Oleh: arantan | Juli 19, 2010

Cara kerja motor matic dengan CVT

Gigi belakang sepeda, dari kecil ke besar yang bisa diganti. Kalau tanjakan pakai belakang radius gede..

Motor matic biasa memakai CVT atau Continuously Variable Transmission, yang memungkinkan motor bisa bergerak dari kecepatan rendah ke kecepatan tinggi, tanpa memerlukan berpindah-pindah gigi, di mesinnya pun matic tanpa menggunakan gear. Sebetulnya semua motor hampir sama aja dengan prinsip sepeda, kalau sepeda bergigi punya beberapa set gigi depan dengan berbagai radius dan set gigi belakang yang juga mempunyai beberapa radius.

Pada matic pun prinsipnya kurang lebih sama! yaitu crankcase, mesin (tempat genjotan) muterin roda, yang dihubungkan dengan sebuah rantai.

Pada motor matic ada 3 benda: 2 roda, satu roda drive pulley di bagian depan yang nyambung ke mesin (crankcase) dan roda belakang driven pulley (pulley yang di drive) yang satu as dengan roda belakang. Kedua roda tersebut dihubungkan sesuatu, CVT belt/V-belt atau rantai, yang berarti harus terjaga tingkat elasitasnya.

Saat “low gear” atau saat baru berjalan, radius drive pulley kecil, sedangkan driven pulley besar. Sementara saat “high gear” adalah kebalikannya, radius drive pulley jadi membesar, driven pulley jadi mengecil.

Ini ada movie dari youtube berikut penjelasannya, semoga bisa dilihat.


Responses

  1. Pertamax diamankan. . .!

    Bisa diartikan gigi dimtor matic berada di sudut puliny ?

  2. Number 2

  3. ooo..gitu to, jadi jelas banget lihat gambar yg diatas….makasih artikelnya mas,,

  4. IMHO
    Actualy ini bukan motor matik, tapi motor dengan transmisi cvt, yang memanfaatkan gaya sentrifugal untuk merubah diameter pulley.
    Beda dengan matik yang sesungguhnya, yang cara kerjanya tetep pakai gigi rasio, tapi pindah-pindah giginya secara otomatis, menyesuaikan beban dan kecepatan
    CMIIW

  5. emang beda yah “motor matic CVT” ama “matic biasa”..?

    • matic di mesin mobil masih ada gigi rasio dari gigi 1 – 4
      lha kalo motor mio , vario deleel gak ada, perubahan kecepatan hanya memakai perubahan perbandingan pulley depan dan belakang.

      coba antum pake mobil matic, misal crv matic, kalo gas dibejek abis, masih akan terasa hentakan perpindahan gigi, sebaliknya kalo naik mio atawa vario… percepatannya akan smooth…

      CMIIW

  6. like this :D

    CoPas ya Gan :malu

  7. saya baru tau ni
    salam kenal ya

  8. cama saya jg baru tau, makasih buat yg mpunya blog…

  9. mio saya pake per automatic ukuran 20.000 rpm

    depan apke lorel 8 gram

    piston neotec

    larinya tambah ngabret

    • . gmna cara buat motor fizr dan spin bisa kencang berih solosi…?
      . by ian aditya…tnggl d kota makassar/…?

  10. […] gw pernah posting seklias tentang cara kerja motor matic di sini. Pendeknya kalau motor matic yang pakai CVT ada dua roda penggerak, yang depan nempel ke mesin […]

  11. […] Part 1 Part 1 ini pun juga kelanjutan dari cara kerja motor matic dengan CVT di sini. […]

  12. boleh minta ukuran skalanya g……….

  13. Kenapa y motor matik saya (mio) pd saat LOW GEAR/ baru jalan,,kayak motor yg ada kupling nya,,tp ga kepencet smua kuplingnya,,,kyk mau mati (gambaranya kyk gitu),,apa ada mslh dr kampas otomatisnya,,???jd ga enak bgt klo lg di pake low gear/pelan

  14. saya ingin mio th 2009 saya dimodifikasi sehingga larinya maksimal 40 km perjam seperti motor 50cc. krn kebutuhan untuk dipakai istri (baru bisa naik motor/bini takut moyor yg kecang)bagaimana supaya mio tdk lari kencang.


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 246 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: