Oleh: arantan | Februari 1, 2013

Problem solved, KTM Duke 200 Overheat alias High Coolant Temperature

arantan-ktm-duke-200-high-coolant-temperature-malam

KTM Duke 200 saya punya problem sering kepanasan atau overheat. Seperti yang saya jepret di atas, di dashboard muncul “High Coolant Temperature” kalau lihat bar meter di sebelah kiri bawah maka barnya sudah lewat batas maximum, tapi masih ada toleransi lagi 3 bar diatasnya. Muncul pula segitiga warna orange di sebelah kanan untuk menambah ketakutan saya. Kilometer motor waktu itu di hampir 1.000 KM. Foto ini saya ambil ketika pulang ke rumah dan kondisi memang macet parah karena arus jalan menuju Green Ville memang kena banjir…

Waktu itu motor saya adem kan 15 menitan, kemudian jalan kembali….

arantan-ktm-duke-200-high-coolant-temperature  

Foto diatas saya ambil waktu di KTM Indonesia, BSD, motor habis jalan sekitar 1.5, hampir 2 jaman. Kondisi jalan sebetulnya nggak macet kok, cuman karena jalan rusak, mobil dan motor jadi gigi 1, menghindari lobang-lobang…. Motor saya bawa ke BSD karena keluhan kepanasan dan setelah di cek semuanya dianggap normal. Fan muter, radiator keisi, di colok ke mesin XC1 pun tidak ada error code apapun.

Jadi motor dikembalikan ke saya apa adanya.

arantan-ktm-duke-200-muncrat-ijo

Hari Seninnya, motor saya bawa ke kantor dan dashboard memang sudah menunjukan lagi high coolant temperature. Tapi karena saat itu jalanan menuju rel kereta Permata Hijau adalah menanjak cukup curam, saya tidak bisa minggir untuk berhenti. Sampai tiba-tiba keluar asap putih dari selangkangan tengah bawah. Asap tersebut diikuti kemudian dengan semburan coolant warna hijau… Tidak ada suara ledakan, tapi pastinya bikin, horror, stress, coba aja bro, tiba-tiba keluar asep diikuti crot-crot hijau dari bawah barang Anda …

Kejadian serupa juga pernah terjadi di Aprilia RS 125 pada teman…
Saat macet tiba-tiba keluar asap, muncrat juga, posisi juga sama pas lagi macet. Sama si teman, dia langsung turun ngabur, motor langsung ditinggal begitu saja, di jalan… Snow ball effect terjadi, pengendara motor lain disekelilingnya pun PANIK! Semuanya pun turun dari motor, kabur!!! Motor mau Meledak!!! Sampai supir angkot pun turun dan kabur!!!

Sekeliling saya para pemotor sudah nunjuk, mas-mas-mas… Ya iya gw juga tahu lah, tapi karena posisi tanjakan menju rel kereta permata hijau, ya saya harus tetap membawa si motor sampai bisa minggir. Motor akhirnya saya pinggirkan dan diamkan lagi sampai 15 menit saya buka tutup reserve radiator atas. Cairan hijau reservoir sudah hilang, saya nyalakan motor, temperature bar di dashboard sudah turun 3 bar dari maksimum. Noted kalau kondisi temperature  normalnya KTM Duke berada 1 bar di bawah maksimum. Ketika cukup dingin, motor saya bawa ke pompa bensin terdekat dan saya minumkan air saja, si pompa bensin nggak jual coolant? Sekarang pompa bensin jualannya cemilan… haduh…

arantan-ktm-duke-200-isi-radiator 

Motor akhirnya saya taruh di Performa. Saya share foto-foto atas ke group BBM Duke 200 dan respon dari KTM Indo sangat cepat dan positif. Mereka memberikan penggantian motor dengan Duke 200 kepunyaan showroom juga motor saya di storing untuk dicari penyebabnya.

Cuman menginap seharian saya di telepon tim researchnya KTM Indo. Saya tidak tahu sebutannya ini tim apa, tapi tim kecil ini seperti tim special forcesnya KTM Indo, work in shadows, Ninja…  Saya tidak diperbolehkan bilang tempatnya dimana, nama-nama orangnya siapa, fotonya pun tidak boleh saya share. Anyway disana semua motor saya betul-betul di cek dan akhirnya ditemukan juga problemnya.

Problemnya cuman di fan radiator, muter sih muter, kondisi prasyarat panas dari thermostat pun bener, ketika suhu sekian ya muter lah. Tapi… muternya fan sangat pelan. Fan tersebut diganti baru oleh KTM Indo, radiator juga dikuras dan sekarang cairannya warna merah merk wurth. Semuanya tanpa biaya, not because they know I’m a blogger lho, they don’t :).

Saat ini kejadian ini sudah berlalu sekitar seminggu lalu, all fixed, motor sudah lewat ke macet-macet parah dan semua no problem!

Anyway motor problem itu saya anggap sebetulnya biasa. Ninja saya pun waktu umur 2 minggu mogok! Mogok sek!!! Waktu itu ternyata cuman problem di sekring kurang kenceng…. haduh. Bagi saya motor baru mogok itu normal, bisa terjadi pada motor apapun kok, yang penting adalah perhatian dan kasih sayang pabrikan, dari sini kita bisa tahu sebagaimana care dan tanggung jawab mereka.

Sejauh ini sih saya merasa puas dan berterimakasih banget dengan KTM Indo.

Satu pesan lagi untuk KTM Indo dan to all automotive brands…

You kept all of your best things hide in secrets, why?

Saya mengerti kalau soal dapur adalah “rahasia” saya pun tidak bisa memfoto isi pabrik AHM, isi pabrik TVS, Nissan masuk area pabrik – pelabuhan semuanya tertutup untuk di foto, sampai GM pun begitu … Mungkin karena takut teknologinya di contek atau alasan lain. Tapi bukannya sebetulnya antar pabrikan pun tahu sama tahu lah? Secretnya apa sih? Experience ke sana itu sangat-sangat WOW!

Dengan melakukan publikasi sebetulnya bisa membangun kepercayaan publik… bahwa kendaraan saya di buat dengan peralatan canggih, top, dengan rapih… Untuk memperlihatkan duit kita lari kemana kan…

About these ads

Responses

  1. Yup bagus buat bangun kepercayaan konsumen

  2. Wow hebat ya KTM Indo. Saya jg punya pengalaman serupa dgn piaggio indonesia. Critanya cat dibawah lampu belakang melenting dan makin lama makin besar. Kirim email ke cust service PI, gak lama lsg ditelp dan disuruh dtg ke dealer terdekat untuk cat ulang. Tapi smp skrg malah blum smpt2 buat naro si lexy buat cat ulang, coz proses ngecat butuh waktu seminggu dan males banget seminggu bawa mobil ke kantor. Anyway two thumbs up lah buat KTM Indo

  3. Salut buat respon-nya, saya lebih senang deal dengan ATPM/Dealer yg responsif seperti ini ketimbang deal dengan ATPM/Dealer besar yg jaringannya hebat tapi birokrasinya bertele-tele….

  4. hehehe…pernah liat rider ninja RR kayak gitu.. “motor mau meledak…!!”
    kalo dipikir2 meledak apanya ya?

    • meledak anunya om…. hihihihihi

  5. great after sales! semoga menjadi contoh untuk pabrikan lain

    terlebih pada bajaj, semoga bisa lebih baik, jika tidak siap2 aja ditinggal konsumen

  6. Bagus banget responnya, apalagi kalau motornya cuma 1 dan dipakai untuk aktivitas setiap hari

  7. wow bisa bikin panik berjama’ah gitu ya motor2 canggih….. wah Joker dapet lagi nih satu inspirasi untuk menghancurkan Gotham #eh

  8. like this yo.. :thumbup

  9. ajiiibb…mantab om.. jadi makin yakin.. :D

    http://boerhunt.wordpress.com/2013/01/31/kawasaki-z250-sasaran-tembaknya-jelas-bahkan-terang-benderang-d/

  10. lucunya ngebayangin orang2 pada berhamburan gara2 dikira ada motor mau meledak! :-D

  11. Jgn pke aqua bro tpi coolant merk apa aja, ntar pompa radiator (yg nyedot coolant di book penyimpanan) Karatan, ntar klw karat ada sekat, cairan radiator ada keluar, kLw smpe habis bisa turun mesin mski dohc super duper skalipun he2.. :-)

  12. Itu cairan coolant kalau muncrat sampei kena pengendara bisa langsung melepuh, pasti panaaas pol. Bisa jd pembelajaran utk kita, klo mesin overheat mending berhenti dulu aja..

    • Iya, begitu lampu nyala ada indikator overheat, betul-betul harus berhenti, jangan pikir “oh itu cuman lampu aja” just to be safe, cari tempat untuk minggir dulu deh.

    • tenang boss.. cairan coolant itu biasanya sudah spesial dirancang dg titik didik yg lebih tinggi daripada air biasa.. alias kalopun dia sampe muncrat2, mustinya sih nggak sepanas itu sampe bikin kulit melepuh.. palingan cuman celana jadi kotor aja kena warna nya (jangan sebut “ijo” ah, ketahuan dong merek yg dipake, hehe)

      • Coolant radiator banyak yang hijau kalih bro.

        ________________________________

  13. semoga semua pabrikan sepeduli ini ke customernya…

  14. adem motore adem atine… saya suka respons ktm.. + peminjaman motor showroom salutt..

  15. emnk bener sampe segitu panasny, p sar?!! pdhl daily use d jkrta, mo g mau kudu nikmatin macet.., g kuatir kejadian lg?! ( nanya serius.com)

    • Ya pasti takut lah bro, sempat terlintas untuk cut loss aja, jual aja Dukenya problem selesai. Saya tadinya berpikir ini motor memang nggak di design untuk iklim tropis Indonesia. Cuman saya tanya-tanya juga, banyak teman yang pakai Duke juga untuk harian dan mereka normal-normal saja.

      Pelajaran saya sih, kalau terjadi panas di kaki atau selangkangan itu artinya motor dalam keadaan bener dan normal. Karena kipas membuang anginnya ke kaki kita. Tapi Duke saya adem, karena kipasnya yang kurang nyedot.

      Setelah kejadian, habis dibetulin waktu bawa pulang dari KTM tentu mata turun terus ke dashboard, trauma, jaga-jaga jangan sampai ngecret lagi tapi untungnya aman. Sampai seminggu ini saya kena berkali-kali macet yang lebih parah dan syukurlah no problem.

      Saya juga turunkan bahan bakar ke pertamax dari Shell yang grade teratas, konon Shell panas?

  16. Serasa sportbike sering overheat :)

  17. untung bukan tangkinya yg bocor, seperti si anu tuh, walau udah berhasil bikin tangki bocor ratusan ribu unit tetep aja gak ada tanggung jawab sama sekali, malah konsumen yg disalahin disuruh jangan taroh motor di tempat terik/hujan. ringkihhhh

  18. tuh kan pasti ada yg salah…. radiator segede gaban kalu gak dilengkapi kipas (kipas rusak) + macet2an sama juga dodol…

  19. betul ,pabrikan jangan ragu recall produk. bagi konsumen yg ngerti akan dianggap care, cuma beberapa aja konsumen yg anggap kekurangan motor baru di adjustmen sbg produk gagal. tdk ada yg sempurna, yg penting cepat penanganannya.

  20. masalah BB, ikut nanggapain juga, bener kata p sar, pke pertamax emang lebih adem dibanding am shell ( g tau yg laenny ) tp, ad tapinya juga.., entah bner ato ga, feeling saya, kl pke pertamax, rpm ny u 10rb an k atas, terasa ngayun, g stabil, dan g secepat naek rpm ny dibandingin pk shell, saya pke allnew cibie..,

  21. Salut ama KTM Indonesia.. Lha ini Inazuma saya batok lampunya ngembun mas.. Sampe skarang malah ada genangan air di dalem batok lampu.. Ud klaim ke bengkel Suzuki terdekat sih.. Cuma sampe skarang ga ada kabar beritanya.. Terakhir saya ambil BPKB motor di Indo Jakarta Motor Gemilang Sunter sekalian nanya nasib klaim saya (Fyi, saya klaim di IJMG kebayoran lama, cabangnya sunter) katanya makan proses 2 minggu.. Tapi skarang ud lebih dari 2 minggu dan ga ada proses apa2.. Sedih deh.. Motor mahal tapi kaya gini..

  22. Ahahaha andai piaggio indonesia kayak gitu.. LX sy dinamo starter bermasalah, pihak dealer lsg bikin claim ditujukan keVietnam dan italia, sampe skrg blm ada kabar, janjinya 2 minggu.. Skrg udh masuk bulan ke4

  23. Tadinya kebetot banget liat tampilan Duke 200, tapi jadi ragu mau beli gara2 ada problem panas2an.. Postingan ini sukses bikin adem dan mikir mau beli lagi, haha.. Btw udah ada klub apa aja sih utk Duke? Mau masuk di-ospek dulu apa kagak?

    • Setahu saya sampai saat ini baru InDoc, Indonesia Duke Owner Community. Masuk-masuk aza brooo, ha ha ha.

      ________________________________

  24. sbagai pekerja kantoran dgn rute depok ke jakarta pusat. Tiap hari saya berangkat jam 6.15 dan melewati rute univ pancasila – lenteng agung – mampang dst. Nah ….beberapa waktu lalu sy pernah beberapa kali melihat rider yg pakai KTM duke 200. Off course…sy yg suka naked bike ngiler punya. Walau saat ini motor sy adalah yamaha scorpio 2012. Tapi terakhir kali sy lihat si KTM duke 200 ini mengalami mogok pula!di perempatan lenteng agung ke arah jalan. TB simatupang. Sontak sy kaget motor mahal mogok…. dan sy mikir wah ini motor gak ada engkolnya….gimana yaa… ya itulah pikiran spontan sy. Dan sejak saat itu gak nafsu lagi deh sama duke..hehehe. Jangan2 gara2 india nie ktm kurang mantap riding pertama gitu. Gara2 liat ktm duke mogok sy bersyukur punya scorpio. Tidak mau menjelekkan lho…ini hanya perasaaan saya saat itu.

  25. ya mungkin mindset saya yg tidak suka motor pake injeksi dan berpendingin radiator. Sy lebih suka old school engine pake karburator dan banyak sirip2 gedenya…hehehehe…

    • Kemajuan teknologi itu sebenernya tujuannya bikin hidup kita lebih mudah, oom.. Tapi bukan berarti wajib diikutin. Tetap ujung2nya balik lagi ke kebutuhan, budget, value for money, prioritas, dan tentunya selera. Misal: udah zaman internet/email, tapi masih demen surat2an via Pak Pos ya monggo wae.. :)

  26. Kalo fan radiator lemah itu hal biasa memang ada umurnya, 2 thn an biasanya, tapi duke ini masih belum setahun kan umurnya, kok bisa Fannya udah lemah puterannya ini yang jadi masalah

  27. […] di Duke saya pernah tuliskan di sini. Memang dalam keadaan normal, air radiator OK, pemutaran OK, kipas berfungsi baik, harusnya Duke no […]

  28. […] SF menemukan beberapa kasus yang dialami si Duke ini… seperti yang ditulis diblognya bro Arantan ini misalnya : duke mengalami Overheat! Yang disebabkan kipas radiator ga berfungsi maksimal, dalam […]

  29. saya punya pengalaman pake honda grand dari baru tahun 1995 saya jual tahun 2010 karna pengen peremajaan.dari baru motor itu tidak pernah mogok,part ga ada yang cacat pabrik.penggantian rutin karena umur pakai,contohnya ban sama kampas kopling n rantai kamrat saja.motor itu jarang saya servis dan ganti oli.pernah saking lamanya sekitar 3 bulan baru saya ganti oli tinggal separo saja.tapi mesin tidak pernah over heat apalagi macet piston.setiap hari rata2 menempuh jarak 60km belum ditambah mampir2nya.sampai saya jual tahun 2010 motor itu belum pernah ganti seker dan belum ngebul.selama saya pakai odometer balik ke posisi nol 3 kali tapi habis itu dari tahun 2010 odo saya matikan.
    kesimpulannya adalah mahal belum tentu awet,buatan eropa beum tentu jaminan…jadi sebagai konsumen kita harus kritis obyektif dan cerdas.
    karna kualitas pula banyak motor jepang yang menguasai pasar eropa dan amerika.
    di amerika toyota camry belum tergoyahkan sebagai sedan saloon terlaris diikuti honda accord.padahal banyak produk lokar dengan harga sama seperti ford crown victoria dan chevrolet lumina.dengan harga sama (usd 25000-30000) chevrolet dan ford menawarkan kapasitas mesin yang lebih besat dari toyota dan honda,tapi performa yang ditawarkan sama,bahkan menurut konsumen amerika camry lebih reliable,confort dan durable dari produk lokal.ini hasil poling dari pemakai langsung bukan dari persepsi publik.majalah2 otomotif disana juga sangat obyektif tidak seperti disini yang memilah2 kualitas berdasar negara pembuat dengan sangat subyektif.celakanya salah satu tabloit terbesar disini juga melakukan hal itu,jadi menghambat pencerdasan otomotif.

  30. maaf koreksi….dari tahun 2007 odometer saya matikan sampai saya jual tahun 2010

  31. om arantan, utk merk aslinya yg warna ijo itu merk-nya apa ? knp KTM pake yg itu yah..

  32. duke saya desember 2012 tiba” overheat.. ternyata fan radiator terbakar n saya coba claimkan sampai sekarang blm ada tangapan dealer pun cuma bilang tunggu proses di jakarta… apa proses cliem ktm emang lama? knp dinamo fan saya tiba” bisa terbakar? mohon bantuan

  33. […] di estimasikan << siap-siap hati, siap-siap kantong. Ini yang pernah saya post soal perbaikan KTM Duke, Piaggio MP3 overheat, Vespa New PX mogok, slip kopling Skywave dan […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 238 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: