan muahal harganya

    1. arantan berkata:

      Kalo pegel-pegelnya sih…
      Gw rasa sama, tinggi + posisi stang, jok, footstep kurang lebih sama kok.

  8. hendry berkata:

    cbr dulu kurang gizi makanya ama honda di sesuaikan dgn perubahan jaman gitu

  9. ting_tong berkata:

    setuju banget sama anda….saya akan mencoba jujur, cbr yang baru ini memang keren abis, shape2, lancip….tapi entah kenapa saya gak tertarik……saya ga suka lihat kepalanya (yang meskipun emang, keren banget) ada rasa VFR, DN-01..ini aneh, sebab jujur, yang wajar kan keren trus suka…ini memang keren, tapi saya ga tertarik tuh…..saya lebih suka yang dulu, saya senang lampu bulat 2 biji di belakang ala NSR, dengan layout rear lamp seperti altezza, meskipun…ehem…kalo boleh jujur, desain yang lama memang sudah ga valuable lg….banyak tiruannya…..satu sisi memang enak jadi ada substitute untuk bodi, satu lg ya murahan jadinya…..yah dianggap gini aja, yang lama dibawa ke sentul en yang baru ke starbak….

  10. Awakku berkata:

    ho’oh… ada sedikit kecewa (sedikit seeh), kenapa body plastik dan lampu2 yang 250 = yang 150.
    Memang sedikit beda di position lamp. tapi, Imho, mungkin akan lebih puas, kalo dibikin beda, 150 lebih racy, yang 250 lebih elegan.

    tapi overall cukup puas lihat body cbr 150..

  11. edi berkata:

    Buat New CBR 150 tinggal ganti pake sendalpot racing. AFR-nya ditambah (semacam naikin CO pd vixi). Udah pasti air filter pake yg racing. Trs turunin gear belakang 2 mata. Biar top speed standar yg masih 150 km/j bisa tembus 165 km/j…. mak nyussss

  12. ewiend_RR_BLACK berkata:

    cbr 1 cungkring.. yg baru aneh.. bodi blakang lebih mirip sama cs1 cuma beda di lampu blkng aja…knalpot juga kurang enak di liat.. kalo mau tampilin semi touring lebih enak kaya model2 tiger atau mega pro.. lbih enak diliat dan tambahan box kanan kiri memberikan kesan garang… monster energy lah kesanny

  13. retno berkata:

    klo menurut w nie body cbr yang baru keren nich kekar berisi tapi stripingnya itu yang kurang sama klo menurut w lampu belakang pke lampu ala CBR 1000RR ja keren tuh…. Sama headlamp pke CBR 1000RR ja dengan bodi se kekar ini beh elegant nan sporty….
    Tapi kea gini ja juga pasti laris

  14. retno berkata:

    klo menurut w nie body cbr yang baru keren nich kekar berisi tapi stripingnya itu yang kurang sama klo menurut w lampu belakang pke lampu ala CBR 1000RR ja keren tuh…. Sama headlamp pke CBR 1000RR ja dengan bodi se kekar ini beh elegant nan sporty….
    Tapi kea gini ja juga pasti laris….

  15. edo berkata:

    Yang penting…HAPUS pajak barang mewah. Udah gak jamannya lg ada pajak barang mewah sekarang. Jd mau impor gak masalah…lha masih dlm jangkauan daya beli org indonesia gt.
    Bayangkan…harga new CBR 150 di tailand cm 22juta (dirupiahkan)…tp begitu masuk indonesia lewat IU melonjak jadi Rp 42 juta. Gila..!!!
    Terus sispa aja penikmat pajak itu??? bayangkan skrg msh terjadi kebocoran pajak sebesar 40%
    Kalo new CBR 150 bisa dijual murah,maka banyak yg beli. Shg pemakai akan membeli pertamax plus. Shg program pembatasan BBM subsidi bs terbantu….xixixixi… Msh msh mimpiin new cbr 150 pake premium bs ga ya??

  16. remza berkata:

    IA AQ GK SETUJU BANGET………motornya malah mengalami kemunduran, dan kurang bisa menarik selera!!!!!!
    1. mesin pake karbu! otomatis lebih boros ketimbang sesamanya yg pake injeksi
    2. tempat duduknya sama yang di bonceng juga jelek….. gk berdesain, kesannya basi gk bermodel dan gk berselera nak muda! harusnya kayak yang dulu
    3. lampu belakang juga harus sport, jangan kayak gitu donk kayak tempo doloe, begitu juga dengan lampu belakang, pokoknya bagusan yang dulu
    4. posisi pengemudiannya juga jangan kayak naik motor thunder tw megapro!, kesannya seperti hanya untuk orang tua dan bukan untuk anak muda yang bersifat liar dan sport( model kendaraan, posisi setang motor, dan dudukan perseneling kaki, dan posisi tubuh saat berkendara)pokoknya beda ma yang dulu
    5. model sih memang harus diperbesar karena banyak sekali orang yang kepengen tapi untuk tubuh dengan tinggi > 170an uda terasa kekecilan motornya apalagi yang tubuhnya agak berisi!!!!! hanya saja kesan yang lama uda berubah sporty, liar, dan keren uda di rombak abizzzz….. motornya keliatan gk padat,gk keren, and gk berisi jadi aih,,,,,,,,pengguna cbr setia gk mungkin mencari ini, jangan arep kecuali yang emank doyan basi
    6.tenaga memank harus 150…. kenapa? berkesan irit tapi bertenaga selain itu harusnya menggunakan injeksi,,,,,indonesi terkesan macet tiap hari…..bbm gk pernah stabillll ini alasan utamanya

    jadi seandainya semua ini diperhatikan>>>>>>BEWEWH!!!!!! ini adalah motor pilihan dan persaingannya BWWWWWWEEeeehhh…gk usa di tnya lagi….irit, bertenaga, liar , sporty, mantap, keren……..yahhh hanya mewakili pikiran orang di kalimantan aja!!!!!

  17. adi putra berkata:

    daftar harga nya mana gan?

  18. ikip berkata:

    ah,,, ya mendingan cbr baru atuh dari pada yang dulumah udah bosad jadul,,,gak usah komen kalo gak suka mah gak usah beli apa susah nya,,,, ckkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk

  19. Djiponk berkata:

    Klo menurut saya, New CBR desain bodynya kalah ama Minerva 150Vx . . .

    1. sopo berkata:

      ya beli aja bodinya tak usah beli mesin. bawa tuh body kmna mna.

  20. CBR LAMA berkata:

    mahalnya 33 jt…

  21. Sigit Herbal berkata:

    Honda Ga Bisa di samain Ma Minerva bos..

    Kalo Menurut Ane 1 yang bikin nyesek hati.

    HARGANYA MAHALLL..
    coba kalo 20jt an dah laris manis ni motor.

  22. Ilham berkata:

    bang, rangka honda cbr 150 lama apa sama dgn rangka LS 125 ?

  23. Mang Oded berkata:

    da aku mah apa atuh cuma bisa menunggangi Honda Astrea tahun 1998…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s