Oleh: arantan | Januari 17, 2013

Betul, KTM Duke 200 ampuh lewat banjir, tapi bukan berarti harus dibawa berbanjiran

Yg ini lebih tinggi...sekitar 50cm...tetep aman...so__

Foto diambil di depan Sarinah, pengirim adalah Iman Muhammad Sabri, mantan pelopor freestyler yang gabung di group BlackBerry KTM Duke 200 Jakarta. Looks like he knows what he is doing. Duke dan ridernyasih OKe, aman, nanti Bro Iman menjanjikan akan ada videonya….

However… bagi yang lain, kalau banjir sudah 50 cman seperti di foto, I would strongly advise not to do things like this with your bike. It is not safe. Yes, motornya sih bisa tahan banjir, tapi ridernya belum tentu dan sangat beresiko. Saat banjir sifatnya unpredictable, ada arus yang lumayan kencang, bisa ditimbulkan dari aliran air karena beda level juga bisa arus buatan yang ditimbulkan dari mobil atau truk yang lewat di sebelah kita, kenceng lho.

Saya pun pernah hampir jatuh saat pulang di tengah gelap dan genangan pendek dengan ketinggian cuman sesepatu aja. Waktu itu keadaan gelap dan macet. Saat dalam keadaan berhenti, saya arahkan motor untuk miring ke kiri. saya mau menaruh kaki kiri saya untuk menjejak, ternyata pijakannya nggak ketemu. Kaki saya ternyata masuk lubang selokan kecil, asli kagettttt!!! Masih untung saya sempat menarik kaki lagi dan cepat menaruh kaki saya ke trotoir di kirinya lagi. Kalau tidak sempat ya gubrag!

Anyway, walau motor kita mampu, kita kenal jalannya pun juga bahaya. Selain bahaya arus, kitapun nggak tahu di dalam air isinya ada apa, umumnya akan ada dahan dan ranting pohon, dengan bagian-bagian tajam, seng, besi, paku, kotoran, sampah. Gimana kalau ada yang nancep di kaki? Maklum begitu banjir, isi dari got akan bercampur dengan jalan, semua kotoran naik….

So… kecuali benar-benar emergency, mendingan minggir dan nunggu surut deh. Sayang motornya dan lebih utama sayang badan.

Depan sarinah-1...aman tentram...40cm

About these ads

Responses

  1. Wah hebat tenan nih Duke

  2. bener, lebih ‘safe’ nerabas genangan air tinggi ktimbang banjir..

    ktm duke emang strooong..
    menanti videonya.

  3. sepadan dengan harganya.. mungkin nama DUKE terispirasi dari DUCK yang aliasnya bisa berenang :mrgreen:
    *ngawur

  4. KTM emang kuat harganya juga lebih kuat

  5. muantaappp…!!

    masalah overhet sudah terpecahkan Om…??

  6. air banjir juga korosif..
    sayang bangettt. kayak ngeliat uang hampir 60 juta kelelep banjir

  7. padahal knalpotnya dikolong ya om…?!

  8. Bearing2 roda dan swingarm jangan lupa dicek kalo habis kerendem, kalo gemuk(grease) nya kering bisa berabe tuh. Jangan lupa juga bersihkan kaliper rem cakram karena pasti ada air dan kotoran yang menyelinap. Harus mau repot kalo mau awet motornya ;)

  9. …cuci motor di bengkel cuma ceban.
    koq repot2…

  10. kerenn…
    saingannya bulu mata anti banjir syahrini….

  11. max ketinggian yg paling aman itu sekitar setengah as roda motor….. lebih dari itu sich ga disarankan… apalagi jalanan Indonesia yg banyak jalan berlobang atau lobang berjalan (ngelantur)…. bisa lebih berbahaya….. IMHO

    • sebenarnya itu tergantung ridernya, motor nomor 2 tetangga ada yg punya land rover yg notabene setangguh badak tapi gak bisa lewatin banjir cuma 60cm

      • nah…. klo mobil ane ga tau om….. soalnya baru pengalaman naik roda 2 nerjang banjir doank….. hehehehehe

  12. Mantap..

    http://trexton.wordpress.com

  13. Padahal knalpotnya dibawah kan bos?mirip er6/panigale itu..berani jg ya

  14. kalau mesin hidup, air nggak mungkin masuk dari knalpot.
    karena tekanan hasil pembakaran dari mesin cukup besar untuk mencegah air masuk dari knalpot.
    Namun, perlu diperhatikan adalah :
    – RPM dijaga jangan kurang dari 1500 (pengalaman saja).
    – jangan ada benda padat yang menyumbat lubang pembuangan knalpot.

    Yang jauh lebih penting adalah air masuk dari saluran masuk (intake) ke mesin.
    Misalnya dari throttle-body (biasanya dari saluran masuk udara/filter udara) juga dari celah2 busi.
    Yang perlu diperhatikan juga adalah koneksi eletrikal.

  15. yg perlu di kasih apresiasi itu scorpio Pak, klo KTM ya memang habitatnya seperti ini. Scorpio aman di pake banjir thn 2007 makanya di gunakan oleh polantas polda metro jaya krn sudah terbukti aman melindas banjir hingga 1 meter. lobang intake scorpio ada di bawah antara pertemuan jok dan tangki. posisi knalpotnya juga yang paling tinggi di kelas 200cc.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 238 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: