Oleh: arantan | Maret 12, 2011

Helm lokal vs Helm import

Soal Harga
Supaya adil kita bahas dari soal harga dulu, helm lokal ber SNI sudah bisa di dapatkan mulai dari 200-300 ribuan, sampai ya 1 jutaan lah, kalau sudah di atas 1 juta mending helm import, ya toh? Sedangkan harga helm import normal, mulai dari 2 jutaan sampai 7 an. Ya helm impor di atas 7 jutaan juga ada aja, tapi udah nggak “normal” lagh…

Dari harganya saja sudah kelihatan kalau helm import di atas helm lokal, hukum ekonomi berlaku, ada harga ada barang! Memang helm impor diposisikan

Soal Kredibilitas
Supaya jelas aja, merk lokal seperti Hiu, INK, KYT, MDS dan lain-lain. Kalau merk import Arai, Shoei, Nolan, X-Lite, AGV, HJC, ICON dan lain-lain. Kalau soal kredibiliatasnya helm import sih di atas banget, ya lihat saja helm-helmnya rider MotoGP, SBK, semuanya ya pakai merk-merk di atas kan?

Pengalaman gw
Gw sendiri pernah jatuh 2 kali, UNTUNGNYA pakai helm import full face, sehingga muka dan otak gw masih OK…

Gambar atas: scratch gravel

Nolan N102, tadinya harian waktu pakai Ninja 250R, sekarang udah jarang pakai

Pertama kali jatuh di Sentul ke Gravel, bergulingan lah, untungnya dengan Nolan N102, jacket Komine dan berportector, untungnya lolos tanpa scratch! Yang kena baret ya helm dan kaos tangan… bagian belakang helmnya yang kena.

Yang kedua pakai helm KBC, waktu mereng-merengers, ini rada parah. Yang ini bener-bener kena muka gw, andai gw cuman pakai half face… weleh muka gw bisa kayak gimana???

Jadi kalau menurut gw pribadi, kalau ada uang ya bolehlah keluar duit lebihan untuk helm, tentunya pilih yang full face ini soal kepala sih?!

Responses

  1. ada harga, ada rupa… bener tho…. :-D

    http://agoey.wordpress.com

  2. lebih gengsi juga helm impor hehehe

    http://extraordinaryperson.wordpress.com/

  3. setuju..helm gw full face (flip sih) lumayan melindungi waktu gw jatuh.. tuh helm sekarang ada tato di pipi kanannya.. coba klo gw gak pk fullface, ih amit2 bisa2 jd samurai x gw

    • sama bos, helm gw juga ada tatonya hahahaha
      mending helm deh tatoan daripada muka tatoan ma gigi ilang :mrgreen:

  4. mo lokal ato import yg penting pake helm sesuai standar,
    klo alay malah ga pake helm nyantai aja dia…

    • alay memang sebaiknya gak usah pakai helm
      yah mengurangi populasi speciesnya lah :D

  5. yg pasti, harga gak bakalan nipu..
    hehehe

    nitip akh..
    http://setiaonebudhi.wordpress.com/2011/03/12/skyestream-yoyap-v3-00-aplikasi-lucu-dan-gokil-untuk-mengusir-jenuh/

  6. Helm dipakai untuk melindungi kepala dari direct impact atau benturan keras yang mengarah/mengenai kepala…kalo cuman buat jatoh nyerosot mah pake helm full 250rb an dijamin efeknya sama….testnya juga di pabrik salah satunya dgn cara dijatuhi beban dgn pola benturan…harga kadang juga dipakai untuk menentukan jenis material yg dipakai serta fitur safaty di helm itu sendiri…tapi kalo ada orang kaya mikir dengan helm half face harga 5 juta kepalanya lebih safety berarti ni orang kaya doang tapi bego…kepala aman bos dagu ame muka ancur pgimane???salam sparatos tos…brada…

    • tergantung orang pake falf facenya naik apa. kalo naik skutik tuh orang artinya “pintar”. kalau naik skutik pake helm full face artinya tuh orang “kepinteran”

      • naek skutik muka ma dagu jadi kebal yah ok
        8)

      • kalo pake skutik, gak mungkin jatuh ke depan :D :D :D kecuali yang naik bego banget bin lebay

  7. helm nya sampe kaya gitu gmn motornya tuh ? :)

  8. Kok beraninya nanya mukanyankayak gimana… Mau dijawab nggak enak.. Besok aja di jatiluhur gw godainnya.. Xixixi

  9. Kalo helm lokal motocross dan yg full face merk INK atau KYT menurut gue sudah sangat bagus ,kekurangannya mungkin lebih berat sedikit dari helm import ,karena beda berat material yg dipake ,kl ndlosor pake helm motocrossnya gak bisa dihitung lg deh kl turing atau latihan di sirkuit ,impacknya lumayan keras loh tapi tuh helm memang tahan banting .

  10. Mohon saran2 nya di :
    http://storyza.wordpress.com/2011/03/12/v-ixion-modifikasi-impian/

  11. Menurut gue, helm import lebih mahal karena bea masuknya. helm lokal udah mumpuni kok… gue udah pernah ke dua pabrik helm lokal. Mereka udah punya mesin uji helm sesuai standar SNI. Mesinnya gak bikin di sini, impor bro…

    Soal impact, setahu gue helm-helm full face SNI sudah berproteksi maksimal. Tentu saja yang dimaksud SNI, yang bener-bener lah. Bukan abal-abal. Range 300-400ribu udah cukup aman untuk penggunaan harian.

    Untuk pengujian helm, baik DOT, ECE, ataupun BIS sama juga kok dengan SNI metodenya. Cuma karena itu helm import udah punya brand yang kuat, persepsi lebih bermain.

    Ini tulisan ane waktu berkunjung ke dua pabrik helm lokal. Bukan promosi produk, supaya bro n sis tahu aja ada produk lokal yang sudah standar untuk proteksi.

    http://bodats.wordpress.com/2010/06/10/melihat-dari-dekat-produksi-helm-cargloss/

    http://bodats.wordpress.com/2009/10/22/dokumentasi-pengujian-helm-sni-1811-2007/

    • gw rasa bukan bea masuknya, tapi dari mana belinya. kayak Arai RX7 (jpn) disini pasaran sekitar 6.5 jt kalo beli di Juragan helm. Kalo beli di Motoritz bisa kena 8.5 jeti malah (gatau dari mana bisa semahal ini) kalo mesen lewat mbah bisa dapet 6.2 jeti :mrgreen: tp kudu nunggu 1 bulanan :cool: tapi kalo hunt langsung ke singapur bisalah dapet harga 5-5.8 tergantung nego dan GST.

      sebaliknya kalo cari Arai “Chaser” (euro) jangan harap bisa dapet dibawah 7.5 jeti di singapur. apalagi disini ;) pesen sama mbah ? Yah sama sama aja … soalnya udah kena ongkir …

      *dagang mode :on*

      • mbah..kalo mau beli arai lewat mbah gmana caranya mbah…
        kontek aku di andi_cndr@yahoo.com ya

      • Nggak pakai magic pastinya, cuman butuh duit (banyak dan ketegaan) aja…
        Coba ke http://www.juraganhelm.com atau situs-situs lain… coba googling aja pakai keyword, jual arai

  12. :lol: yang 500 rbu aja terasa mahal xixixi

    http://moy17.wordpress.com/2011/03/12/honda-rebel-250-sang-pemberontak-foto-dubai/

  13. Setuju…harusnya memang full face,lbh safety. Tapi helm full face kalo dipake cwek terlalu berat n ukurannya tll besar…hehe…so,utk kalangan cwek,hampir sbagian bsar ga mau pake fullface. Mungkin pabrik helm perlu menciptakan helm full face khusus cewek…

  14. setuju sama balesan om bodats :mrgreen:
    helm lokal juga sekarang dah OK lah…buktinya dipake pembalap nasional…kalo helm impor, saya rasa lebih untuk memanjakan ego aja….

  15. mukaku penuh luka karena jatuh dan helm lepas

  16. sharing boleh kan kang :D

    ane biasa pake helm kyt full face, kebetulan ane udah jatoh 2 kali (dalam 2 tahun) pake helm kyt.. dua-duanya emang mungkin rada parah jatohnya..

    jatoh pertama, waktu ane bawa satria.. muka ane bener-bener ngehantam aspal.. untungnya helm ane cuma baret dikit di catnya sama baret di kiri kacanya.. muka ane sih gak kenapa2 cuma kaki ane luka-luka :)

    kedua pake beat, kepleset di jalan berpasir.. lagi ngebut hehehehe… ini jatohnya bener-bener keguling-guling di aspal.. helm juga kepentok-pentok aspal beberapa kali tapi masih oke, cuma lecet dikit :D

    malah helmnya masih ane pake sampe sekarang :D

  17. saya pake GM evolution yg half face. 2 kali jatuh. yg pertama dengkul ama sikut ledes. gak pake protektor sih. yg kedua alhamdulillah cuma pegel2 aja. pdhl yg kedua koprol 2x. mgkn krn dah pakai protektor. alhamdulillah kepala aman2 aja, walau harganya 150rb. tp sekarang naksir NHK terminator. oh ya, pilihan pake half face krn saya pake kacamata. wkt beli helm, nyoba2 full face ribet bgt. jd jatuhnya ke half face

  18. waduh

    kalo buat pemakaian rata2 kecepatan 60 km/h sih half face masih batas normal,d kalo sering pke kecepatan d atas itu FULLFACE RECOMMENDED banget

  19. [...] sebelum memulai  pembahasan topik utama, merujuk pada pembahasan masboss juragan arantan di sini helm lokal adalah helm2 merk kayak Hiu, INK, KYT, MDS, BMC dan kawan2, sedangkan helm import adalah [...]

  20. menurut saya pribadi…
    cowok emang harus pakai helm full-face, apapun motornya.

    soalnya, yang namanya “KECELAKAAN” gak pandang bulu,
    mau riding pakai matic, sport, underbone, multipurpose, dsb.

    jangan sampai “gengsi” mengalahkan “safety”.
    akan lebih bijak antisipasi dini, memakai helm full-face,
    daripada tampil trendi, memakai helm half-face..
    buat jaga jaga aja, untuk kondisi jalan raya masa kini, yang dipenuhi anak-anak “alay” yang baru bisa naik motor.

    “salam ngebut forever”

  21. menurut pendapat pribadi…. lebih baik pake helm lokal 300-400rb an, sekali jatuh langsung ganti baru, daripada pake helm 2-7jt an sudah lecet-lecet dan mungkin strukturnya sudah lemah karena habis jatuh tapi ga tega buang/ ganti yang baru karna masi keliatan bagus sekilas dan terlanjur beli mahal. just my 0.02…


Tinggalkan Balasan

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 224 pengikut lainnya.

