Oleh: arantan | Oktober 31, 2012

Akhirnya keluar juga, frame CB 150 pantasnya disebut apa yah?

Akhirnya motor 150  baru dari AHM keluar juga, namanya keluar bukan menggunakan trellis, teralis, raptor atau nama-nama seperti yang di gossipkan sebelumnya. Yang lebih penting saya lihat framenya pun bukan trellis frame. Rasanya saat ini sudah tertutup gossip dan hoax lama dan bertubi-tubi hingga sekarang sudah terlanjur salah kaprah.

Semoga nantinya bisa diluruskan, sehingga di Indonesia pun istilah trellis bisa bener.

Framenya si CB 150 Streetfire lebih mirip ke frame CBR 250R, yang kalau nama aslinya adalah diamond frame with truss structure. Jangan keliru dan terjebak dengan hoax teralis/trellis sebelumnya. Postingan mbah dukun saya rasa cukup bisa menjelaskan http://indobikermags.com/2012/07/20/ini-dia-frame-teralis-sesungguhnya-beda-dengan-frame-cradle/ Coba lihat ini juga yak http://www.diseno-art.com/encyclopedia/archive/motorcycle_frames.html

Ini waktu CBR 250R saya di buka fairingnya dan masuk ke AHASS, framenya terpisah. Mesin terlihat berada di dalam frame. Tentunya CBR 250R bukan berframe trellis.

Coba dibandingkan bentuk framenya dengan the real trellis frame, seperti pada KTM di bawah. Mesin tidak lagi berada di dalam frame, tapi pada trellis asli ini, mesin digantung ke atas frame. In principal secara mekanika teknik kedua jenis frame ini BEDA TOTAL. Trellis in principal malah justru lebih mirip ke perimeter/ delta box.

Trellis frame. The trellis frame rivals the aluminium perimeter frame for rigidity and weight. A favorite of Italian and European manufacturers it has proved a great success in racing and competition. The Trellis frame uses the same principles as the perimeter frame, and connects the steering head and swingarm as directly as possible.

Bisa kelihatan bedanyakah?

About these ads

Responses

  1. Salah kaprah yang digembar gemborkan oknum, mengakibatkan pembodohan otomotif.. :mrgreen:

    • akakakaka :mrgreen: ekspetasi berlebihan

    • Hahaha.. Sesuatu banget ya om Ben..

    • Mending Kawasaki yah.. Ga pake ribut2 ini itu, tau2 keluar, langsung laris manis inden nya :D

    • artikel pencerdasan otomotif n saya pun jadi paham!

      @om ben
      setuju om, selama ini dibiarkan salah kaprah!

  2. makanya teaser CB150R ga berani menampilkan rangka

  3. Bongkar head, mesti turun mesin tuchh, ganti busi jagan2 mesti copot tangki
    jikakakakaakka

  4. mentang2 sampingnya model jeruji, langsung maen cap teralis aja. :D
    Jadinya antiklimaks deh.

  5. numpang ngakak gan…hahahahahaaa..trallis abal2

  6. yups….
    terlalu berlebihan ekspektasi & pemberitaannya… :D

  7. tp knp ampe skrng sebagian blogger msh bilang nih motor teralis??
    apa perlu diupgrade pengetahuan tuh blogger

  8. mencerahkan..Ninja 250 juga disebut nya ‘diamond’ yah bukan trellis..

  9. mungkin anggapan teralis disini asal pake rangka pipa disebut teralis mas

    http://www.dk8000.co.nr

  10. berita sensasional emang laris manis..

  11. teralis CB150 kelihatan simple, mungkin jurus menekan biaya drpd bikin semacam deltabox yg lebih mahal

    • lah kan udah dibilang bukan rangka teralis bro!
      kok masih salah kaprah nyebut teralis cb 150?
      :-D

  12. Bukanya yang melempar isu frame tralis itu para Blogger? Orang awam pun pasti nyebut besi palang2 juga teralis.

  13. trellis frame mnggunakan prinsip yg sama dg perimeter-deltabox. Steering head & swing arm sjajar & sdekat mgkin, tp kontruksi’y cukup beda dmana tube/aluminium/baja pendek2 drekatkan jd satu dng dlas.

  14. ekspektasi saya thd si teralis tnyt berlebihan…. antiklimaks deh… tp mesinnya mantab.

  15. deltabox/twinspar is the best for motorcycle, balap motogp sudah membuktikan……..

    • Ya saya kalo pilih delta box atau tube ya pilih perimeter/delta box memang :) Cuman harusnya lebih mahal ya. Delta box yang saya maksud delta yang di CBR 150R yak, yang guede – meyakinkan :P

  16. kasih nama onde2 :mrgreen:

    http://irza4627.wordpress.com/2012/10/31/update-new-vixion/

  17. Nah ini dia! Pantesan waktu liat penampakan frame cb150 di blog2 laen, kaya ada perasaan dejavu gitu. Kayanya pernah liat frame kaya gini di blognya mas Arantan. Dan ternyata bener, mirip CBR 250 (foto CBR 250 nya mas Arantan waktu di servis di AHASS beberapa waktu lalu). Sempet mau komentar di blog2 laen soal kemiripan frame cb150 ama cbr250, tapi takut salah. Tapi setelah baca artikel ini, jelas lah semuanya :D

  18. finaly……..ada juga yg berani ngomongin racun….tu woi yg lu minum….jadi pada nyadar dehhhh
    tong kosong nyaring bunyinya msh berlaku di dunia blogegeran

  19. Truss Frame, dr teaser yg di youtube.

    • Iya sudah dapat release juga

  20. rangka CBR250, mesin CBR150, bodi dan tangki agak ke-Tiger2an, spakbor dan lampu depan agak mirip Vixi old……..

    *tapi emang patut diakui, motor ini cakep :mrgreen:

  21. gak tau dah model teralis ataw bukan…yg penting ketahanan mesinnya..yg pasti ya boros nih motor…..menurut ane kalo ngeliat fitur ..ane lebih suka ke nvl…tahan dulu liat situasi pasar slama setaun baru ketauan dah….

  22. sory mas arantan, itu syarat darimana?
    kalo ini frame apa?

    • Siang bro,
      Saya bukan bilang syarat, itu salah satu ciri pengenal. Trellis frame mirip dengan perimeter/deltabox, dimana keseluruhan mesin menggantung ke atas.

      Tulangan depan, yang biasa kita lihat di motor sport umum tidak diperlukan lagi. Kalau tertarik, kapan-kapan kalau saya ada waktu saya coret-coret tentang penurunan/skema tarik tekan framenya, dari situ bisa ketahuan tentang beda pembagian beban antara trellis dan bukan.

  23. Berarti besi yg di jendela2 itu gak bs di sebut teralis ya gan? Bingung ane

    • ya teralis…besi jendela..benar anda…

  24. Krn framenya ga bertemu… Jd body mesin sbg pengikat frame… Hal ini menyebabkan getaran mesin mudah tersalurkan ke frame teralis… Akibatnya akan sering ditemui getaran bodi stl usia pemakain tertentu…
    ….Di samping itu konstruksi framenya terlalu ribet, menyebabkan kesulitan jk ingin mencopot busi…
    Nyopot businya kudu nglepas tangki dl… Bahkan businya pun dibungkus kap silinder… haduhhh betapa ribetnya.
    Gak spt tiger, NMP, byson & vixion yg sangat mudah bila pemakai ingin ganti busi sendiri…
    …..Blm diketahui jg material Las yg dipake.. entak dr las besi atau las kuningan.. kalo dr las besi ya dipastikan cepet karatan…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 238 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: