Oleh: arantan | September 4, 2012

INK MF1 vs Nolan N43

Saya baru beli helm, justifikasinya simple saja karena saya butuh helm… ;)

Helm baru ini harus merknya lokal, kenapa harus lokal? Karena di kantor baru ini dari pengamatan saya nggak ada teman-teman yang nenteng helm sampai ke cubiclenya. Semua pada ninggalin helm di motornya masing-masing. Kalau ninggalin helm Nolan N43 saya kok sayang juga, takut hilang sih nggak, tapi takut baret-baret karena kemungkinan di geser-geser motornya.

Juga saya butuh helm lokal yang punya arah pandang yang luas, dari atas sampai ke bawah dan juga melebar. Karena itu mau yang nggak full face, tapi saya tetap mau ada chin guardnya.

Pilih-pilih di juraganhelm, pilihannya ternyata kalau lokal ya sama juga, helm full face atau open face. Ujungnya hasilnya kembali lagi ke INK MF1, helm yang mirip-mirip dengan Nolan N43, dengan harga sekitar 1/5 nya lho. Nolan N43E, Italy version di jurganhelm 2.9, sementara INK MF1 di 400 something. So bicara harga wajar kalau bicara expectation kualitas lah. Kalau soal “gengsi” ya tentunya jauh lebih bergengsi pakai Nolan daripada INK, no contest there.

Ini Nolan N43 saya, versi awal tanpa “E” di belakangnya jadi tipe saya ini chinguardnya masih tipis, pada Nolan N43E yang baru chin guardnya lebih tebal dan ada spoilernya keluar. Visor tipe N43E pun sudah ada tempat untuk pinlocknya. 

N43 ini n-com ready, alias bisa dilengkapi dengan bluetooth untuk kit komunikasi rider – passenger, kit untuk komunikasi bluetooth dengan handphone, atau untuk mendengarkan MP3. n-com ini harus dibeli terpisah dari helm dan harganya mencapai harga helmnya sendiri, alias mahal pisan men. Bulatan dengan tali kebawah itu mounting video contour, bukan bagian dari helm. Kalau mau lihat tentang contour bisa dilihat di sini. Untuk tahu lebih banyak tentang n-com bisa lihat websitenya n-com dari nolan di sini.

Ventilasi Nolan untuk atasnya di slide atas dan bawah, untuk membuka tutup. Kalau terbuka atas terbuka dan bagian sampingnya membuka serong ke samping, cantik.

Ini INK MF1, secara bentuk sama plek dengan Nolan N43. Chin guard, sama dengan N43 yang tipis. Visor tentunya juga tidak ada tempat untuk pinlock. Bentuk visornya sendiri pun sama.

Sampai slide untuk naik turunnya visor kaca gelap dalam pun persis. Tapi tentunya tidak ada fasilitas n-com. Yang ada adalah fasilitas untuk menggembog helm. Jadi di sisi kiri INK MF1 ini ada lubang yang tembus, dimana kita bisa menggembog si helm ke bodynya.

Untuk ventilasi atas, tentunya tidak buka tutup seperti yang ada di Nolan.

Secara bentuk plek sama ya?

Kesimpulan

Saya baru pakai helm INK MF1 ini sekali, perajalan dari rumah ke kantor, sekitar 15 km-an. Sementara visor gelapnya ampuh juga menahan sinar matahari pagi. Malah seperti ada warm filternya alias warna menjadi kecoklatan.

Busa INK sedikit lebih keras dari Nolan, keras bisa berarti bagus karena mantab, tapi belum tahu juga kalau dipakai jarak jauh.

Texture inner fabric, cukup kesat dalam arti bagus. Kalau texturenya si Nolan N43 yang Italy ini lembut, sehingga kalau pakai penutup kepala, kadang-kadang helm bisa slip juga.

Overall, ya good lah, worth to buy.

About these ads

Responses

  1. Wah, enak tuh helm ada bluetooth jadi bisa telpon pake bluetooth mengurangi dampak kecelakaan karena berkendara sambil tangan satu pegang hendpon, mantabh nolan

    http://rec303.wordpress.com/2012/09/04/akhirnya-indonesia-akan-mempunyai-sirkuit-lain-selain-sentul/

    • Salah satu kekurangan cowok adalah multi-tasking. Cowok sulit membagi pendengaran menjawab dan nyetir, jadi memang sulit untuk mengemudi entah bermobil atau bermotor sambil berbicara di handphone. N com pakai bluetooth dan di luar pun diperjual belikan bebas. Peraturan di US pun masih diperbolehkan u berhandphone asal tidak dipegang. Jadi ber sms atau ber bb sudah pasti tidak boleh. Untuk berbicara kembali lagi, seberapa urgent sih? Mending nelpon dulu sebelum jalan, tanya availibility baru jalan. Ya kalau sudah keburu jalan kemudian orgnya nggak ada gimana? He he he

  2. Lumayan bagus nih helm, kemaren pas di PRJ udah niat mau beli buat nyonya buat jadi helm cadangannya. Tapi pas dicoba kegedean & bobotnya lumayan berat. Tipikal helm INK.

    • Kalau berat memang mirip helm full face.

  3. Ventilasi gmna om? Pngalaman dulu si pake mds, Kyt sampe ink ventilasinya kayak ga ngefek

    • Memang kayak kurang adem sih

  4. ada trik biar helm mahal bisa ditinggal di motor.
    sy selalu kunci helm import dgn kunci spiral merk masterlock, triknya helm ditutupi plastik kresek hitam supaya terkesan helm butut sekalian melindungi dari hujan.
    plastik di remas2 sedemikian rupa sampai penampilannya kucel n bluwek :)

  5. kapala sangat b’harga….jgn spe helm d anggap mhl sedangkan sepatu/sandal dibeli dg jutaan rupiah!!! mantafff helm’y

  6. saya suka helm ini, belum sempat kebeli, masih buat yg lain

  7. kira-kira cocok buat yang bermuka lebar dan besar gak ya mas?

    • Cocok, karena banyak teman yang diberkahi tubuh subur pun juga masuk ke Nolan N43.

      Untuk yang INK MF1 ini, saya sempat mencoba size L, itu longgar di bagian pipinya, ngoplok di saya, jadi akhirnya pakai size M. Setelah L masih ada XL dan XXL bro.

      • kalo diliat dari depan gak aneh ya mas. soale masih ragu mau ganti helm nih cocok kemuka atau enggak.

        soale udah masuk tahun ketiga jadi saatnya ganti helm :D

      • Nah itu, enakan lihat si helmnya langsung, ngerasain beratmya juga

      • oke deh mas, nanti saya main-main ke tempat yang jual helm :D

        terimakasih banyak infonya :)

  8. duh, nyari2 ink MF1 dikota ane susah bgt..

    • dikirim via paket kan bisa bukannya?

      bisa ke juraganhelm.com atau juraganhelm.multiply.com ;)

      • Bisa kirim, tp helm enaknya dicoba. Tiap tipe size lain2x, bentuk juga ngaruh. Juragan tokonya ada di perjalanan pulang sih.

  9. MF1 yak? ada warna putih metalik ga ya… asal jangan putih mutiara :P

    • Dari INK ngeluarin warna putih, tapi kemarin nggak ada di tokonyah.

      ________________________________

  10. okesip. masuk shoplist 2013 deh.

  11. Di kaskus ada yg jual MF 1 harganya lumayan murah tuh,cuma 370 rb (baru,warna komplit)
    Coba dicari id nya Louphy

  12. pas make berisik ga gan…biasanya hel ink dkk berisik banget suara angin yang masuk

  13. [...] Ini postingan saya sebelumnya tentang perbandingan INK MF1 dengan aslinya Nolan N43. [...]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 235 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: