Oleh: arantan | Februari 10, 2013

Seberapa Bajaj kah KTM Duke 200?

Saya owner KTM Duke 200 yang juga tidak pernah punya Bajaj. Bukan saya off sama brandnya, tapi lebih ke soal bentuk, saya nggak suka bentuk bajaj yang terlalu membulat gendut-gendut, bikin saya yang sudah mulai buncit jadi lebih bulat lagi…

So, menyadari itu, dari awal saya coba buat posting yang berimbang ke Bajaj – KTM. Postingan ini saya anggap jadi penting karena banyak pemilik Bajaj 200 NS tentunya berharap dengan sedikit modifikasi murah maka Bajaj 200 NS bisa di KTM Duke 200 kan… benarkah?

Coba kita bahas satu persatu yak.

Foto diatas saya ambil di JMCS 2012, frame Duke di cat orange. Untuk mencat ini effortnya pun besar… mesin harus turun dulu. Anyway saya pasang foto ini untuk mudah memperlihatkan framenya si Duke.

pulsar200_2012_5

Frame

arantan-IMG_6427

Soal frame sudah jelas lain. Duke 200 memakai trellis frame sedangkan Bajaj 200 NS memakai Delta. Konon pilihan frame trellis berdasarkan kebutuhan untuk kerigidan dan keringanan namun tentunya biaya produksi yang lebih mahal. Bajaj 200 NS memakai Pressed steel Perimeter Frame seperti delta box, menghasilkan beban yang berat, namun konon slightly lebih kaku.

Saya sendiri pernah pakai delta waktu di Honda CBR 150R, sebetulnya soal frame, karena pengendaraan tidak extreme maka pemilihan frame tidak akan terlalu efek ke soal kekakuan atau pengendaraan… 2-2nya kalau buatnya bener, sama-sama saja tidak akan terasa.

Yang efek untuk berkendara apa? Ya bagi saya yang paling ringan tentunya.

Arm

Arm depan KTM Duke supplied by WP suspension, brand suspensi sama yang digunakan untuk *setahu saya seluruh motor KTM sampai untuk adventurenya. Shocknya pun upside down, diameter ukurannya pun besar dan sangat meyakinkan.

Belakang armnya model ringan juga, besar lebar, tapi dalamnya agak kosong. Waktu ngobrol dengan Sebastian kepala teknik KTM untuk asia pasifik, dijelaskan kalau material yang digunakan memang gradenya lebih tinggi, lebih ringan otomatis lebih mahal. Mono shock belakang pun di supply oleh WP.

ktm-duke-200-engine

Bajaj_Pulsar_200_NS_Engine

Hardware kedua mesin mirip, baik bentuk maupun posisi-posisinya, tapi softwarenya beda. Foto dibawah adalah foto yang saya ambil lewat BB waktu di KTM Indo.

KTM di colok ke XC1 dengan engine map dari KTM *tentunya. Kalau partsnya 200 NS mau diganti barangnya Duke, gimana kalau dicolok?

Mesin

Bentuk bagian bawahnya ada kemiripan, sampai exterior block sama. Sampai ukuran bore 72 mm dan stroke 49mm sama, mungkin saja ini bisa dipertukarkan tapi buat apa? Sampai model cantelan mesin dari rangka pun kelihatannya plek-plekan sama! Cuman mesin bagian atas lain. KTM Duke 200 menggunakan injection DOHC sementara 200 NS sampai saat ini masih mengandalkan ke khasan Bajaj dengan triple spark, karburator, SOHC.

ECU lain, ECU KTM di provide oleh Bosch, sampai peralatan diagnostic pun khusus. Sampai sebusi KTM pun juga di supply oleh Bosch.

Sebelum mau upgrade… kalaupun bisa menggunakan “common parts” kemudian apa? Apakah Bajaj 200 NS bisa lebih kenceng kalau pakai parts KTM Duke 200? *mungkin saja, karena memang dalam video kalau drag race jarak pendek si KTM Duke 200 selalu menang dari Bajaj 200 NS, secara HP diatas kertas pun unggul dikit. Tapi kalau tracknya panjang, ceritanya bakal lain, karena Bajaj 200 NS punya top yang lebih unggul, top speed pun konon lebih tinggi dari KTM Duke. Kalau soal mengejar HP, ya tentunya ada langkah-langkah yang lebih ekonomis yang bisa dilakukan daripada mengganti parts mesin yang belum tentu cocok dan malah bisa jadi bikin PR tambahan di kemudian hari.

Lain ceritanya kalau KTM Duke 200 bukan 200 CC tapi 250 …

Beberapa parts berlogo Bajaj ada di KTM Duke 200

arantan_kiprok_IMG_6423

Kiprok berlogo Bajaj

arantan-IMG_6430

arantan-IMG_6434

Buka jok boncenger, remove toolbox… maka akan ada juga logo B di joknya.

Yang saya lihat ada kiprok dengan logo Bajaj di bawah tanki depan KTM Duke 200. Juga kalau kita buka jok passenger belakang dan mengeluarkan tool set, maka ada logo Bajaj disitu.

Ban KTM Duke pun ban India dari MRF, walau ukurannya lebih besar dari Bajaj 200 NS. Untuk velg belum tahu apakah bisa di pertukarkan dengan Bajaj 200 NS, tapi soal ban harusnya bisa-bisa saja.

Rem keduanya pakai bybre, second layernya brembo.

Lain-lainnya soal body parts, batok, tanki, buntut adalah lain secara total.

I had the fortune of visiting the KTM Factory in Mattighofen, Austria for a quick tour before I was supposed to leave for Austria. I saw the KTM 125 Dukes from India being unpacked and rechecked for quality. Along with that were ATVs, Adventures and the lot.

The assembly lines are capable of assembling any product by changing the assembly components and heads in within 24 hours. So a line which is assembling a KTM RC8 today might e schedules to assemble an ATV day after.

Around 1300 employees work in the small town of Mattighofen near Salzburg with another 300 dedicated KTM employees all over the world, making a total of approx 1600 KTM employees on rolls.

ktmf-36

Foto diatas adalah KTM Duke yang masuk lagi ke pabriknya Austria sebelum disebar untuk Eropa.

VW-Group

VW group, apa bisa brand Bugatti/Bentley di VW kan?
Bajaj ya Bajaj, KTM ya KTM….

Jadi yang sama apanya dong?

“Factorynya bro!” Yes… KTM Duke 200 untuk seluruh dunia di buat di India, di pabriknya Bajaj. Walaupun belum pernah ada fotonya si KTM betul-betul dibuat disana. Kita nggak tahu pembagian pekerjaannya seperti apa. Frame kalau kita lihat itu plek-plekan dari Austria, terlihat dari serial number dan codenya. Apakah fasilitas di Bajaj India sebatas merakit saja? Seberapa parts yang lokal India?Nggak tahu juga.

Factory perakitannya konon sama, tapi barang yang dirakit… ya beda.

Bottom line

Kalau masih ada yang keukeh dan berharap, Bajaj 200 NS bisa disulap jadi KTM Duke 200. Saya akan bilang mungkin saja bisa, apa sih yang nggak bisa sama orang Indo soal akal-mengakali? Tapi “bisa” tersebut adalah “bisa” dengan effort besar. Frame, tulangannya saja pun lain, gimana rangka perimeter mau di ganti trellis? Dan kembali lagi… buat apa? Soal kaki-kaki pun beda total, kaki-kaki arm, shock depan – belakang lain total, mau diganti? Apakah mungkin? Ya pastinya mungkin saja, tapi WP upside down doesn’t come cheap. Belum lagi soal arm belakang, gimana buatnya supaya OK? Merubah kaki-kaki sampai “enak seperti bawaan pabrik” itu super sulit men…

OK pindah soal mesin, ECU jantungnya saja sudah beda, kelistrikan total beda, injection, pengapian beda, suply bahan bakar beda … gimana realnya mau dipertukarkan? SOHC ke DOHC, 3 busi ke satu busi, carburator – injection.

Yang plek sama antara KTM Duke 200 dengan Bajaj 200 NS mungkin di bagian silinder, tapi kalau bore stroke sama, buat apa juga diganti?

InDoc-w-Julian

Saat ini pun mekanik KTM dan Bajaj jalurnya beda *tentunya. Si KTM Indo baru-baru ini mengimport Sebastian, kepala teknik untuk Asia Pasifik yang akan stay sampai pertengahan 2013 ini. Sedangkan Julian dari Jerman juga sudah tiba dan akan menetap di Indonesia sampai 2 tahun mendatang. Mekanik dan after salesnya KTM Duke pun di datangkan langsung dari Austria/Jerman.

So … kalau menurut saya sih, mungkin antara kedua motor ini parts samanya 10%. 90& lainnya pun sulit dipertukarkan atau untuk di upgrade.

Apakah sampai saat ini sudah ada orang India yang mengupgrade Bajaj 200 NS jadi KTM Duke?

About these ads

Responses

  1. weleh2, coba cek VIN :D kayak bang haji

  2. kapan hari liat rombongan ktm duke [sabtu sore 5-2-13] ada yg di dorong di sekitar mampang/per4an kuningan,
    om arantan ikut kah, mo nyapa koq malu saiah :D

    • Tanggal 5 sih Selasa bro, tapi kalau Sabtu tanggal 2 itu dari Puncak bro, ada satu yang jatuh karena meleng.

      Sayanya nggak ngikut, langsung ke titik kumpul. :)

      Salam toet-toet bro.

  3. Keren artikel’y…Lanjutkan bro

    Hidup bajaj …hehehe

  4. beda model..itu pasti kalo common part ada dikedua motor..wajar..tapi bukan premium part…satu alasan ns harga dibawah duke 200 walau diindia harganya gak jauh jauh amir..kan sebagai rasa barongsai KTM buat india yang dah nambahin modal, nyiapin tempat rakit..sama bikin motor duke jadi motor banyak dijalanan India*..sisanya KTM untuk pasar diluar India tetep ambil alih lagi untuk QC…kalaupun NS diinject tetap saja SOHC 4 valves triple spark…dan bobotnya gak berkurang hahahahaha

  5. mantaf duke

  6. thx bro, artikelnya berfanfaat banget dan menambah pengetahuan gue

  7. Betul bro, hal ini pasti sdh dipikirkan dalam2 oleh desainer keduanya.
    Pasar yg berbeda pada harga yang berbeda.
    Jadi bukan sekedar menenangkan diri ya heheh

    https://7leopold7.wordpress.com/2013/02/10/imlek-ride-to-kelenteng-boen-tek-bio-tangerang-kota/

  8. Dengar2 p200ns yg masuk indonesia pakai injeksi….
    Sama aja buat ane, ga bakal beli… :D pk matik aja…

  9. Tambah lagi, Om…
    Switch holder dan stangnya ciri khas bajaj juga :mrgreen:
    Memang sih…, ga terlalu signifikan :)
    Hanya saja, pertama kali lihat unit KTM secara keseluruhan, dari sisem pengereman dan switch holder kelihatan sekali “Bajaj”nya :mrgreen:
    Apalagi setelah kebo item berjajar dgn Duke-nya Om Saranto di parkiran… :mrgreen:
    Eheheheh… :D

    • Salam mas bro! :)

      Betul bro memang ada detail-detail kecil seperti yang bro bilang tentang switch yang menyala yang dipengaruhi Bajaj, ini menambah nilai tambah KTM Duke.

      Tapi main parts seperti, bentuk keseluruhan, frame, kaki-kaki: arm, shock, ECU dengan kelengkapan, injector, DOHC, ya secara total nggak ada samanya dengan Bajaj 200 NS. 

      ________________________________

  10. anehnya kenapa dulu sales nya bilang ini yang 200 ini import dari austria kenapa harganya mahal padahal di India nya ga terlalu jauh harganya dengan r15

    • Harga sekitar 2 kali lipat lebih dibanding India, tapi harga di Indo sedikit lebih murah dari Malaysia padahal sana sudah CKD. Mungkin ada kebijaksanaan khusus untu India, mana tahu? KTM disini import dari India kok, untuk pasaran dunia. Sampai yang dari Austria pun juga datangnya dari India.

      Kalau untuk harga kita nggak tahu pastinya ada komponen apa? Yang jelas ujungnya harga segitu aja, beli ya beli, nggak ya nggak :). Mau teriak-teriak segimanapun nggak akan turun … *saya udah coba. :P

      • harusnya sales nya jujur aja ya dari India kalo harga tinggal bagai mana meyakinkan aja bahwa harga segitu emang worth

  11. ktm mungkin pake part eksotik ya, 200 cc bobot sekitar 130kg. bandingkan dengan z250 yang sekitar 170kg, apalagi inazuma 180kg. berbanding terbalik dengan harganya, he..he..

    • Mesin 2 silinder lebih berat Bro

  12. setuju om…
    NS.. ga sama dengan Duke.. meskipun mirip.. serupa tapi tak sama.
    kayak
    CB150R – CBR150
    bahkan… sesama pulsar series.. pulsar 180, 200 en 220. serupa tapi tak sama.. en butuh effort serta rupiah yang ga sedikit…

    eh iya
    shock Duke meskipun WP.. kok ada logo endurance(shock OEM bajaj).. se grupkah? WP – Endurance?

    • Dibuat underlicense dari WP.

  13. Motor si mank eksotik,cuma harganya gk rasional untuk produk yg dibuat diindia,disana duke bisa lebih murah dari cbr 250,sedang disini kebalikannya,kayaknya KTM Indonesia mank mau posisikan motornya,sekelas ducati,mv agusta,dan sebagainya,


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 238 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: