Oleh: arantan | Januari 29, 2013

Level mekanik andalan kamu apa? Tukang, dukun, konsultan, artis, advisor?


@Performa Leo, Jalan Kamboja, bengkel, penasehat saya sejak 5 tahun yang lalu

@Home, mekaniknya yang datang

Selama beberapa tahun berkehidupan naik motor, saya ketemu beberapa mekanik dengan level beragam … Ya namanya mekanik tentunya punya latar belakang berbeda-beda dengan pengalaman yang beda juga. Lingkungan semua menentukan aliran mekanik, pemahamannya kepada mesin dan semuanya tentu berdampak kepada kesehatan motor kita. Tugas mekanikpun hampir sama dengan dokter, motor masuk, diagnose dulu, temukan problem, perkecil kemungkinan dan coba di betulkan satu-satu. Sama juga dengan dokter, trouble pada motor yang sama bisa diselesaikan dengan cara berbeda-beda.

Anyway saya lihat mekanik itu bisa di kategorikan sebagai berikut:

Mekanik level: Tukang

Pada level ini mekanik bagus untuk service berkala, mekanik ini pun juga tidak mengerti sepenuhnya cara kerja mesin. Yang dia tahu ganti oli standard pabrik, efeknya apa ke mesin kalau diganti ya nggak tahu. Kalu ada trouble mekanik ini akan kebingungan. Mekanik ini pun tidak bisa mengakomodasi andai kita mau melakukan setting kecil, contoh, mau dikencengin dikit dong… stepnya apa ya? Mau dibasahin dong, mau diiritin dong…  …

Model mekanik ini bagusnya seperti proses ban berjalan aja, motor masuk, dalam 30 menit motor sudah harus “selesai”, kejar target, antrian kerjaan service motor yang menunggu masih banyak.

Mekanik level: Dokter

Kalau dokter, dia by the book *saja*. Tapi mekanik level ini tahu apa yang terbaik menurut SOP pabrikan, semua precise, menggunakan buku pabrikan, konsultasi ada sedikit, tapi dia dibatasi oleh norma-norma perusahaan. Oli tentunya harus bawaan pabrik, knalpot, spion, tentu semua harus bawaan pabrik. Kreativitas kurang, tapi pengetahuan dan training ada.

Mekanik level: Dukun

Ini kejadian-kejadian aneh, motor mati bisa di sulap tiba-tiba sembuh. Hebatnya lagi di sulap lewat telepon! Serius, dulu motor saya pernah mati di jalan for unknown reason, saya telepon Leo, pertanyaannya cuman motor abis dicuci? Iya … Coba diemin dulu, buka tutup bensin tanki motor, tegakin si motor… starter lagi… Ajaibnya entah kenapa motor saya jadi bisa starter … aneh…. Ajaib. Beberapa kali kejadian seperti ini juga terjadi di CBR 150R pada teman-teman lain, si motor bisa di sembuhkan secara remote.


@AHASS jalan panjang

@Kawasaki Jatinegara with Ninja 250


@Suzuki Merill Meruya – Srengseng


@Bengkel dekat rumah


@Sunmotor Fatmawati

Mekanik level: Konsultan

Mekanik ini tidak terbatasi oleh aturan dan bawaan pabrik, tidak ada ketergantungan pada brand dan juga tidak harus menjaga nama brand. Yang penting motor bisa di custom semau pengguna, mau larinya dikencengin bisa, mau bawah yang di atur bisa, atas di atur ya bisa, irit bisa, mau diapain pun bisa. Kalau kita nanya-nanya pun mekanik ini bisa counter dan kasih pertimbangan, sampai ke 3rd party parts, stage modifnya kemana, efeknya kemana, konsiderasinya apa.

Mekanik atau biasanya adalah pemilik bengkel ini juga bisa menempatkan diri sebagai kita sendiri.

…jangan deh… nggak worth, ngapain sih beli ban sampai 4 juta? Nggak sayang?

….Lho? Orang mau beli dibilang nggak usah? Ha ha ha.

Leo dari Performa saya masukkan di kategori paling atas ini, dia bukan mekanik, dia sebetulnya konsultan yang bisa kasih advice, kadangkala juga merangkap profesi jadi dukun.

Mekanik level: Artis/Seniman

Ini pernah juga saya jumpai …kerjanya luar biasa pelan, lammaaa, nggak bisa diburu-buru pula. Biayanya juga biasa dikenakan lebih tinggi dari mekanik lain. Kerjanya juga hampir semau dan semoodnya dia, memang hasil kerjanya sih bisa jadi a piece of art. Tapi nungguinnya … waduh, kalau motor kita di pakai untuk harian, jauh-jauh juga dari mekanik jenis ini.

Saya pernah juga ketemu dengan opa mekanik seperti ini, hasilnya… saya mesti ikut nongkrong sambil tidur-tidur ayam di bengkel, sampai …jam 5 pagi… si Opa mekanik baru start bekerja jam 7 malam.

Tidak selalu juga mekanik kelas atas yang harus dipilih, atas pertimbangan keterjangkauan, soal jarak dan biaya. Ada kalanya juga kalau kita merasa paham kita bisa pilih mekanik level tukang, kitanya yang “paham” tinggal meminta mekanik  mengerjakan sesuai kemauan kita.

Tapi kalau saya sih… he he he. Modelnya merem, mending saya kasih motor ke teman mekanik yang bener-bener bisa saya percaya dan andalkan, nyawa saya disitu soalnya.

Responses

  1. wew………. ni posting bisa dimasukin jadi materi pelatihan para mekanik baru yang diselenggarakan para pabrikan……. :mrgreen:

  2. Yg kasus dukun itu sepertinya paham betul kerja karbu vakum..xixixi..biasa om,mirip cs1 kalo nggeblak(jatuh) ketika langsung starter g bakalan idup..tinggal bentar,ambil napas dulu..genjot2 tanpa di on kan,choke dibuka,jegerr..pancal deh..
    Mirip2 ini sepertinya.

    • Hehehe….saya juga pernah ngalamin motor ngga bisa distarter. Gara2 baru ngisi bensin (full tank) pas bensin di tangki udah bener2 abis (di bawah red line). Solusinya buka jok motor, buka tutup tangki, tungguin sebentar. Sambil nunggu, biar ngga bete, saya sekalian ngisi angin ban (kebetulan di SPBU ada fasilitas isi angin ban gratis). Beres isi angin, tutup tangki, tutup jok, motor pun langsung bisa distarter :D

  3. pernah ngobrol sama koh leo performa, ada bapak2 ngotot ganti rem cbr 150 old nya pake brembo, terus koh leo bilang,
    ” kalo nanti om ga ngerasa ada bedanya saya ga tanggung jawab ya om, soalnya yang turun sentul pake cbr150 kbanyakan cuma ganti selang rem aja lho.” :D

  4. dukun + konsultan

  5. Wahahaha, asik juga kalo udah nemu mekanik level konsultan

  6. Lha kalau mekanik bengkel resmi yang hasil servisnya berantakan, mutusin kabel spido plus gak ngencengin baut kaliper rem depan masuk kategori yang mana tuh ??

    • Ya itu termasuk kategori mekanik tukang. Bisanya cuma bersihin karbu, bersihin filter udara, ngeganti oli, ngelumasin rantai, plus kalo diminta, ganti busi ama filter oli doang, pokoknya yg perawatan rutin standar aja dah…

      • Mekanik tukang level magang :mrgreen:

  7. ane demen artikel kayak gini. salah satu blog favorit yang dipantengin tiap hari.

  8. di kota Ane crb ada gak ya yg level konsultan

  9. di bengkel resmi sering ketemu [tukang], pernah [dokter] tapi jarang..
    klo [konsultan] juga ada, tapi lokasi jauh (dulu sebelum pindah sih deket) jadi sangat jarang ketemu..

    dan karena gak pernah ada masalah (karna motornya yg tangguh, padahal makenya asal-2an dan pemakainya juga bukan tipe “penyayang motor”) yg sampe butuh level [konsultan] untuk turun tangan, jadi ya cukup [tukang] aja.. sampe nanti butuh yg levelnya naik dikit.. hehe..

    *tapi jadi kepikiran juga pengen nyari [konsultan] yg deket rumah..

    • Senasib bro. Kebetulan motor saya juga ngga pernah ada masalah. Jadi kayanya mekanik langganan saya yg sekarang juga jenis mekanik tukang (tau deh kalo ke depannya ada trouble di motor). Pernah ketemu mekanik dukun, tapi orangnya agak nakal. Tiap dateng, ada aja parts motor yg disaranin minta diganti, padahal ngga ada keluhan apa2. Doi kesel kali, tiap saya dateng cuma bilang : “Servis rutin sama ganti oli aja bang” :mrgreen:

  10. pernah pegang motor Y dan H juga S
    #Y
    waktu di bengkel Y mekaniknya ya biasa aja, standart. tapi enaknya bisa diajak konsultasi, ada part rusakpun gak langsung suruh ganti tapi dicoba pake part cadangan bengkel. walau kadang main akal-akalan karena ane bokek tetep masih digaransi.
    #H
    masuk bengkel H kerjanya standar banget, apa-apa harus standar, rusak ganti. gak mau riset dikit, takut ama SOP. tapi enaknya kerjanya cepet, maklum yg kerja mekanik utama dibantu 2 anak magang (1 motor 3 orang).
    untuk hal ini entah ane harus senang atau sedih, antara kerja cepet VS motor jadi bahan praktek yg kadang juga nyesek, masa buka bodi aja bingung.
    #S
    di bengkel S ane ngerasa jadi raja, serasa bengkel cuma ngelayanin ane, maklum yg nyervis gak sebanyak Y dan H. entah karena mesin S jarang rusak atau memang motornya jarang, ane gak peduli.
    begitu masuk bengkel langsung diservis tanpa nunggu lama seperti Y danH.
    ###K
    khusus bengkel K ane belum pernah. maklum motor ajib semua :D

  11. level keminter juga ada, gak bisa servis tetapi maksa, temen pernah kena, service ganti kampas depan malah blong soale olinya ngocor, pinggir jalan seh.

  12. Bengkel langganan gw dulu, tetep sih yg kerja “tukang”, tapi enaknya si empunya bengkel itu “konsultan”, jadi sebelum kerja, konsultasi dulu sama si engkoh konsultan, baru ntar dia direct tukang2nya. sebatas operasional ya si tukang itu yg kerja, tapi untuk kasus/part khusus, si engkoh yang turun tangan lansung.

    Koh Juani dari Yonk Jaya motor, trus dia buka cabang Purwakarta Motor. Sejak pindah ke Jakarta, ga pernah mampir lagi. Kemarin mampir, si engkoh udah pindah lagi. Oia, si engkoh spesialis road race Yamaha sih.

  13. mekanik saya temen riding saya sendiri, mekanik yang demen touring, trackday, dan demen nongkrong kuliner bareng2….
    jadi kemana2 rombongan saya pergi dia pasti ngikut…
    kalo turing ga usah was2.. bisa dipanggil kerumah lagi…
    masuknya kemana ya mas???? kategorinya??

  14. jadi Leo = dukun yak…?
    xixixii… :mrgreen:

  15. Leo itu dukun beranak kali ya…? Ngerti bongkar membongkar mesin, kasih advice tentang spare part kelas premium sampai yang kw (selalu tidak menyarankan dengan sedikit paksaan jangan pakai kw!) dan konsultan jarak jauh karena dari Bali sampai Medan masih jadi konsultan buat si DK dan si KT. Jgak dukun ding, karena si KT mati bisa dihidupkan secra remote seperti cerita om Saranton, hehehehehe….

  16. seringnya nemu mekanik dokter, trutama di beres… klo level dukun ad jg tp orngny super sibuk jg yg turun anak buahnya..
    nah konsultan ini yg msh jarang..

  17. si Leo makin SAKTI aja….:P

  18. bengkel gw mau tutup…jiaaaaah


Tinggalkan Balasan

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 224 pengikut lainnya.

