Oleh: arantan | Januari 15, 2012

Mau buat TV commercial Bajaj, pahami dulu tentang Bajaj

Tagline Bajaj dari India adalah Distinctly Ahead, kalau di terjemahkan ke TVC si pembuatnya mesti paham betul tentang brand perception yang mau di bentuk. Khusus untuk Bajaj, nama korporasi melekat dengan produk, “Bajaj Pulsar” Juga karena semua motornya adalah tipe non underbone, maka arahan komunikasinya menjadi satu dan mudah. Maksudnya tinggal mengkomunikasikan produk, otomatis brand korporat ikut terangkat dan sebaliknya. Corporate Brand melekat dengan produk.

Tapi tentunya dengan begini komunikasinya harus super hati-hati karena kalau image corporate brand buruk, persepsi terhadap produknya tentu akan kena.

Kasusnya menjadi lain misalnya terhadap AHM, image produk bisa bermacam-macam, karena produknya sangat bervariasi dari skutik premium dan murah, bebek, hingga CBR, tapi corporate brand dibentuk dari value secara umum…Bahwa Honda secara kotrporat adalah trustworthy, irit, green technology, world wide brand lah!

Back to Bajaj, arti tagline Bajaj seperti yang pernah di tuliskan di sini adalah sebagai berikut.

“Distinctly Ahead”, by which it would chart its strategy for the future. This vision aims to align the company and all key stakeholders with a clear, purposeful, and unifying direction.

The vision is about being Ahead by being Distinctive. Being “Distinct” in all that the company does – in products and technology, in marketing and communication strategy, in manufacturing models, in distribution and to that extent in each and every function.

Distinctly Ahead comprises of three core values Speed, Innovation and Perfection:

Saya terjemahkan, persepsi stakeholder terhadap Bajaj harus sama dan jelas. Siapapun itu apakah pemegang saham, karyawan ataupun calon pembeli dimanapun, di negara manapun, di India – Indonesia harus sama kapanpun harus bisa merasakan Distinctly Ahead. Distinctly Ahead dalam soal produk – teknologi, marketing dan komunikasi, pokoknya semua-muanya harus di depan dan harus beda di depan.

Bedanya yang dimaksud seperti apa?  ada 3 core valuesnya: Speed, Innovasi dan Perfection.

A. Speed
To individualize is to speed. The key to Speed is empowerment. We empower individuals to enable them to unleash their full potential because in the end analysis an organizations capability is directly proportional to the capability of its employees. In a fast changing world, we believe, achieving Speed through empowerment is key to being Distinctly Ahead.

B. Innovation
To un-compromise is to innovate. Innovation is the second pillar of Distinctly Ahead. Today the consumer has to often make compromises, for instance for a motorcycle, either he gets power or he gets mileage or has to compromise between road comfort and road handling. Through Innovation, we eliminate the compromises – he gets the best of both.

C.Perfection

To predictivise is to perfect. To achieve Perfection we have moved beyond merely a corrective style or even a preventive one that prevents the repetition of known failures, to predicting the likelihood of unknown ones. As such, Perfection for us goes beyond addressing known failures to eliminating them before they can occur.

A. Speed

Kunci dari empowerment adalah kecepatan. Orang menjadi lebih baik, lebih maju dengan kecepatan. Ini adalah kunci untuk menjadi distinctly ahead

B. Innovation

Pilar kedua setelah speed adalah inovasi, contohnya Bajaj ingin agar motornya bisa cepat dan tetap irit

C. Perfection

Mengetahui kemungkinana maslaah dan menyelesaikannya sebelum menjadi masalah besar

Baiklah… ambil napas dulu, pokoknya setelah melihat seluruh komunikasinya Bajaj apakah itu TVC, Print Ad, Brochure, sampai ke booth pameran, dealer-showroom, harus semuanya membantu pembentukan Distinctly Ahead tersebut, semua orang yang melihat harus menangkap Bajaj itu adalah soal Speed, Innovation dan Perfection.

Tapi tentunya harus melihat juga tentang SWOTnya Bajaj saat ini dan kalau bisa menjawab langsung tentang itu. Jawaban memang bukan harus dari komunikasi ATL besar, tapi bagus juga kalau bisa di selip-selipkan…

Issuenya Bajaj saat ini apa?

Saya per bullet aja ya, supaya nggak terlalu panjang nanti capek bacanya, ini issue negatifnya Bajaj.

  • Soal parts dan after sales yang dirasakan masih kurang baik
  • Teknologinya belum berkembang lagi dari twin spark … sudah berapa tahun yang dijual baru apa lagi nih?
  • India? masih masalah? world wide brand?

Disatu sisi pemiliknya Bajaj sudah merasakan posisitifnya memakai Bajaj untuk:

  • Tahan dan kuat atau durabilitasnya bagus
  • Irit
  • Kencang

Siapa target iklannya?

Perlu kita tahu juga kepada siapa komunikasinya kita berbicara? Umurnya berapa, kehidupannya bagaimana, keadaan finansialnya bagaimana, tinggalnya dimana, mimpinya mereka seperti apa?

Kompetitornya siapa? Saat ini Bajaj nomor berapa?

Dari sini semua marilah bikin konsep TVCnya.

Inilah konsep saya, bisa dibuat TVC series kalau kepanjangan:

Super Bajaj!

  1. Seorang pemuda biasa, muka pas-pasan, kurus, kecil dan kering telat bangun dan naik si Bajaj. Cinematic, bisa seperti rambo waktu masuk-masukin pisau ke sarungnya.
  2. Si pemuda yang tadinya biasa-biasa saja, tampak keren begitu naik Bajaj. Pemuda tersebut nampak seperti “Hero” cartoon walau pakaiannya semua sama bahkan sedikit kumal
  3. Di perjalanan menuju tempat kerja dia melihat ada Ibu yang mengalami kesulitan, misalnya di rampok.

    Kebetulan si rampok naik motor lain, bisa bebek, motor laki dst… Di kejar oleh Bajaj Hero, malingnya dapat dan diserahkan ke polisi – selesai.
  4. Baru selesai, di sebelahnya ada motor lain lagi yang tiba-tiba rusak, mogok dan bersasap di sampingnya.

    Di foto Hayabusha burning, nggak dapat cari foto motor rusak dan berasap

    Boncengan motor tersebut adalah Ibu dengan hamil besar sambil memegangi perutnya … sedikit lagi melahirkan maksudnya.

  5. Bajaj Hero membantu lagi si Ibu hamil tersebut, membawanya melewati medan-medan sulit dan terus membawanya masuk sampai ke Ruang Bersalin.
  6. Baru sampai menyerahkan si ibu hamil, ada lagi seorang petugas rumah sakit seorang suster cantik yang membawa peti box berasap berisi donor darah.


    Mukanya memelas memohon agar peti tersebut diantarkan ke suatu tempat

    Sorry jadinya Miyabi, coba search pakai string Suster di google yang keluar ini

  7. Kepalang tanggung si Bajaj Hero tersebut mengantarkannya lagi…
  8. Dan tugas-tugas pertolongan tadi bisa diperpanjang kalau durasinya memungkinkan bisa ada adegan si bajaj tersebut beberapa kali melewati pompa bensin tapi tidak mengisi motornya
  9. Sampai malam hari, si bajaj hero sudah kecapekan, berhenti di depan rumah sakit yang waktu paginya dia antarkan peti donor.

    Bertemu lagi dengan suster cantik yang peti donornya tadi pagi diantarkan, “Mas, makasih ya…anterin saya kedepan lagi bisa kan?”
  10. Logo bajaj … end …
  11. Third act, besok harinya waktu si Bajaj Hero pada wakut bangun tampak ada suster cantik dari samalam di sampingnya. <- Note take ini tidak begitu diperlukan
  12. Pada waktu Bajaj Hero keluar dari rumahnya sudah banyak yang menyorakinya Go Bajaj Hero!!!

Pada waktu menunaikan tugasnya bisa saja si Bajaj Hero, diselip-selipkan adegan hiperbola, misalnya lewat dan menang race di medan berat.

Aksi stunt lewat medan-medan sulit

Melompati jejeran mobil … hiperbola aja…

Anyway objectivenya iklan tersebut adalah:

  1. Memperlihatkan speed dan empowerment. Untuk mengkomunikasikan speed, lebih meaningfull dan empowerment kalau ada positive causenya
  2. Memperlihatkan durabilitas Bajaj
  3. Memperlihatkan soal ke iritan Bajaj

Teknologi Twin Spark rasanya tidak perlu lagi di ulas, karena justru bisa merendahkan, karena sejak Bajaj masuk pun teknologinya tetap sama. Lebih baik mengkomunikasikan hal-hal baru.

Note sedikit… saya nggak ngerti dari Distinctly Ahead kenapa bisa diturunkan ke Definetely Male/ Pasti Lelaki dari mana ya? Bukan di Indonesia saja, tapi dari Indianya pun tadinya juga sama. Untungnya kalau sekarang di promonya Bajaj Pulsar di India yang baru-baru definetely male saya lihat sudah tidak ada, digantikan oleh the fastest indian.

About these ads

Responses

  1. tetep lebih jantan pake bebek.. hehehehehe

  2. lebih mengena iklanny m150, u explain maksudny p sar ya?!!

  3. panjangggggg

  4. itu yang dari dulu gw bingung.. tag line ada 2, Distinctly Ahead ama definitely male . . . ., iklan2 globalnya keren2, padahal iklan terakhir yang p135 di semarang itu keren juga…ini malah jadi aneh sekarang, curiga yang tim kreatifnya rada bego, jelas2 zig zag dilarang…. nekat dijadiin iklan gaya sruntulan macam bebek malah

    • sruntulan = bebek? :mrgreen:

      Pulsar juga banyak yang sruntulan tuh…yang jadi masalah adalah rider, bukan motor……

  5. beh idenya keren om.
    cocok gantiin tim kreatif bajaj.bikin iklan yg mendidik+bikin kagum

  6. artikel/idenya dikirim ke sini aja biar mengena
    http://www.bajaj-indonesia.com/en/feedback/

  7. dengan iklan baru gaya srunthulan malah membuat heboh dunia blog motor…. sasaran awal mengena yaitu bikin heboh dunia maya, selanjutnya tinggal bikin iklan ‘kalem’ yang mengedepankan teknologi bajaj terbaru seperti DTS-I 4-klep tanpa mendeskreditkan kompetitor manapun……

    • Bener mas,like this

      • Exactly, awareness memang perlu.
        Tapi kalau akhirnya jadi bahan tertawaan, karena di perceive kalau naik Bajaj cuman bisa menang lawan bebek adalah sesuatu yang memalukan, kecuali memang maksudnya Bajaj cuman berani lawan bebek.

  8. Durasi iklannya bisa sampai berapa puluh menit tuh? :D

  9. ide keren om, andai ada orang Bajaj baca ini..

    btw, jadi inget iklan Pulsar 200 di Peru, cowok nanya nomer telp cewek yang lagi naek bis. keren dah..

  10. BTW, ane share ya om..

    • TQ mas bro.

  11. ternyata om Arantan penggemar Miyabi…#eh :D

  12. ok..ok…
    http://nananghimawan.wordpress.com/2012/01/16/jatah-kue-yang-besar-untuk-fif/

  13. i’m not a bajaj hero :lol:

  14. Hmm…

    Distinctly Ahead itu corporate value BAJAJ, bukan tagline PULSAR sebagai produk…
    DIstictly Ahead itu berlaku sebagai corporate value, yang seharusnya menginspirasi karyawan dan eksekutif BAJAJ, bukan produknya…

    dan sudah jelas kalau PULSAR itu taglinenya ‘definitely male’… alias ‘pasti lelaki’.. BAJAJ juga punya skutik, ‘motor kurir’, roda3, dan mobil loh.. yang taglinenya pun beda-beda…

    Iklan Pulsar 220+135 yang sekarang pun sebenarnya cocok, karena mengedepankan performa motor yang ‘cowok banget’… dan P220 pun taglinenya ‘buat yang suka kencang’.. so, gak ada yang salah kecuali adegan seruntulannya tentunya…

    • Coba di baca-baca lagi bro, itu bukan corporate value, itu visi perusahaan, yang di jadikan ke tagline corporate.
      “…The vision is about being Ahead by being Distinctive. Being “Distinct” in all that the company does – in products and technology, in marketing and communication strategy, in manufacturing models, in distribution and to that extent in each and every function…”

      Bahwa di semua lini tangkapan semua stakeholder atas corporate brand Bajaj harusnya sama, tangkapan atau persepsi itu terbentuk dari produknya, teknologinya dari mark commnya, manufacturing modelnya, distribusinya….

      Betul juga kalau ternyata Pulsar punya tagline lokal “Pasti Lelaki” tapi kembali lagi kenapa tagline produk dan visi perusahaan globalnya bisa lain ya? Kalau di India, tagline Pulsar adalah Fastest Indian yang masih masuk dengan visi perusahaan, Pasti Lelaki? :P

  15. pemikiran yang super…… *maaf memakai kata mario teguh

  16. Iklannya bagus dan lucu,……IMHO…

  17. seburuk buruknya orang menjelek jelekan produk Bajaj … itu tidak akan mengurangi rasa cinta saya terhadap Bajaj sendiri … :D


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 223 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: