Oleh: arantan | Februari 17, 2011

Marketing adalah tentang percakapan, pintarnya web AHM dan YMKI, kurangnya Suzuki

Kalau dulu (banget) sifat marketing cuman one way, bikin iklan aja gede-gede (semau-maunya) dan berharap si pemirsanya akan menelan mentah-mentah… Tapi saat ini tentunya udah nggak bisa begitu lagi, marketing campaign sifatnya adalah engagement, gimana cara produsen meyakinkan para pembeli dengan cara-cara persuasif.. Intinya saat ini para produsen lebih banyak bergaul dengan calon pembeli. Dengan membuka dialog ada banyak yang bisa di dapat si produsen, ya tentang insight tentang apa yang dibutuhkan pembeli, complain, input, pertanyaan semuanya harus bisa dimanfaatkan dengan baik oleh produsen…

Karena inilah para ATPM roda dua juga banyak membuka dialog dengan pembelinya, untuk ngobrol supaya mendapatkan akusisi baru atau sampai yang pembeli lama untuk mendapatkan loyalitas pelanggan/after sales service. Nah di online pun para ATPM roda dua banyak melakukan ini. Mari kita lihat rumah onlinenya masing-masing ATPM dan semoga bisa kasih penilaian secara fair, yang dinilai adalah homepagenya masing-masing ATPM, AHM – YMKI dan Suzuki – Indomobil.

Biar fair, kita pretelin aja degh…

AHM: http://astra-honda.com/


Masih agak plain

YMKI: http://www.yamaha-motor.co.id/

Full interaktif… hati-hati keramaian

Suzuki: http://suzuki.co.id/ <- 2 roda dan 4 roda dijadikan satu, jadi pengunjung masih harus meng-klik “motorcycle” lagi untuk masuk ke homepagenya roda dua

Yang penting jualan langsung pakai bahasa Inggris supaya keliatan keren!!!

Inilah tabulasinya

AHM YMKI Suzuki
Berita terkini Ada Ada Tidak ada
Ajakan gabung social media Ada Ada Tidak ada
Testimonial pelanggan Tidak ada Ada Tidak ada
Call center Ada Tidak ada Tidak ada
Jaringan service Ada Ada Tidak ada
Akses khusus Tidak ada Ada (Yamaha ID) Tidak Ada
Total 4 5 0

Terlihat kalau baik webnya AHM dan YMKI masih jauh lebih unggul dari Suzuki ya, scorenya Suzuki 0 = NOL untuk dialog?! Awal homepagenya Suzuki roda dua langsung hard sell, majanging specsnya masing-masing motor, tanpa dialog sama sekali! weleh-weleh…

Skak mat kalau homepagenya di bandingkan dengan AHM dan YMKI, kedua raksasa ini dari awal sudah menyapa dan berdialog dengan calon pembeli, gaul dong bro?! Eh bentar, yang bener pengunjung masuk ke website itu untuk nyari spesifikasi produk motor atau, mau ngobrol sih? Hmmm…. kurang tahu, kalau jaman dulu memang paling nyarinya info produk dan harga, web seperti katalog brosur aja. Tapi sekarang??? Yang bener yang mana sebetulnya? Mesti di riset FGD kan dengan bener.

Kembali lagi… juga antara homepagenya AHM dan YMKI, ternyata YMKI sedikit lebih unggul dalam hal fitur! Cuman isinya sekarang juga mulai cluttered, mulai membingungkan, PRnya YMKI mesti sedikit lebih dipersimple, supaya ramah di mata…

Cayooo untuk AHM dan YMKI!!!
Suzuki… change dong! challengenya disini…

Apakah Suzuki bisa menyalahkan vendor developer ajah? Yaitu si veelabs yang ada di footernya?
Haiya? Mereka ini developer kondang yang bikin dinomarket dan aplikasi BlackBerry iMobili untuk Honda kok!

BTW… kenapa Suzuki seneng berInggris ya?  Dari print ad, TVC sampai web… Apakah para bossnya tidak lancar ber Indonesia atau masih berpikiran Inggris itu lebih keren?

About these ads

Responses

  1. Kemungkinan sih klo menurut Gwa kenapa Suzuki menggunakan Bahasa Ingris, coz Web nya masih tergabung antara Motor dan Mobil, yang cenderung mungkin mobil udah High Class atau bisa jadi mobil suzuki sudah mulai diekspor jadi yang buka web-nya bisa jadi orang bule, hehehe mungkin loh ini, sedangkan untuk Honda dan Yamaha khn dikhususkan untuk pasar domestik alias Indonesia, jadi biar lebih familiar mungkin dan mudah dicerna sama orang kite…Gwa sih usul emang bener harusnya ada 2 versi di web-nya suzuki indonesia & inggris

  2. Suzuki: http://suzuki.co.id/ <- 2 roda dan 4 roda dijadikan satu….

    Nambahin..
    Bahkan Motor tempel buat perahu juga ada (divisi Marine) :D
    mantabs lengkaps geeto loogh, tinggal tambahin divisi Aero jual gantole ato mesin2 buat paralayang ajibss

  3. bro arantan,,, sebenernya kalo web resmi AHM ato YMKI tu bukan buat kontak ato percakapan, tapi sekedar info aja, kalo percakapanya udah dibuat khusus, yakni kalo AHM = welovehonda.com
    YMKI = Yamaha & friend nya Mario ama Yamaholigan,,, itu yang umpan feedback,,,
    kalo web resmi sih, ya seperti diatas

    • Tapi ada link kesana bro, maksudnya itu, mereka membuat sarana mudah untuk bercakap2x.

  4. Suzuki malahan lebih global dan ga katro kayak Yamaha, honda mendinglah… Web site yamaha malah dipenuhin fitur yang ga penting. Produk yang ditawarkan suzuki malah lebih komplit sampe mesin kapal pun ada…

    • Katrok itu menjual! :)
      Lihat dulu konsumen yang mau disasar yang mana? sesuaikan program campaign ke sasaran…
      Memangnya yang mau beli bebek harus bisa bahasa Inggris?

      • xixixixixix setujuh kisanak…
        eh ada juga yg kurang divisi Deep Sea = Jual mesin kapal selam :D

  5. Asal ngomong nih yang punya blog..!!! Asu..!!! Blog sendirinya juga standar banget! Ga menarik…!!!

    • Setuju

    • Wakakakkak…… bener tuh. blognya sendiri malah katrok gini..!

    • adminnya web suzuki ya :D

      • Kayanya sih iya bro :mrgreen:

  6. 3 komentator ini gak berpendidikan kayaknya.

    • Kayaknya bukan 3 orang bro, IP nya sama kok.

      125.163.44.93 IP address location & more:
      IP address [?]: 125.163.44.93 [Whois] [Reverse IP]
      IP country code: ID
      IP address country: Indonesia
      IP address state: Jawa Barat
      IP address city: Bandung
      IP address latitude: -6.9039
      IP address longitude: 107.6186
      ISP of this IP [?]: PT. Telecomunikasi Indonesia
      Organization: PT TELKOM INDONESIA
      Host of this IP: [?]: 93.subnet125-163-44.speedy.telkom.net.id [Whois] [Trace]
      Local time in Indonesia: 2011-02-17 09

      • :D
        biasa lah bro…

      • Weeittssss!!! Telkom bro! Musuhnya XL nih (bakar! bakar!) :mrgreen:

      • Haiyaaaaa, nggak gitu-gitu amatttt! :)

  7. Menyesuaikan dengan iklan di TV pake bahasa Inggris, jadi webnya juga kudu bahasa Inggris :D

  8. Wah jadi perang comment. Hayoh…. damai ah

  9. pada ngebanggain buatan luar mana MADE IN INDONESIA……

  10. suzuki webnya bikin ngantuk :D

  11. nih juga,waktu cari info axelo nga ada http://az147r.wordpress.com/2011/02/03/web-suzuki-mestinya-lebih-interaktif-dan-tak-membosenin/

  12. sesuai lah dng jualannya..jaualannya kecil ya fitur webnya pun sedikit xixixi

  13. Gak niat jualan kalee, ya !!?

  14. Salam kenal masbro.
    Memang miris ngeliat fitur webnya suzuki. Saya sendiri agak kuwalahan mencari informasi disana, scopenya terlalu global. Klo yang paling atraktif sih menurut saya Honda. Kelihatan sekali awarenessnya akan teknologi di dunia marketing sangat tinggi. Klo Yamaha agak nanggung, bagus diluarnya aja, kadang tampilan dalamnya kurang diperhatikan.

  15. [...] membaca artikelnya bro Saranto tentang perbandingan website-nya Honda, Yamaha & Suzuki (baca disini) secara gak sengaja saya menemukan penampakan ajaib, coba lihat gambar di bawah [...]

  16. ahm jd ngluarin tiger 250 g?

  17. tiger 250 w tgu infox

  18. Klo ane lebih suka tampilan web AHM punya…ramah di mata…rapi terstruktur komunikatif…punya Yamaha keramean…malah jadi pusing dan capek lihatnya…yang Suzuki too plain…kurang menarik jadinya

  19. sebenernya web AHM lumayan komunikatif, informatif dan membumi lho…liat aja tampilan halaman depannya…ada motornya yang nempel di rerumputan / alam … identik dengan GO GREEN yang sekarang lagi gencar-gencarnya digalakkan oleh seluruh dunia…bukan yang mengawang – ngawang gitu lho ( masa motor terbang diatas kota ???…)…
    Itu juga menggambarkan secara jelas bahwa AHM mengajak para bikersya untuk mulai go green…hal itu juga terlihat dari produk – produk nya AHM yang ramah lingkungan ( kebanyakan motor Honda kan sekarang dah pake SASS kan…yang membuat sisa pembakaran yang dikeluarkan oleh motor honda jadi ramah lingk )….bener gak bro / sis

  20. Salut untuk Web AHM dan YMKI yang komunikatif, gak perlu kita saling menjelekan. untuk web AHM bagus, simpel dan mengusung tema yang solid Go GREEN, Yamaha lebih interaktif dan banyak fitur-fitur yang ditampilkan. era web 2.0 memang terintegrasi di 2 website ini, salut…

  21. Wah, AHM perlu improve web nya nii. Ayoo, harus lebih excellent dari yamahmud ^^ Hari gini smua serba digital, sudah selayaknya website menjadi perhatian utama. Saya sendiri saat mencari informasi mengenai motor, akses n googling lewat internet.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 238 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: