Oleh: arantan | Mei 25, 2011

Mari diskusi: Ganti knalpot racing adalah demi keselamatan! Setuju?

Seorang teman pernah menjustifikasi pembelian sebuah knalpot racing dengan alasan suara dari knalpot bawaan motornya terlalu halus. Motornya sendiri sebuah Kawasaki Ninja 250R yang memang suaranya lirih, malah extreem nya banyak yang mengatakan jika suara yang dihasilkan dari knalpot orisinil Kawasaki Ninja 250R mirip dengan suara motor matic.

Menurut teman, suara lirih Ninja 250R tidak sebanding dengan besarnya si motor dan juga dengan kencangnya si Ninja 250R. Dengan suara kencang tentunya dari belakang pun para pemakai jalan lain akan tahu kalau motornya mau lewat, jadi lebih aman kan? Masih menurut teman, ini sebetulnya apa yang dilakukan sejalan dengan arahan keselamatan di jalan yaitu: be visible! Sama seperti kenapa kita harus memakai baju terang saat touring atau menyalakan lampu siang hari, maksudnya supaya terlihat oleh pengendara lain.

Jadi, apakah setuju kalau dikatakan knalpot racing demi keselamatan?

Saya jadi berpikir juga …

Walau ini cuman obrolan santai tapi perkataan teman ada benarnya juga, tapi bagaimana kalau kemudian seluruh pengendara motor memakai knalpot racing? Apakah kemudian nanti jadi adu kencang bunyi? Yang paling racing (yang paling kenceng bunyinya) yang paling aman? Waduh? jangan ya…

Kalau begitu apakah perlu ada peraturan yang membatasi, bunyi motor harus disesuaikan dengan besar dan kencang motornya? Kemudian bagaimana kalau supir truk tronton misalnya juga menuntut suara knalpotnya harus punya suara paling kenceng???

About these ads

Responses

  1. sangat setuju om, dulu sebelum ganti knalpot sering banget motor atw mobil di depan main belok atw pindah jalur sembarangan aja karena gak tahu ada sy dibelakang atw disamping.
    setelah ganti orang2 jadi lebih aware akan kehadiran motor ane.
    ganti yg bunyinya enak n masih toleransi jangan yg berisik gak karuan
    paling minusnya setelah ganti knalpot racing makin banyak alay yg merasa tertantang sama motornya, solusinya pasang stiker di spatbor belakang “mau kerja bukan balapan” :)

    • very very likt this … :D

  2. xixixixixi…mungkin itu lah guna ny klakson towet towet…sbg tanda bahwa kita numpang liwattt…

  3. Aman di jalan.. Tapi kagak aman di komplek.. Hehehehe..
    Jujur aja.. Knalpot racing itu ngeganggu banget klo dah masuk pemukiman penduduk.. Dan entah ada hubungannya apa nggak.. Pengguna knalpot racing rata2 jadi kebawa buat sruntulan.. Mungkin di pikirannya klo dah pake knalpot racing itu motor jadi kenceng.. Dan akhirnya nutupin hatinya juga.. Lu kate enak dengerin suara knalpot racing kenceng2 pas lagi enak2 tidur malem??
    Klo mao aman ya belajar riding yang bener.. Perhatiin lingkungan sekitar.. Bukannya malah minta diperhatiin..
    Jadi pake knalpot racing = aman?? Salah kaprah itu mah.. Cuma nyari pembenaran aja..

  4. beli motor dpt bonus knalpot ori,eh malah di ganti knalpot otok-otok

  5. tapi klo utk ninja 250r…. klo masangnya.bnr… suara idle/langsamnya kecil mas….. bhkan.. utk knalpot aftermasrket lokal mcam r9… jika rpm tidak lebih dari 4rb rpm suara.nya yh… kyk motor std tiger…

  6. kan ada knalpot racing yg dual sound….
    di jalan raya pake suara menggelegar…masuk kampung pake silent mode….

    sudah banyak yg jual….tapi gak tau merk-nya….

    • yg ada DB killernya? R9 kykny ada, NOB1 jg..

  7. satu sisi emang bisa bikin orang aware sama keberadaan kita, tapi ya seperti komen om2 diatas ane..bakal disumpahin orang2 kalo lewat komplek perumahan malem2… :D
    btw, sekrang banyak kok knalpot yg menganut dual-sound..kalo di RPM rendah suaranya gak berisik, begitu digeber baru keluar suaranya..

  8. menurut gue, yang juga pake racing di redbastard, argumentasinya tidak sepenuhnya benar…
    jangankan ninja250r, pake bebek aja, pake knalpot racing, orang pasti udah ngeh ada motor di belakang. Kalo bicara visible, yah lampu depan menyala pada siang dan malam hari sudah cukup. Kurang pede? pake klakson saja. Dan jangan lupa jaga jarak. Ini penting, jadi ketika kendaraan di depan bermanuver tiba-tiba, kita punya space untuk menghindar.
    gue pribadi, pake snalpot aftermarket, supaya suaranya lebih stereo saja. Soal narik di jalan raya jakarta? ngapain juga ngebut-ngebut, lha wong banyak lampu merah. :D

    • Ane vote nyang ni ajah…

      lagian mslhnya bukan dipotong jalan krn ga kedengeran. tp krn yg motong jln (imho), ga ati2. jd kalo mo belok mesti cek belakang juga. jgn asal potong.
      bw motor jg kudu ati2. jgn sampe wkt org cek Spion kosong, begitu dia belok, siNinin udah disampingnya (siNinin ngebut..). dikondisi begini jg bs aja disebut motong jln. padahal siNinin emang terlalu kebut.. :) :o

  9. hahaha,.. temen mas itu konyol bin idiot,.. itu kn suatu pembenaran aja.. n kl ngebenerin jg itu lebih bodoh lg..
    simpel kok… apa guna spion di motor/mobil? terus apa guna klakson? :)) AHO jg. kn biar pengendara lain aware! kl cmn dari suara, imho, kl pake knalpot berisik semua apa jadinya dunia? wkwkwkwk. maap masbro,. gw suka mantengin blog lo, tp jujur yg ini artikel gk mutu bgt..

    knalpot itu ya,. kodratnya buat peredam suara, silincer. biar suara gk keraas,. liat aj regulasi di eropa yg jelas berapa ambang batas kebisingan n polusi.
    knalpit2 gt kn jelas ada tulisanny “for competition only” -> kl knalpot racing yg bener lo ya..

    • hehehehe…gk ampe segitu ny kaleee bro, nih artikel kan utk sharing pendapat…hmmm

    • Hahaha.. Emosi bener mas bro..
      Namanya juga artikel diskusi.. Hehehe..

  10. saat pake knalpot ori ninin gw beberapa kali dipotong ama bebek krn dy g denger gw lewat, so sering gw ngerem ampe goyang dombret, stelah pake racing dr jauh pun dh dengar n g ada yg main potong. Kdng2 emang lbih safety tp saat masuk gang emang bikin geregetan

  11. iy aparah pernah denger suara knalpot cbr250 dijalan ampuun kalah ama knalpot glmax

  12. Pake kenalpot racing di jalanan ?? no way…

    1. Desain kenalpot sudah didevelop dan lulus uji, untuk tingkat kebisingan dan yang paling utama adalah standar gas buang… ingat bro itu masalah timbal, gas CO dst sisa – sisa pembakaran

    Dengan mengganti kenalpot apakah anda sudah ukur ulang emisi gas buang ??
    Apakah anda bangga dengan “keberisikan” anda, seakan tidak peduli kalo disebelah dan dibelakang anda terganggu. Masih banyak cara untuk bersafety riding selain dengan memekakkan telinga orang lain.

    MEmang kebijakan dimarih belum menyentuh ke sisi yang ini, lha wong metro mini yang lebih parah aja masih legal berkeliaran. Di negara ini uji tipe hanya pada motor2 baru, tapi tetangga uni tipe bisa sampai kondisi setelah 1 tahun.
    Banyak baiknya kalo kita mencotoh negara2 yang sedikit lebih maju, setidaknya untuk menjaga udara segar untuk anak cucu kita (kalo belum kiamat dunia ini).
    Setidaknya membuat jalanan di INDONESIA tercinta ini lebih damai, tidak seperti jaman pra sejarah

    • Ingat Qitoh-nya diciptakan kenalpot : untuk penyalur gas buang, peredam suara dan sekarang peereduksi emisi gas buang

  13. Pasang knalpot silent sport aja. motor ane 2-2nya pake silent sport

  14. mungkin pengecualian khusus untuk kawak ninja 250 :D

    http://yudibatang.wordpress.com/2011/05/24/7-alasan-kenapa-saya-enggan-menggunakan-knalpot-racing-untuk-harian/

  15. ada kekurangan /sisi buruk ada juga sisi baiknya :D

    nahh kalo hubungannya sama truk tronton, setidaknya tronton pakai klakson yang lebih gede dan deras, dari kendaraan 2 kecl laennya… bener kan?

  16. Setuju2 saja. Tapi harus ada batasan tingkat kebisingannya. Saya sndri srg akan celaka gara2 bus bermesin belakang. Tanpa terdengar suaranya,tiba2 moncongnya sudah di sisi motor saya. Kaget kan?

  17. GA SETUJU!!!
    klo gitu.. apa gunanya klakson?
    emgnya tiap jalan selalu ngebut?

    • klo rambu2 terompet coret sih ada…tapi klo rambu2 knalpot racing coret belum pernah liat….

  18. kan ada klakson

  19. regulasi yg jelas harus diterapken, mau sampe berapa desibel tu knalpot suaranye, pulisi ya harus pake alat pengukur donk, jangan main tebak aja suatu tingkat suara knalpot tertentu dianggap berisik……

  20. Setuju, demi keselamatan, ane malah diperotes orang2 gara2 suara knalpot yang terlalu senyap :)

  21. waaaaah…. pemikiran yang sangat mantap…..
    nice bro…..
    http://dewataspeedblog.wordpress.com/2011/05/25/honda-spacy-helm-in-standar-motor-komuter-terbaru/
    http://dewataspeedblog.wordpress.com/2011/05/25/ternyata-honda-juga-punya-teknologi-key-less-loooh/

  22. pengalaman pribadi nih mas. Ada sodara yang baru pulang dari US dan begitu naek motor ane (pulsar 200) dengan suara khas smriwing, dan dia memuji “Motor kamu kok ga ada suaranya sih, keren amat dek”

    padahal beliau udah bertahun tahun tinggal disana dan udah sering ngeliat moge sliweran :D

  23. tergantung kondisilah dan faktor lain, buat nunjukin keberadaan kita saat dijalanan pake suara kan bs klakson”, atau knalpot standarnya udah punya ciri khas suara kek moge..

  24. wah pantes juga sekarang banyak yg klakson2 terus menerus walaupun di jalan paling kiri, jangan2 sebagai ganti knalpot racing ya….

  25. masalahnya bukan suaranya, tapi aware gak kalo dibelakang ada orang . . .
    kbanyakan pengguna R2 ga tau caranya pake spion . . . percuma diterapin DRL kalo ga ngerti pake spion.
    kesel sih DRL diterapin (koz bikin lampu cepet putus) tapi ane sebagai pengguna spion yg baik n bener ngerasain manfaat DRL . . .

  26. [...] artikel bro Arantan – Knalpot “Racing” Aman Dijalan ga aman Di Komplek [...]

  27. setuju, knalpot racing untuk keamanan. terutama kalo harus lewat jalan sepi, yang rawan kejahatan. suara knalpot racing lebih berwibawa dibanding klakson pada saat genting.

  28. setuju, tapi ga setuju dengan suara knalpot yg memekakkan telinga

  29. dari komentar-komentar di atas, IMHO mayoritas pengendara kendaraan bermotor kurang aware sama yang namanya safety riding… kalo sudah mengerti dan menjalankan safety riding nggak bakal deh ya keluar artikel seperti ini.
    CMIIW
    semoga diskusi ini bermanfaat.
    regards.

  30. hmm, kalo sudut pandang saya sih ada dua, regulasi dan personal :)
    dari segi regulasi sendiri kan belum ditetapkan berapa desibel maksimal yg diperbolehkan (kebijakan secara nasional lho ya, selama ini yg ada masih berupa perda), yang pastinya bakal sangat sangat sulit ditetapkan karena akan berbenturan dengan banyak faktor, kecuali kalo mau maen “getok” aja ya silaken asal rasional
    dari segi personal, kalo faktor utamanya awareness, ya balikin lagi sama personalnya, toh banyak juga biker yg lebih ngerti safety riding pasti lebih memaksimalkan perangkat yg ada contohnya klakson dan lampu, sementara yg fasih defensive riding pasti lebih aware dan “jaga jarak” dengan hal2 yang menyebabkan kecelakaan ataupun mengganggu ketertiban.
    nah kalo yg pake knalpot buat menarik awareness pengguna jalan lain, saya yakin 100% dia bakal geber2 gas kalo “minta jalan”, selain mengganggu pasti juga memancing emosi dia sendiri dan pengguna jalan lain, ya kan ?

  31. Hmm ..klu gitu apa gunanya klakson? Bodoh… :P

    • wwkwkwk klakson emang buat ngingetin yang lain, tapi. itu jika keliatan ama kita lha klo ga keliatan trus ga denger ada suara motor (maaf buat yang buta atau pejalan kaki yang ga ke deteksi saking konsenya bb) bisa repot. kesimpulanya sura kenapot besar boleh tapi dibatasin (sesuai cc nya lebih bagus) dan suara knapot ga bunyi boleh juga tapi ya harus siap siaga 100% terus. CMIIW

  32. Knalpot TDAK SAMA DENGAN klakson. TITIK.

  33. Jika diperdebatkan tak akan ada habis-habisnya.

    Yang lebih bermanfaat, kirimkan keluhan gangguan knalpot bising kepada Presiden SBY melalui sms 9949.

    Dijamin ditindaklanjuti segera. Ayo, ajak semua keluarga dan sahabat mengirim sms sebanyak-banyaknya. Jangan takut pulsa, tarif biasa. Demi menjaga kenyamanan lingkungan.

  34. YANG GA STUJU KNALPOT RESING PASTI BONGOK YG NAIK BEBEK. .ENTE COBAEN DLU NAEK MTOR KENCENG SUARANYA ALUS. .MENDING ANE GA PAKE HELM DRIPDA PKE KNLPO STNDAR. .

  35. kalo lagi jalan santai dipotong orang meleng sih udah sering, apalagi klakson ane mati nih, makanya ganti knalpot deh yang agak mantepan dikit..
    cuma memang banyak yang ganti knalpot tujuan utamanya buat gaya…makin jeger makin keren mungkin rasanya..
    saya pernah mau nyalain mesin ada ninja 250 sengaja ikut nyalain mesin dan geber2…
    mau ngadu suara kali… saya mah nyantai aja ngeloyor..
    biar deh kencengan motor lu… sekeren2nya ninja yah saya masih lebih suka motor saya lah.. hehe..

  36. yang penting gak ganggu pengendara lain lah

  37. apa pembenaranya knalpot racing sah?? ikutin aturan pemerintah yang ada karna motor itu diciptakan bukan untuk ngebut om…. mau ninja kek mau motor mewah kek ya sama2 aja gak ada pembenarannya kalo knalpor racing sah… semua komponen motor udah di set untuk keselamatan, makanya spion itu buat liat apa yang ada di belakang kita…. makanya kalo ninja anda terjadi sesuatu hal yang tidak di inginkan justru berbalik tar kalo ada kesalahan “wah knalpotnya racing pasti dia ngebut??”” nah itulah coment buat knalpot racing ( tidak bermasyarakat ) hati2 aja kalo dijalan itu juga udah cukup kok…. dan pake aturan negara biar ga disalahkan sama anak buah DPR yaitu MASYARAKAT RI sendiri….

  38. ikut nimbrung ah :)
    kalau menurut saya. knalpot racing buat wilayah perkotaan gak penting banget (cuman buat style n performa “ngebut”). yg saya liat knalpot “berisik” banyak dipake di motor yg ngakut barang2 besar (mis : rumput sapi, sayur2an dkk, yg biasanya di daerah desa yg jalannya sempit dan berkelok + banyak truk angkutan, jd sopir truk tau ada motor angkutan di belakang sewaktu2 rem).
    kalau di kota semata2 buat suara/ tanda mau lewat, ya pake KLAKSON aja. selain itu masih banyak cara/ teknik nyusul kendaran. sekali lagi jalan raya BUKAN buat “trek balap2an yg bisa maen nyusul”. di jalan raya semua pengendara punya hak dan kewajiban yg sama. kalau alesannya “ganti klakson jd suara knalpot kedengar lebih nyaring dan TAKUT NABRAK” kasian banget anda. motor tu cuman alat, nyawanya ada di pengendara, sebagus2nya motor tp pengendaranya amatiran, pecuma. mending ganti motor aja ke motor matik.

    keep safety riding. :)

  39. ada 1 lagi gan fungsi knalpot racing menurut ane membuat pengendara menjadi tidak ngantuk :D hehehe. Banyak kecelakaan yg terjadi karena saking mulusnya knalpot membuat pengendara jadi ngantuk, akhirnya tiba2 mata melek bibir udh cium aspal (Pengalaman pribadi), wkwkwk. Sayangnya banyak orang yang malah menyalahgunakan fungsi knalpot racing :D, knalpot racing malah digunakan buat geber2 gk berarti(pemborosan BBM dan mengganggu pengguna jalan raya).

  40. wah klo ane sih knalpot beda sm klakson bro,
    ane suka geber top speed tgh malem bro, klo lagi 150kpj msk mau klakson terus sepanjang jalan biar orang2 skitar htihati, makanya pake knalpot racing,

    klo dibilang semua udah d setting supaya lirih, itu gak berlaku di harleydavidson bro, klo ini mah dari ujung dah kedengeran, knpa di buat gini, karna motornya pasti juga kenceng bgt larinya

  41. Kalok ane steju ppakek knalpot racing !

    Alasan ane pkek knalpot racing biar motor ane lebih keren
    Orang di perumahan ane juga gak ada tuh yang protes selama ane pakek knalpot racing merk akaprovic yang freeflow n tenaga motor ane nambah 11% n ada juga tetangga gue yang pake knalpot abal” juga gak pada protes tu

    Tapi soal keselamtan ada bener nya juga ane pernah naik motor bebek tiba” ada mobil maen belok aja mungkin karna motor bebek gue alus kali bunyinya ya .

  42. Eh maaf gan ada tambahan lagi kalok mau knalpot standart suaranya nya agak keceng tinggal di bedelkan aja gitu sih kata orang malang tapi suranya nggak sama kayak knalpot racing

  43. Pengalaman ane nih, bulan kemaren ane baru aja kecelakaan sampe di rawat seminggu di RS. Motor di dpan ane tiba-tiba belok dan akhirnya tertabrak vixion ane. Pas ditanya katanya pengemudi di depan ga tau kalo dibelakang ada motor karena ga ada suaranya..

  44. Mau gmn pun suara knalpotnya. G paling jijik kl ngeliat moncong knalpotnya mengarah ke pengendara di belakang (Terlalu tinggi). Pengen rasanya g pantengin tuh pala pengendara ke knalpotnya sendiri.!!

  45. kalo ga pada setuju di demo aja yang jualan kenalpot nya,..!!!

    • nggak laku dong kenalpotnya, he he he he

  46. yang nyiptain kendaraan udah memperhitungkan keseimbangan antara kenalpot dengan mesin, kita nya aja pengen gaya, jadi senengnya me-rubah jadi dimanfaatin ama produsen knalpot, padahal kalau mau racing ke circuit aja, atau rubah aja tuh roda nya jadi segi empat, pasti nanti akan ada produsen roda empat, ha ha ha ha


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 235 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: