Oleh: arantan | Mei 6, 2012

Hasil diagnosa injeksi Yamaha lebih canggih dari medical record

Waktu acara kumpul-kumpul blogger dengan Yamaha saya sempat diperlihatkan peralatan diagnosa Yamaha untuk injeksi. Peralatannya cukup sederhana dan practical, cuman seperangkat notebook saja, yang kemudian diisi oleh softwarenya Yamaha. Dengan satu software tersebut bisa mendeteksi perangkat kelistrikan dan sensor-sensor injeksi yang ada pada motor Yamaha.

Notebook tinggal colok ke USB, masuk lagi ke kotak hitam kecil nya Yamaha kemudian masuk lagi ke motor, mudah. Mekanik bisa melihat data-data apa yang terjadi pada motor Yamaha saat itu. Data seperti putaran mesin, suhu, tegangan battery, voltase dan anu dan itulah… Pendeknya semua terportret pada notebook.

Hasil dari rekaman periksa tersebut saya sebut lebih canggih dari medical record karena mereka punya database yang terconnect. Saat ini medical record rumah sakit cuman punya medical record sendiri-sendiri, tidak terconnect dan tidak punya standard menyeluruh. Kalau kita berobat di RS yang satu kemudian pindah, si RS berikutnya tidak tahu sebelumnya kita punya alergi apa, pernah mengalami pengobatan apa kan? Tapi di Yamaha ini, hasil rekaman tersebut di upload ke database, jadi history motor Yamaha juga bisa dilihat oleh bengkel lain, artinya pindah-pindah bengkel sampai pindah-pindah kota pun kelihatan. Dengan alat ini mereka sampai bisa mengetahui apakah nomor ECU nya sudah berganti dari pabrik, history kebiasaan pengendara yang suka geber-geber pun ketahuan.

Alat ini sudah di distribusikan ke seluruh jalur service resmi Yamaha  sebanyak 2.500 secara nasional dan pada tahapan berikutnya bengkel-bengkel non resmipun bisa mendapatkan alat yang sama dengan training yang sama.

Lebih lanjut Yamaha juga punya semacam blackbox, yang bukan saja mengukur kejadian mesin saat itu saja, tapi juga bisa merekam apa saja yang terjadi di motor tersebut selama 2 minggu. Si kotak kecil kira-kira ukuran 15×8 cm tersebut bisa dimasukkan ke bagasi dan secara otomatis merekam apa saja yang dialami si motor, sampai akhirnya dikembalikan ke bengkel lagi untuk di download datanya. Kalau dipinjamkan ada problem nggak balik nggak nih motornya?

Anyway penggunaan aplikasi ini saya rasa bisa meluas kemana-mana, misalnya:

  1. Yang pertama tentunya pusat penjualan motor second! 
    Ya iya, kalau menerima motor penjual tinggal colok saja kan ketahuan apakah sudah diganti-ganti apakah ada yang nggak bener… Kalau pembeli mau lihat motornya juga gampang saja, semua tinggal colok, kelihatan semua dengan jujur dan fair
  2. Masih tentang jualan adalah jualan bersertifikat hasil colokan Yamaha! Setelah habis di colok, data yang masuk ke database tersebut bisa di share secara online. Bagi yang mau jual lewat media online seperti kaskus tinggal memberikan link dan ID motornya, langsung keluar historynya seperti apa, pemilik sebelumnya dan sebelum-sebelumnya bisa ketahuan cara memperlakukan motornya seperti apa. Hasil colokan motor terakhir tersebut kemudian di seal mati oleh pabrik, partsnya bener original dan berfungsi semestinya.
    Kalau bukan secara online pun, tentunya hasil rekaman tersebut bisa di download, bisa di print, ini tentunya menaikkan nilai jualnya Yamaha sekaligus mengajak para pengguna Yamaha supaya kembali ke bengkel resmi
  3. Berikutnya bagi mereka yang menjadikan motor yamaha sebagai motor operasional. Apakah itu pengantar Pos, Pengantar Pizza. Tim maintenance motor operasional tersebut tinggal secara berkala mencek motornya, apakah semuanya masih dalam keadaan baik dan tercontrol.
  4. Tahu Nike Plus? Sekarang barangnya sudah macam-macam, kerjasama dengan Apple, berGPS Fuelband lah dan lain-lain. Sebetulnya asalnya cuman sensor yang dimasukkan ke sepatu, sensor dengan accelerometer tersebut mencatat berapa kilometer saya sudah berlari. Di komunitas pelari, nilai km tersebut menjadi suatu kebanggaan dan memacu semangat untuk berjogging… Teman saya mingggu ini sudah lari sekian km, saya juga harus bisa! Kalau di motor gimana? ya bisa menjadi suatu kebangaan juga, paling tidak ketehuan service bulan ini saya sudah touring kemana, habis KM berapa dan motor saya terawat baik!!!

Next? waduh, kalau data sudah terekam dan di share the sky is the limit. Tinggal siapa yang paling cepet bisa mengerjakannya aja nih… Ini sebetulnya mulai masuk ke era Web 3.0 sesungguhnya.

About these ads

Responses

  1. Canggih juga ya bro…apikapik

    Ini penyebab desain motor india sama semua.

    http://motoroda.wordpress.com/2012/05/06/plus-minus-desain-motor-india-yang-one-for-all/

  2. wah saya baru tau, hebat juga yah yamaha. btw apa honda dengan CBR 150 dan 250 nya bisa begitu? saya harap teralisnya honda juga bisa kayak yamaha dalam memberikan tekhnologi komputerisasi pada motor2 nya.

    • Kalau ngomong bisa nggak bisa…. harusnya pasti bisa! :)

  3. WOW MANTAP

  4. [...] sumber foto: Kang Arantan [...]

  5. kalo bisa…alat tersebut diterapkan kebengkel umum>>bukan hanya fokus kebengkel resmi saja,,yah sekalian promosi alat dan membuktikan karya yamaha motor tecnologi electroniknya>>canggih(sangat ampuh)

  6. kasih tau dong sofwwre y dengan donload d google bisa g?kasih tau y bos,,…………

  7. lw untuk alatnya sudah di pasarkan tp bkan ori yamaha. melainkan merk china.
    n lw masalah softwerenya kemungknan besar di internet gac ada.. meskipun ada softwerenya tetapi tidak ada alat diagnosanya juga tidak bisa…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 238 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: