Oleh: arantan | Februari 15, 2013

Naik kopling aman saja kenapa naik matic bisa ndlosor?

Untungnya sayat tidak pernah jatuh naik matic.
Sekali nabrak orang pakai bebek sampai mental.
Beberapa kali jatuh naik Ninja.

Naik motor kopling memang *harusnya* lebih sulit dari naik matic. Contohnya di lampu merah, kaki-tangan semuanya mesti main: Tangan kiri mesti nurunin gigi untuk engine brake, tangan kanan ngerem depan, kaki kiri ganti gigi, kaki kanan ngerem juga. Belum lagi kalau mau ngeblip sambil nurunin gigi.

Kalau naik matic pas lampu merah ya tinggal ngerem remes aja juga cukup sih. Kaki full bebas. Sampai ada yang pernah bilang kalau sampai jatuh naik Mio, itu pengendaranya pasti sudah bener-bener bodoh! Mio juga pendek, deket sama bawah kok.

Tapi kenyataannya ada juga orang yang sehari-hari naik motor kopling jatuh justru jatuh saat bawa matic! Ya begitulah.

Menurut saya sih, naik motor matic perlu skill set lain (*skill set lain = bukan skill lebih atau kurang) dari naik motor kopling. Memang pengoperasian motor jadi sangat simple tapi bahayanya tetap tinggi, sadarlah:

  • Matic umumnya tidak berbunyi.
    Sedangkan pengendara motor kopling terbiasa merasakan kecepatan dari bunyi mesin
  • Matic hari gini juga minim getaran. Sama juga, feeling kurang
  • Ban kecil, harus lebih pilih jalan
  • Beratnya ringan … ditambah ban ukuran kecil membuat manuvernya sangat lincah
  • Pengereman tidak dibantu engine brake, tapi sebagai kompensasinya remnya pakem
  • Rem pakem berarti remas sedikit sudah menggigit cukup dalam
    Ini pun sangat potensi bahaya karena tuas rem kopling di handle kiri jadi rem belakang yang pakem. Kopling di remas dengan kencang, sementara rem pada matic di rem perlahan. Begitu mau menurunkan kecepatan, remas rem, bahaya sekali

Yang terkahir bukan soal si maticnya sendiri tapi lebih ke penerimaan kendaraan sekitar. Contoh kita pakai motor ukuran besar, auranya berbahaya pengendara lain juga mikir kalau mau motorg jalannya kita. Tapi giliran pindah bawa motor matic yang kecil, maka kita diharuskan bersama-sama berdesak-desakan dan sikut-sikutan dengan pengendara lainnya. Secara mental bahaya, juga bahaya secara reflek.

Kalau orang bule sih bilang…

If it ain’t broke, don’t fix it.

Maksudnya kalau sudah tiap hari naik motor berkopling dan baik-baik, bahagia dan aman saja, ya buat apa ganti. :) Tidak semua orang di ciptakan untuk bermatic.

About these ads

Responses

  1. bener mas, saya mpe sekarang juga ga suka matic… walaupun kata orang ga repot n tinggal gas doank, hehe

  2. iyo bro tempo hari naik matic pas belok kiri handle kiri kepencet kirain kopling yg ada malah muter itu motor, perlu pembiasaan

  3. Waha akang ganti vario :D

  4. aduh dedenya pasti ke beratan pake helemnya :)

  5. ane jatoh dari mio pas sebulan mo kawin. satu gigi depan patah. ga lucu bgt dah. gara-garanya jalan basah, ada motor di depan nyelonong. maksut hati pengen cari rem di kaki (biasa pake motor laki/bebek), eh.. ga dapet2. akhirnya ngerem sedapetnya pake rem depan, malah nyungsep. abis jatoh baru nyadar klo tuas rem belakang di tangan kiri.

  6. Sepertinya motor dirancang untuk fungsi2 tertentu, tidak ada motor yg all round. Maka belilah motor sesuai fungsinya. Kalo cuma buat jalan deket2 dan pelan, seperti nganter cucu ke TK, memang lebih enak pake matic. Saya juga pake sport, dan waktu pertama pake matic, waktu ngurangi kecepatan untuk belok, jantung rasanya mau copot krn engine brake nggak ada, kayak kopling ditarik gitu. Trus suspensinya nggak senyaman sport. Saya bayangin kalo matic ini dipake ke Bandung dari Depok, pasti pinggang saya yg udah kakek2 ini bakal patah.

  7. kyknya sih (kyknya loh), faktor ga biasa ga maen engine break sama rem belakang yg pindah ke tangan. Saya pernah berpikir kenapa motor matik ga di-design menggunakan rem tetap di kaki saja (kaki kanan tepatnya), jadi yang main hanya tangan dan kaki kanan. kalo di skutik ya entah gimana ceritanya lah entah di dek dibikin kayak tombol gitu buat diteken kaki kanan ato gmna..

  8. Ane setuju sama ente bro….. Giliran ane pk matik malah bruaak…..

  9. atic suka kago kalo mau u turn di gas ga maju-aju jadi au u turn malah berhenti sebelum belok

  10. Dulu pernah gonta-ganti vario/tiger mmg kerasa deg2an,biasa remes kopling,eh ini mlh rem klo di metic

  11. Pengereman tidak dibantu engine break, tapi sebagai kompensasinya remnya pakem
    ===============================
    engine brake boss hehehe

    • eh iya, thank you bro

    • Dulu ngeliat matic faktor bentuknya aneh, kayak gak kokoh karena sasisnya mesti turun di bagian dek. Tapi setelah pakai matic, terasa enaknya, tinggal ngegas… bruuuuuummmm… eh.. Rrrrrrr…. :D.
      Ane sekarang pengen motor model harley davidson, tapi transmisinya matic, enak banget dah tuh… duduk nyender, setang baplang, kaki selonjor… motor apa yang kayak gitu yak…

      • VRF 1200 yg matik ada kyknya

  12. numpang share om…

    anyway, betul banged neh, terutama dari sisi gak ada engine brake, dan bobot matic yang enteng, jadi bawaan nya dan sugesti pun merasakan motor terasa melayang…

  13. jujur om, gw kalo ga salah pake matic (pp kantor rumah) itu sekitar tahun 2012, dan jujur kaget om..biasanya pake kopling atur kecepatan dan ngerem itu bisa pake brake engine, eh sekalinya pake vario 110 wush…hampir aja nabrak, untung kaki menapak sempurna dan kedua tangan langsung meremas sempurnaaaaa hahaha..

  14. pake matic dalam negeri sih…. bagaimana dengan matic luar negeri, bang arantan? yang bobotnya besar dan ada engine breaknya :D

  15. kudu lebih hati-hati

    http://belitong.wordpress.com/2013/02/15/ternyata-verza-150-menggetarrrkan-yamaha/

  16. make metik emng btuh adaptasi dikit, asyikny dipake nyantei jd klo mo ngerem lbh aman.

  17. pokoke matic bro
    sumpah

  18. Jujur saya saya dulu ga suka ama yg namanya motor matic,,,kemana mana klo ga pake mtr sport ya pake bebek,,,
    Tapi sekarang kebalikannya,kemana mana pake metik,si bebek ama si kopling jadi pajangan aja di garasi,belum tentu 1 minggu sekali di pake,
    soale simpel sih pake mtr metik menurut gw hehehe

  19. Tidak semua orang di ciptakan untuk bermatic. Contohnya ya saya ini. Tiap belok/nikung bawaannya pengen jatoh. Kaki terpaksa harus ngejejak tanah buat nahan matic supaya ngga jatoh. Kecepatan juga ngga pernah lebih dari 40kpj. Ngeri….

  20. kl menurut ane sasis yg paling ngaruh, matic sasisnya dibawah, beda sama sport, masih mendingan bebek.
    bayangin aja sepeda MTB, MTB yg tulangnya ga lurus sama sepeda cewek yg tulang tunggal melengkung diatas dikasih mesin, paling nyaman MTB yg tulang di atas fork 2, baru tulang miring, trus MTB yg fork bawah, baru sepeda mini. ga stabil di kecepatan tinggi atau stang mudah belok (enak kl pelan, bahaya kl kenceng).

  21. kok judulnya menyindir saya :P

    • Salam gubrak :)

  22. Waktu ganti metik cara ngerem berubah, biasa bawa bebek 90% rem depan, pake metik belakang 60% remes perlahan. Pokok gak digeber over 60 masih enak metik. Kalau buat turing sih enak juga asal rombongan pake metik, kalo yg lain pake batangan ya wassalam ketinggalan.

  23. Memang perlu pembiasaan.
    matic lebih susah berhenti.
    Yang jd masalah adalah skill, memang matic mudah. Karena mudahnya ini membuat orang NGGAMPANGKE.

    Coba aja liat sekitar. Dari cara jalannya aja sudah kelihatan. Dia baru belajar, sekedar bisa, atau dah menguasai mtornya.

  24. Biasanya sih yg jatuh karena memandang sepele operasional matik padahal namanya R2 mau pakai tenaga mesin atau manusia ya sama aja mesti ekstra hati-hati saat di jalan raya. Apalagi kalau abis ganti motor baru masa rawan itu biasanya 0-6 bulan lewat dari masa itu baru familiar sama motornya….

  25. alhamdulillah sejauh ini gonta ganti ke matic (minjem) belum pernah jatuh

    skill adaptasi ke matic hanya pada saat ingin mengurangi kecepatan/berhenti aja

  26. betul jg sih. saya biasa bawa vespa px92, saat disuru bawa matic jepang berasa bawa motor mainan. enteng banget bobotnya & gasnya langsung ngacir. tp pas bawa vespa lx matic ride feelnya langsung dpt, rem, gas & bobotnya pas.

  27. mungki krn kl pake motor kopling rider disibukan dengan segala ritual pengendaliannya dari tangan kanan, kiri, kaki kanan, kiri yg membuat lbh waspada dan fokus dengan kondisi jalan *musti naik turun gigi*.. trus ganti pake matic yg rider dibuai kenyamanan dgn ngga perlu oper gigi, suara mesin halus dll yg menyebabkan kurang waspada.. Tiba2 ada gangguan dijalan, ngerem pake tangan kanan kekerasan narik tuas.. Nggelosor deh.. Hehehe

  28. Intinya seh sprti bro eyd utarakan yaitu ‘Skill Adaptation’♓é² :p.. ♓é² :p.. ♓é² :p.. ♓é² :p .Ane gonta ganti n250-skywave bwt harian اَلْحَمْدُلِلّهِ biasa aj.Malah krn biasa maen kopling tp d matik jd bwt ngerem blakang ‎​‎​G̶̲̅ãK̶̲̅ pangling.Justru klo ane pke bebek yg kagok krn ngrem blakang dikaki?!Нέέϑϑέέннн ƪ(”´¸`)ʃ X_X

  29. saya dulu make jupiter mx kopling… enak sih .. tapi kalo macet nauujubileee capeknyaaa setengah matii.. saya make kopling udah 4 tahunan.. sekarang saya ganti yamaha xeon aduh hidup berasa enteng deh baru seminggu sih hhe cuman blom tau bahaya dan kekuranganya


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 240 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: