Oleh: arantan | Desember 22, 2012

Service besar Skywave di Performa motoshop, motor terasa seperti baru

Suzuki Skywave saya sudah 20.000, sebetulnya cukup tua tapi nggak tua-tua amat lah. Sayangnya di usia yang belum tua ini si Skywave saya rasakan sudah banyak problem. Mesin terasa kasar, nggak rata, ngorok, berdecit, juga kadang-kadang suka mati-mati. Ya udah, karena memang sudah 20.000 mendingan sekalian service besar, cek dari mesin, transmisi, sampai ke kaki-kaki. Maklum si Skywave ini sekarang jadi satu-satunya kendaraan saya untuk pulang pergi ngantor tiap hari.

Mesin

Pekerjaan di 20.000 ini daftarnya cukup panjang

  • Service besar
  • Ganti oli
  • Ganti filter oli
  • Ganti paking head cylinder

Ternyata setelah dicek ada kompresi mesin yang memang bocor karena klep yang sudah aus dan tidak pas lagi dengan dudukan klepnya. Klep mesti di skir dan ganti seal klep. Untungnya piston dan ringnya setelah dilihat masih OK, blok piston juga untungnya tidak ada yang baret.  Rantai keteng aman, tensioer aman, lifter aman.

Ada kerak-kerak di ruang bakar yang dibersihkan…. sisanya OK untuk mesin. Ada detail tentang karet setelan karbu yang mulai kendor… baiknya juga diganti walau tidak urgent

Transmisi

Untuk di bagian transmisi ternyata arah masang CVT belt nya kebalik. Akibatnya walau baru pemakaian 1 tahun lebih dikit sejak terakhir diganti, beltnya sudah mulai retak-retak. Jadi di transmisi Belt – Roller diganti, oli CVT juga diganti. Variator untungnya masih OK.

Kaki-kaki

Saya merasa kalau handling kurang kokoh alias kurang jejek. Setelah diamati memang kelihatan kalau keausan ban depan memang salah satu sisinya lebih abis, inidkasi kalau ada yang nggak bener…. Tadi pagi saya baru di info kalau komstir OK, shock OK, oli pun OK. Tapi memang komstirnya kering.

Ban depan saya ganti ke Batlax SS lagi, sudah pakai masuk 4 tahun.

Hasilnya

Waktu pertama kali saya coba sehabis di service, asli si motor terasa seperti motor baru :) bukan lebay. Tapi memang si mesin jadi halus, pada kecepatan rendah, si motor bisa manteng pelan. Sebelumnya seperti ON – OFF, ketika di betot pun si motor mau. Selain itu Leo Performa juga menyetel rem depan-belakang. Rem belakang saya tadinya terlalu pendek, langsung ngelock kalau di remas, sekarang berjarak.

Manteb!

Terimakasih klinik performa, dulu Skywave saya ndut-ndutan sekarang halus banget!!!

Responses

  1. Kuda pekerja emang harus tangguh untuk segala medan :)

    Sent from AndroBerry® via Smartfren EVDO Network by Arif Rakhman, English-Indonesian Translator
    miokabay@gmail.com

  2. Efek dikasih premium ya mas? Klep jadi bocor? Karena saya baca buku pedoman kepemilikan minimum RON 91

  3. Saya juga pingin skywave ni kang, berapa total biyaya servisnya fullnya kang?

    • 600 an all in, termasuk oli, filter, jasa, belt dll, termasuk ongkos taxi malah. Tapi belum ban sama kaki2x ya, batlax mahal bener.

      • terima kasih kang atas infonya jadi deh mau beli 2nd skywave :)

  4. Bro,

    kalo helm in bisa di serpis di Leo ga?? please advice

    • bisa donk.

  5. 20 rebu mah ga tua-tua banget. setara 2 tahun kerja normal.

  6. klep emang mesti di skuur per 10ribu, sekalian ganti seal-nya. tentunya biar payungnya nutup mantep tanpa bocor. kerak-kerak itu wajar lah, apalagi masih pake karbu, siapa yg bisa jamin pembakaran selalu sempurna.

    set cvt, kalo mio biasanya per 3 tahun atau 30rebu. gak cuma belt, tapi satu paketan. per 4 tahun (40rebu) juga masih oke tanpa masalah (selain belt) kalo makenya bener dan rajin ganti oli cvt…

  7. wih, mantap om..
    sehat lagi skywavenya, :)

  8. Ada foto overhoulnya gak oom? Pengen liat kerak 20rb km gimana? Soale.motor dah 13k km.

  9. ane 30000 km belom servis besar,, emang idealnya per berapa km?
    motor dah 3 tahun..

    • Kalau saya sih di 20 ribu

  10. Om.. alamat bengkelnya leo perfomance dimana ya… penasaran mo coba…

    • Kamboja 30a, Tomang bro. Telpon dulu aja.

      • Wow… jauh juga ya om… buka cabang didaerah timur jakarta gak? Soale rumahku di pinggiran jakarta sebelah timur…
        Thx ya om…

  11. Skywave sie gak ada matinya om… Mantep. Cuma wkt baca yg ttg overhaul mesinnya kok ad rantai keteng y om?

  12. terimakasih om arantan, hehehehe. maap ya kl salah aksih info sebelumnya. menurut saya service besar lbh baik dilakukan per 20rb atau 25rb maximal, karena pasti di ruang pembakaran banyak kerak dan tidak tertutup kemungkinan kompresi mesin akan bocor alias menurun disebabkan klep yg sudah tidak presisi lg. utk kerak mesin walaupun pake bahan bakar ron 95, 91,88 smua pasti meninggalkan kerak. yg saya temukan apabila jarak nya sdh mencapai 20rb km, pasti ada penurunan kondisi mesin di sektor tenaga, bunyi mesin yg tidak halu lg, oleh sebab itu alangkah baiknya lakukan service besar secara berkala di setiap 20rb atau 25rb km. dari situ kita bs lihat kondisi mesin motor baik rabtai keteng nya, piston nya, dll, apakah masih dalam kondisi bagus atau sudah mengalami keausan. sekian tips dari saya. mohon maap apabila ada kesalahan dalam penulisan, terimakasih

    • wah om Leo maen di mari nih :D
      nanti kalo uda 20rb km supra helm in aku serpis di om yak…. :D agak minder ke tempat si om, moge semua (-_-)

      @Arantan: thanks bro buat sarannya :D nanti mo serpis di Om Leo :D

  13. wah jadi pengen service juga nih di Performa Motoshop, cuma itu kyknya bengkel Moge ya.. soalnya suka keder juga masuk bengkel2 moge, jgnkan bengkel masuk toko aksesorisnya aja di cuekin : / soalnya SW gw juga udah mulai brisik sama klo boncengan suka kyk ga stabil jalannya.

    • Its OK harusnya. Skywave saya service disitu, kalau berisik kemungkinan CVT sudah perlu dibersihkan ya? *paling tidak?

      Sebetulnya bagi bengkel itu bisa-bisa serba salah yah? :) Kalau begitu datang di sambut nanti di bilang, kok mau lihat-lihat aja ditongkrongin terus.

  14. kesan saya sih om leo ini nggk anti sama motor bebek atau non moge. orangnya profesional semua motor dilayani sama baiknya. malah kita nggak sekadar “keluar duit” di sana, dapat edukasi juga. misalnya masalah servis apa atau jenis sparepart apa yang cocok dengan motor kita. dia malah sering “marah” ke saya karena menurutnya barang2 atau modifikasi yang saya inginkan nggak perlu…saya pernah mikir nih orang kok nggak mau ya dikasi uang. sepertinya bro leo ini ingin membangun loyalitas konsumen dengan menjadikan konsumennya cerdas, selamat dan aman berkendaraan. alhasil walaupun jauh dari kampung halaman (di bogor he..he..) kalau servis atau apa saja pasti balik lagi ke performa motor.

    mudah2an bermanfaat ya om arantan dan kawan2

  15. kalo bli mesin skywave bisa gak gan,, motor ane udah parah bgt mau ganti mesin


Tinggalkan Balasan

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 224 pengikut lainnya.

