Oleh: arantan | Mei 26, 2010

Honda PCX motor untuk dunia

Melihat cover Bikeing sebuah majalah lifestyle motor yang memasang Honda PCX dengan wanita cantik sebagai covernya, saya jadi sadar kalau Honda PCX adalah motor internasional. Penyebarannya bukan cuman di Asia Tenggara lagi. Beberapa motor yang model begini, di buat di satu tempat (saja) kemudian di sebar ke berbagai penjuru dunia. Sama seperti Kawasaki Ninja 250R, satu pabrik untuk seluruh dunia, baik motor yang ada di US, Brazil, Eropa, Indonesia, semua berasal dari satu pabrik.

Ini juga terlihat dari situs TPT online, Honda bakal impor 2.000 unit PCX, coba mampir ke situsnya dan Bro Taufik Ninja 250 R di sini juga. 2.000 unit (doang???) Ninja 250R aja bisa dijual hampir 1.000 per bulan lho, masih malu-malu nih AHM. Nggak takut kekurangan stock?

 

Begitulah juga yang kemungkinan akan terjadi pada Honda PCX, apa yang terjadi pada Ninja 250R bakal terjadi juga pada Honda PCX….

Barang impor mahal? udah pasti sih, ada bea masuk, impornya, tapi untuk suatu barang untuk market terbatas seperti PCX lebih masuk akal bagi AHM untuk import saja daripada khusus buat pabrik di sini. Kemungkinan juga policy dari Honda internasional untuk satu pabrik bagi dunia.

Kualitas Barang pasti OK
Logikanya kualitas barang untuk pasaran internasional (harusnya-biasanya-umumnya) lebih bagusan untuk barang lokal. Melihat dari Honda CBR 150R, kualitasnya bagus banget kok! Si motor di siksa kayak gimana pun masih nurut. Bukan berarti kualitas kalau kualitasnya AHM kurang lho. Cuman secara psikologis ini akan membantu jualan… sama dengan Piaggio motor gw juga sama dengan motor di US lho?!

Parts modifikasi mendunia
Banyak negara bikin parts modif plug and play! Kebetulan motornya konon motor terlakuknya Kawasaki, jadi banyak bener yang bikin parts modifnya. Yoshimura ada dari US, Jepang, modelnya lain, masuk ke sini harga full set sekitar 7-8 jt, sampai lokal kw nya pun juga banyak bener. Model bisa sama, tinggal stempelin aja brand mau apah? :)

Sebetulnya ini adalah kesempatan bagi supplier parts lokal untuk paling tidak export ke luar Indonesia. berikutnya? ya mungkin ngapalin lewat eceran satu dua ngambil dari toko, lama-lama ngambil dari supplier-distributor, lama-lama langsung ke pabrik, lama-lama buka cabang kecil di luar kan?

Teman juga (walau sedikit) mendunia
Teman di forum ninja250r-community juga banyak yang berasal dari Malaysia. Motor sama, walaupun nggak mungkin nongkrong bareng paling tidak pernah ada rencana untuk touring kesana.

What is next?
What’s next?
Balapan? nggak mungkin kalau lihat scooternya sih…

Cuman kalau langkah ini ternyata oke, dalam arti duit banyak masuk, image makin ok. Complain pelanggan, service, customer experience bisa dijaga…. mungkin-mungkin aja AHM akan begini untuk produk-produk lainnya.

About these ads

Responses

  1. gw pernah liat motor ini di kalimantan, sempat heran juga kenapa bisa ada dikalimantan. mungkin lewat IU

  2. Mirip ama Yamaha Majesty, motor mendunia jg.

  3. harganya yg gak kuat…gan

  4. jadi kepikiran jual vario tekno ane trus tuker tambah sama pcx, cuman kudu siap2 sering ngantri kalo macet, nggak bisa selap-selip :D

  5. cuman bisa ngiler doang.
    apalah daya kantong tak sampai…….

    • ummmm, yah kan, harga pun belum keluarrrrrrr???? :)
      Ya nggak tahu bro, antara 20 – 30?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 223 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: