Oleh: arantan | Oktober 27, 2012

Honda Freed, interior uenak bener!

Tipe yang saya coba adalah Freed PSD, yaitu tipe paling atasnya Honda Freed dengan double power sliding door kiri kanan, retractable mirriors, dual airbag, velg beda, digital AC, tapenya juga lebih bagus dan lain-lain. Di bawahnya ada 2 tipe lagi. Saat ini tipe PSD sudah hilang sekarang adanya:

  • Freed S-Alpha, 210 juta
  • Freed S, 230 juta
  • Freed E, 261 juta. Tipe E inilah yang dulunya dinamakan Freed PSD

Saya cuman nyobain di weekend dalam jarak pendek sekitar 2 km an untuk ngisi bensin dan balik lagi 2 kman.

 

Konfigurasi Honda Freed, orang bisa berjalan dari pengemudi sampai ke belakang. Kursinya pisah-pisah.

Duduk di tengah atau row kedua Freed punya concept sebagaimana MPV lainnya, low deck untuk easy access, sehingga memudahkan anak atau orang tua keluar masuk mobil. Leg room cukup lega. Maksudnya kalau dibanding mobil sedan ukuran kecil Freed lebih lega. Di banding Xenia – March – Juke, Rush, Terios, ruang duduk Freed masih lebih lega, tapi kalau dibanding Serena ya masih lebih lega si Serena. Kursi row kedua pun bsa di stel maju mundur. Row kedua ini adalah captain seat dengan arm rest yang bisa di tegakkan.

 

Dashboard 2 susun, co-pilot di kasih meja kerja. Persneling di dashboard sehingga antara kursi pengemudi dan cockpit tidak ada tonjolan dari bawah. Digital AC seperti di gambar ada pada tipe PSD.

Pada tipe Freed E yang baru, arm rest untuk row kedua ini ada kiri dan kanan, sedangkan PSD masih tersedia di sebelah kanan saja.

Setirnya freed pun sangat ringan, hampir serasa main game dimana feel untuk memutar tidak terasa, sangat-sangat ringan. Posisi dashboard rendah hanya sedikit di atas perut. Akibatnya pandangan supir ke depan SANGAT luas. Kursi co-pilot atau samping supir dilengkapi dengan dashboard yang sering dibilang tempat menyetrika, karena dashboardnya terbagi 2 bagian, atas dan yang lebih bawah menjorok ke co-pilot, co-pilot seperti diberikan meja kerja.

Rem tangan ada di kaki, tekan untuk mengunci. Posisi persneling automatic menempel di dashboard.

Freed berconcept “walk through cabin”, jadi 3 barisan kursi dari depan sampai belakang bisa dilewati orang. Mulai dari depan, kopling ada di dashboard, antara pengemudi dan copilot kursinya terpisah. Noted, melewatinya tidak dengan leluasa karena jarak antar kursi pun sempit, juga tinggi plafond terbatas.

 

Sliding Doors bisa dibuka tutup dari remote. Pastikan dalam keadaan On.

Sensors, oh my…

Prosedur untuk pintu PSD nya berjibun. PSD freed dilengkapi dengan pinch sensor. Maksudnya hampir sama dengan pintu lift, ketika ada suatu halangan, misalnya terjepit tangan, si pintu akan stop dan berhenti.

Si pintu pun bisa di lock dan dikendalikan dari kursi supir, mirip  seperti power window pada mobil umumnya.

Waktu di pompa bensin, ada kejadian lucu juga. Sapai di SPBU saya buka penutup bensin dari dalam, kemudian maunya membuka sliding door supaya kakak saya yang ownernya Freed bisa membayar… maunya begitu. Tapi ternyata tidak bisa, karena power sliding doornya Freed punya prasyarat, sliding door tidak kiri tidak bisa dibuka kalau tutup bensin membuka. He he he.

Honda Freed tidak dilengkapi dengan GPS, kamera dan TV dari pabriknya. Kalau di berikan TV, kamera dan GPS itu promo dari dealernya. Freed PSD yang saya coba, sudah ada kamera mundur dan GPSnya, tapi itupun tidak di link dengan TV di dashboard, mangsudnya lihat view mundur harus dari layar GPS. TV untuk penumpang di head rest pengemudi pun tidak ada.

Kalau di banding dengan Nissan Serena, tipe CT pun punya 3 TV, 1 TV di dashboard, 2 TV di head rest untuk penumpang. Kamera mundur pada tipe HWSnya Serena pun link dengan TV di dashboard. Begitu masuk ke gigi mundur, view dari camera langsung berubah. Si Freed pun tidak dilengkapi dengan double blower, walaupun demikian pengudaraan baik, alias begitu masuk langsung dingin dah…

About these ads

Responses

  1. hmmm soal suspensi, mesin dll gmn ? :D

    • suspensi keras…hahaha…
      mesin… 1.500 cc (sama kayak jazz) untuk bodi lebih gedhe dan kotak… jadi jangan berharap kejar-kejaran ma Innova…hehe..

      tapi interiornya nyaman banget… paling seneng ma dashboard ala caffe bar…

      • 1500 mau kejar kejaran ama innova???

      • Innova kan 2.0 bensin atau 2.5 diesel bro :)
        Tapi interior Kijang ya begitu-begitu saja.

        Kalau dari luar kelihatannya mahalan Freed = Honda, padahal Kijang range harganya jauh juga, dari 200 ke 300!

      • meskipun 1500cc, tapi masi lebih narik freed ko om
        di autobild freed dari 0-100kpj butuh 11-12 detik
        innova bensin butuh sekitar 13 detik malah

        PWT innova kalah, gk usah ama freed, ama avanza s pun innova kalah narik

        iyalah mesin 136Ps RWD innova jelas buat tarikan bawah, atasnya agak kedodoran

        klo mau mpv kencang di rentang 1500-2000cc ya honda stream yg 2000cc 150PS iVtec, atau CRV gen2 7 seater yg juga sama mesinnya ama stream 2.0
        ada dana lebih dikit ambil oddysey saja

      • Widih Innova 136 gede juga, baru tahu. Tapi Kijang ya… Kijang banget! ha ha ha.

  2. Ada harga
    Ada rupa

  3. Mobil idaman ane, tapi untuk sekarang pake all new rio dulu deh

  4. apik..apik..awal kemunculan ini boil banyak yang mencaci, aneh-aneh..ehhhh, konsumen berkata lain, dan menjadi pilihan bagi yang bosan dengan innona… ini skrg menjadi kelas premium,

  5. keren emang, idaman kluarga banget.
    salut buat designer ny..

  6. Kamera mundur bisa diintegrasi dengan dengan tv di dashboard Omm..
    (kebetulan punya yang type E di rumah). Begitu gigi mundur langsung nongol tuh gambar… kalo GPS belum pasang

    menurut saya, fitur interior dan eksterior… dah top dah… sekalian pakai jok kulit lebih aduhai…
    cuma bantingannya yang keras khas mobil Honda yang gak nahan…
    dibanding mobil saya yang lama / x-Over…. jauhhhh

    • Pengennya sih Serena Highwaystar… lebih gedhe pula…
      cuma’ itu nissan gak ganti2 modelnya mulai taun 2004, dan yang pasti freen lebih murah……. wekekekek

      • Betul, setuju! :) HWS 3 TV, tapi konon 2013 bakal muncul baru.
        Kalau di Jepangnya Serena sudah di ganti 2 kali.

      • tapi harga naik paling gak 30 jutaan…. kata salesnya di IIMS :(

  7. Freed irit banget, cuma isi seminggu sekali pertamax 400rb full tank.
    Innova dulu borosnya minta ampun, kelemahan dari freed bangku ketiga kurang luas orang dewasa tdk muat, selain itu mantap ..
    Gw pake freed psd yg 2010, belum retractable mirror, signal mirror n no sensor parking
    Rencana sih mau upgrade ke new odyssey, semoga tercapai ..

  8. masih enak Livina, klo Freed, duduk di tengah ama belakang kek naik Avanza eee….interior oke…apalagi mazda 8 lebih oke lagi wkwkwkwkkwk

    • Mirip di tinggi dan tegaknya kemungkinan iya. Tapi leg room Freed kalau dibanding Xenia ya jauh. Leg room Livina sebaliknya Livina mepet. Selain itu di Freed untuk ke baris ketiga bisa lewat tengah antara captain seat, sama dengan Serena. Kalau Livina dan Serena mesti lipat bangku. Lebih sulitnya lagi plafond Livina pendek.

  9. freed mesinnya masih kedodoran dibanding veloz.sama2 1500 tp freed kalah torsi dalam keadaan penuh penumpang didalamnya.ane uda perna tes bawa ke bandung, untuk mesin veloz lbh perkasa meskipun freed interiornya lbh nyaman

  10. freed mantaaaaaaap…..

  11. fredd my hearth


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 223 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: