Oleh: arantan | Januari 12, 2013

Hasil dyno test KTM Duke 200 standard, powernya bisa lebih tinggi dari CBR 250R?

KTM-Duke-Dyno-Test

 

KTM-Duke-Dyno-Test-Result

2 screen capture diatas diambil dari video Dynotest di Ultraspeed Ciledug. Di tempat Dynotest ini Honda CB150R menghasilkan 14.02 HP, sementara Vixion di 14.23 HP. So harusnya hasil Dynonya bisa dipercaya… tidak optimis dan tidak pesimis :D

Back to judul, gimana ceritanya 200 CC bisa mengalahkan 250CC??? Ya nggak tahu juga kenapa bisa begitu, ada apa di mesin KTM Duke 200? Tapi hasil rekamannya seperti itu. Padahal soal CC sebetulnya penting, banyak orang beli motor yang pertimbangan pasti pertama ukuran CC lah, saya juga gitu. Tapi di video atas terlihat KTM Duke 200 dalam keadaan standardnya on wheel di 23.92, yah dibulatkan biar gampang di 24 HP lah, di brosur sih di 25 HP, turun 1 its OK lah…

Gimana ceritanya hasil si Vixion dan CB 150R sebegitunya? CC cuman lebih kecil 50 cc dari Duke tapi menurut Dyno HPnya bisa beda sampai hampir 10??? Sementara beda CC antara KTM Duke 200 dan CBR 250 R juga 50 tapi HP cuman kurang lebih sama?

Berapa powernya Honda CBR 250R? Menurut brosur di 26 HP, di test di sini sekitaran 21.9 sampai 23.7 HP. Hmm, so CBR 250R inferior sedikit dibanding KTM Duke 200 yang CCnya 200? Waduh, kok? Mau ngomong gimana lagi, hasil dynonya seperti itu. Percaya dengan brosur di 26 HP pun bedanya tipis dengan 200 CC?

Apa berarti si KTM Duke 200 lebih kencang di jalan dibanding Honda CBR 250R? No…karena, banyak juga video yang memperlihatkan kedua motor ini diadu drag race, dalam beberapa video terlihat KTM Duke 200 tidak pernah menang lawan CBR 250R, walau beda tipis tapi Duke selalu kalah dari Honda CBR 250R. Nyatanya seperti itu.

Kenapa? Kemungkinan karena peruntukan motornya beda. Yang satu full fairing, yang satu naked bike, si full fairing dengan windshield bisa enak dibuat nunduk, helm nempel ke tanki, tancappp!!! Sementara KTM stangnya dekat dengan posisi duduk full tegak, mau nunduk syulitttt…. memang tidak aerodinamis. Belum lagi bicara karakter mesin, giginya KTM Duke 200 memang giginya road bike yang pendek-pendek.

Begitulah…

Ini videonya:

About these ads

Responses

  1. pertamax
    motor cakep.. hehe.. dibanding cbr250 silver om, kenceng mana tarikan atas-bawahnya?

  2. mahal tapi memang sesuai kualitasnya. gak salah deh. no offence ;)

  3. cb cuma 14.02 hp? malu ah sama petir.. hihihi

  4. Terima kasih atas konten dan info yg menarik dan menginspirasi….thk u

  5. sip ditunggu penampakan setelah kabel-kabelnya di rapihkan

  6. Kata temen juga sih, tes di Sentul Karting lebih enak Duke buat diexplore dibanding CBR. Kalo di Sentul Besar, mungkin CBR yang unggul dikit :D

  7. duke200 lbh ditujukan utk kenyamanan harian dg rasa supermoto..
    menawan bgt.
    hrg pas dg desain elegannya n fitur.

  8. Dyno vs Street

    http://rideralam.wordpress.com/2013/01/12/colour-strategy-a-la-yimm-sebuah-counter-attack-nikmati-sajaaa/

  9. resep KTM lebih joss atau karena insinyur KTM gak kenal RON88 a.k.a premium.

  10. kalo ga salah ninja 250 di dyno sekitar 24-25 bhp, sementara krr mentok di 23 bhp, tapi kalo race bisa ketingalan jaut tuh, padahal sama sama power on the whell

    apa mungkin yah beda peruntutan motor

    duke = super moto

    cbr, ninja, = motor turing pake baju

    krr= replica racing

    jadi secara kecepatan di jalan uda beda

    ga tau dah, kenapa bisa begitu xixixi

    wong katanya ninja sampe di upgarade sampe 34 bhp onthe whell masi susah ngejar krr standart yang di dyno ane dapet sekitar 23 bhpan, lha gimana thu xixiix

    • Emmm… bener setuju, syulit juga menakar performance motor hanya berdasarkan hasil dyno test, tok. Cuman ya mau gimana lagi, ini salah satu alat ukur kan. Ada yang bilang Dyno di tempat satu dengan yang lain pun hasilnya bisa sama, ada Dyno pesimis dan optimis.

      Kurang tahu HP KRR di Dyno dapat berapa, tapi bobot motor, posisi riding, karakter mesin, semua pengaruh ke top speed dan akselerasi.

      • kalo top speed ane rasa pengaruhnya ke gear ratio sama power motor, kalo akselarasi ke bobot sama power di torqi

        kalo masalah dyno asal uda memenuhi standart sama sih dimana mana hasilnya, kan ada standart pengukuran yang uda di kalibrasi dari sononya,

        dan di dyno bisa di bilang sih itu test on the whell dimana bobot motor, karakter mesin semuanya terpampang jelas

        yang membedakan biasanya cuma lap time, kaya yamaha m1 yang merupakan motor paling lemot se moto GP, tapi bisa juara karena keseimbangan handling dan power, jadi motor ga overpower ga pula underpower, jadilah motor juara

        atau waktu race 250 si ninja kalah sama cbr, padahal ninja sendiri mau boncengin orang 60 kg masi mudah tuh nyelip cbr, cuma handling emang uda beda, dan hasilnya susah ninja ngecer cbr, dan mempermasalahkan 25 kg, 25 kg mah enteng ngejar cbr, ane pernah pake kok keduanya dan pernah test xixixix

    • power to weight ratio..
      aerodynamic..

      • aerodynamic uda sesama fairing bisa di bilang hampir sama, lagian bodi motor ga terlalu pengaruh beda sama mobil yang segi aerodynamic pengaruh gede banget

        PWR juga uda masuk ke dyno test

        ane sih curiganya untilitas replica racing yang lebih punya andil besar, kalo replica racing memang motor asli spek balap di kasih kebutuhan jalan raya, jadi lebih fit riset dari awal ke balap bukan kaya motor lain yang awal untuk harian sementara di balap dadakan,

    • ga pernah adu kebut ya…cm katanya ya.. ninja 250r ane cm 28 on wheel dan top speed 170an (160 km/jam gps) dan geber2an dg ninja rr hanya kalah awalnya aj tuh.. diatas 155 km/jam gw libas rr.
      cb cek di gps top speed rr std kl ada yg nyampe 150 km/jam gw salut banget..nget..nget…nget…

    • ane pernah boncengan pake n 250 betot2an dg ninja 150r. di jalan ketemu dg kec 100 km/jam sm2 betot gas, jelas ane ketinggalan jauh, selang krng lbih 800 m setelah gas mentok kesusul (spedometer hampir 160 km/jam) gw libas tuh ninja 150r. sengaja gw turunkan gas dikit ternyata sejajar saat spedometer 155 km/jam lalu gw betot lagi bye..bye..
      pernah jg betot2an dg ninja rr lagi boncengan malah cm tahan 150 km/jam betot ampe 160 km/jam ya bye..bye…
      intinya…top speed motor selaras dengan powernya.
      ga ada ceritanya ninja 250r kalah top speed dg rr kl sm2 std wong power on wheel aja bedanya hampir 3 hp..power to weight ratio? cenderung ke akselerasi. sy pake ninja boncengan (75+60 kg) dg ninja r (skitar 65 kg) sendirian kl dihitung pw to r jelas kalah jauh tp knp bisa unggul di top speed

      • @om bebey: selamat bermimpi om….1000persen ane gk pcy sama crita sampeyan. terlalu banyak pembual ninja 250 mengalahkan ninja 150rr klu sama2 standar…..ngakak ane…wkwkwkwkwk….. Ksian bgt yah…

  11. Ane cma pegang komen dri bro Satadal Payeng, blogger R2 dr India (2wheelsindia.com) yg udah test ride kedua motor ini. Walaupun power to weight ratio scr raw masih unggul Duke 200, tapi RACIKAN kedua motor ini sangat berbeda.

    Motor semi supermoto mau adu top speed sama motor supersport seperempat liter full fairing ?? Ya nggak pada tempatnya lahh. Apalagi gearbox 6 speed Duke itu sangat close & enteng, bener2 fokus ngejar akselerasi, terbukti di forum XBHP top speed aja masih unggul adiknya P200 NS krn faktor final gear ratio tsb.

    Bro Payeng bilang, Duke 200 itu spt replika motor 2 stroke, dgn tarikan ganas, tp hanya smpai 100 KPJ, krn mmg spt itu racikannya. Handling & kegesitan jg di atas rata2, tp jelas bukan utk high speed cruising apalagi racing, mmg bukan peruntukannya.

    Salam. :)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 235 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: