Oleh: arantan | Januari 27, 2013

Hitung kalori, lebih gendut mana naik bebek atau road bike?

kim-kardashian-skechers

Posting ini dipicu waktu saya ke supermarket dekat rumah. Di lantai atas supermarket itu ada tempat aerobic dan fitness yang cukup laku. Ketika saya ngantri di cashier, ada seorang ibu muda putih tinggi, yang masih mengenakan baju senam ketat dengan atasan tanpa lengan mirip singlet warna abu – pink. Rupanya habis bubaran aerobic para ibu turun ke supermarket tanpa mengganti bajunya. Muka si ibu oke lah…

Si Ibu bicara dengan temannya, yang mengambilkan barang-barang dari rak belanjaan sementara dia mengantri, temannya itu memperlihatkan makanan ke si ibu.

“Kalori berapa?”

“Waaah ketinggian… cari lain”, sambil mengelap keringat di jidatnya dengan gelang tangan yang terbuat dari bahan handuk.

Waduh…

SONY DSC

Saya selama ini nggak pernah mikir tentang input output makanan, pantesan juga lingkar perut lama-lama bertambah… buncit! Pantesan saja juga sejak pindah naik skutik rasa-rasanya memang saya tambah relax, sampai kantor juga santai, tapi kalori nggak kebakar… Ditimbun bertumpuk jadi lemak. Ya mungkin juga karena metabolisme melambat…

Anyway, coba baca website ini:

http://blog.leatherup.com/2010/05/11/motorcycle-riding-burns-calories/

The number of calories you can burn riding depends on many things. Anything that makes you ride with more effort helps you burn more calories. For example, the heavier your motorcycle and the heavier your motorcycle gear, the more you burn. Motocross and off-road riding burn even more calories because of the challenges of maneuvering in rough terrain. In fact, motocross riding is equivalent to moderate swimming—a 230-pound dirt-bike rider can burn 400 calories in 1 hour.

Compare other forms of transportation with motorcycle riding (chart below) to see which is the biggest calorie burner.

If you are a motorcycle enthusiast and you want to lose weight also consider these activities:

  • Riding a dirt-bike off road—burns more calories than riding street bikes or cruisers.
  • Riding a pedal moped—burns more calories because of the extra energy you need to spend pedaling.
  • Bicycling—it is one of the biggest calorie burners. A 230 lb bicyclist riding vigorously can burn 1750 calories in 1 hour.

Walaupun…

Kalau saya lihat banyak pemilik motor yang ukurannya besar seperti Tiger, Bajaj justru rata-rata overweight! Mungkin naik Bajaj dan Tiger terlalu nyaman? Kalau ngumpul sama Piaggio lebih beragam ada yang kurus ada juga yang overweight. Kalau KTM rider orang-orangnya lebih slim memang sih, jarang ada yang bisa subur.

Intinya sih … kalau capek naik motor… ya dinikmati aja hitung-hitung olahraga kali yak. Bentar, nanti siang makan apa ya?

About these ads

Responses

  1. gara gara cbr saya akinya soak dan rantenya kendor, perut saya makin buncit, padahal berat badan agak turun . . .

  2. Nike+ Fuelband dong.

  3. bener banget nih naik motor bisa membakar lemak, terasa sendiri. secara saya pergi kerja naik mobil jemputan kantor badan tambah melar, 2bulan terakhir sy rutin naik motir pergi kerja ternyata celana saya jadi agak longgar

  4. lebih bagus lagi kalo motornya jangan dinaiki…. didorong aja… pasti ngebakar kalori lebih cepat… teori di artikel tersebut benar… semakin berat motor semakin banyak kalori yang dibakar :D

  5. selama dengan si bejo tetap saja, mungkin perlahan kali ya? hehehehe

  6. klo ane naek moped justru lngsing,
    Bicycling perlu didayagunakan lg..

    • Beberapa orang dalam memilih motor pun sadar atau tidak, berdasarkan ukuran tubuhnya. Bisa saja memang orang subur, pilih motor yang subur juga.

      ________________________________

  7. satu lagi bro yang banyak membakar kalori, ngedorong motor mogok xi..xi..xi


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 238 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: